Hangat Sedap Sop Buntut Bikinan Ibu Henny

- detikFood
Selasa, 02 Apr 2013 16:27 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Seporsi sop buntut yang hangat mengepul bisa jadi santap malam yang mantap. Potongan buntut sapi yang besar-besar berdesakan dengan potongan wortel dan kentang. Kuah kaldu yang sedikit kerih menebar aroma daging yang harum. Wah, sedapnya!

Untuk Anda penggemar sop buntut tentunya pernah mampir kesini. Racikan sopnya yang gurih, sedap dan segar pastilah membuat rindu. Belum lagi potongan buntut sapi yang besar-besar terlihat sesak memenuhi mangkuk. Tekstur buntut sapi lokal yang empuk beradu dengan kenyalnya otot sapi.

Pemilik rumah makan 'Sop Buntut Ibu Henny' ini adalah Enni Atmaja. Wanita yang berniat menolong kondisi keluarganya ini kini berhasil mengembangkan usahanya. Terbukti, telah memiliki banyak cabang di Jakarta termasuk Kelapa Gading dan Serpong.

Terbayang kelezatan sup buntut,yang terkenal di daerah Sunter ini kami menyambangi sop buntut Bu Henny di sekitaran Ruko Sutra Niaga 1 Alam Sutera. Rumah makan yang tampil sederhana di bangunan ruko ini memang berniat menjual menu andalannya yang sedap.

Sop buntut kuah (Rp. 50.000) juga sup buntut bakar (Rp. 50.000) langsung jadi pilihan untuk mengisi perut. Sup buntut kuah ini benar-benar disajikan masih mengepul. Kuahnya agak keruh dengan tiga potong buntut sapi. Sekali terhirup kepulan kaldunya dengan gurih bawang putih yang kuat. Potongan buntut sapinya lumayan besar dan tidak dibalut lemak. Agaknya jenis sapi lokal yang dipakai.

Dagingnya yang berwarna kecokelatan begitu empuk, lembut dan gurih. Kuahnya yang putih keruh juga tidak berjejak minyak. Ternyata isian lainnya juga diberikan begitu royal, ada irisan wortel, kentang, daun bawang dan daun seledri. Taburan bawang goreng yang wangi melengkapi sup ini. Tanpa ditambah sambal dan air jeruk nipis, sup ini sudah gurih mantap.

Sup buntut bakar tampilannya sangat menggoda. Warnanya merah kecokelatan dengan aroma cabai yang sedikit menyengat. Tiga potong buntut bakar dibalut dengan bumbu pedas yang merah dan medok. Kuahnya disajikan terpisah.

Wah, buntut goreng ini terasa pedas menyengat. Agaknya buntut sapi ini diungkep dulu dengan bumbu cabai rawit merah halus dan ditambahkan sedikit kecap. Ada sedikit semburat manis yang enak. Sesekali buntut bakar yang basah inipun tersuap dengan iringan kuah kaldu yang gurih hangat.

Tak terasa dua porsi sop buntut inipun tandas seketika. Es teh manispun membilas habis jejak sedap dan pedas dil idah. Rasanya tak rugi bertandang ke rumah makan Sop Buntut Ibu Henny, hanya untuk menyantap semnagkuk sup buntut hangat. Nah untuk Anda yang berdomisili di Tangerang, rumah makan ini juga melayani pesan antar dengan minimum pembelian di atas Rp. 50.000.

Sop Buntut Ibu Henny
Sutra Niaga I No. 27
Alam Sutera, Serpong
Tangerang
Telp. 021-53122036

(dyh/odi)