Sambal Gobal-Gabul Bikin Melek!

- detikFood Senin, 12 Jul 2010 13:54 WIB
Jakarta - Buat yang suka dengan citarasa pedas, rumah makan ini wajib untuk disinggahi! Lebih dari 20 jenis sambal bisa dicicipi. Seperti sambal gobal gabel yang bikin bingung karena lima jenis sambal dijadikan satu, bikin rasanya pedas menggigit! Dijamin bikin mata melek siang ini!

Rumah makan sederhana berlantai dua ini sudah hadir sejak hampir tiga tahun terakhir. Lokasinya yang dekat dengan kampus menjadikan Warung Spesial Sambal sebagai incaran para mahasiswa sekitar kawasan Depok. Tak heran karena soal rasa warung ini cukup 'megang', dan soal harga pastinya cukup 'aman' untuk ukuran anak kosan.

Sewaktu di Jogja, saya pernah menemukan warung serupa tapi tak sempat untuk singgah di sana. Warung SS-singakatan dari Spesial Sambal- ini menyajikan beragam menu sambal. Lebih dari 20 jenis sambal bisa di pilih sebagai teman makan. Lauk pauk maupun sayuran yang dijual tidak terlalu istimewa, karena memang mereka ingin menonjolkan keunikan sambal mereka.

Saya memesan ikan nila goreng, jamur balut tepung, dan juga cumi. Sedangkan sambalnya saya memilih sambal 'horor',  sambal'bingung', sambal mangga muda. Sayangnya sambal 'smack down' sedang habis. Jadi cukuplah ketiga sabal tadi menemani saya. Nama-nama sambal ini bukan lah nama sesungguhnya, ini cuma sekedar nama 'usil' warung SS sepertiyang tertera di daftar menu.

Sambal 'horor' tak lain tak bukan adalah sambal terasi rawit ijo. Sambal 'bingung' atau sambal gobal gabel ini adalah gabungan lima jenis sambal yang dijadikan satu. Gak heran dinamakan sambal 'bingung' karena mungkin rasanya juga tidak memiliki pendirian alias bingung.

Ikan nila goreng yang saya pesan berukuran mini, cukup untuk porsi sekali makan. Semua sambal di taruh dalam piring tanah liat berukuran kecil. Ikannya gurih garing, kriuk renyah enak disantap dengan nasi putih. Sambal horor pertama yang saya cicipi, dan wow! Saya seperti tersengat! Rasa pedasnya langsung menjalar ke seluruh mulut, bikin bibir ini terasa panas juga. Tapi herannya gak bikin saya kapok!

Berbeda dengan sambal 'horor', sambal mangga lebih dominan rasa asam dan pedasnya. Sedangkan sambal bingung alias sambal gobal gabul ini gabungan dari sambal ati, sambal teri, sambal bajak, sambal terasi segar, dan sambal goreng. Tak ketinggalan diberikan sambal urap di atasnya. Wah..wah.. kebayangkan gimana pedasnya!

Meskipun rasa pedasnya menggigit, sambal gobal gabul ini masih menyisakan tone rasa manis. Rasa gurih yang berasal dari bumbu urap ini bikin rasnay makin enak. Semua jenis sambal ini enak disantap dengan bermacam-macam lauk. Jamur tiram dan juga cumi goreng tepung ini pun enak disantap dengan ketiga jenis sambal.

Harga seporsi sambal ini cukup beragam, Rp 5.000,00 untuk sambal gobal gabul, Rp 3.000,00 untuk sambal mangga dan Rp 1.500,00 untuk sambal terasi lombok ijonya. Sedangkan ikan nila goreng dibandrol dengan harga Rp Rp 7.500,00 dan Rp Rp 6.000,00 untuk jamur gorengnya. Cukup murah bukan? Nah, kalau Anda mengaku penggila makanan pedas Anda wajib mencicipi sambal di warung ini!

Waroeng Spesial Sambal 'SS'
Jl. Margonda Raya (sebelum tugu selamat datang kota Depok)
Delivery order: 021-7871603




(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com