Terjerat Kelembutan Bakmi Boy

- detikFood Senin, 12 Jan 2009 16:08 WIB
Jakarta - Udara dingin seperti siang ini memang paling asik jika dilewati sambil menyantap semangkuk bakmi ayam yang hangat kemepul. Lembutnya mi yang kenyal disiram oleh kuah kaldu yang gurih-gurih hangat, apalagi setelah ditambah bakso bulat yang mentul-mentul nikmat. Hmm.. pasti bikin tubuh yang menggigil kembali hangat!

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak pagi telah membuat badan saya ini jadi tak enak. Dingin tiba-tiba dan perut lapar ingin yang hangat-hangat. Kebetulan sekali saat ini saya sedang berada di kawasan kebayoran, tepatnya di Jl. Cikajang. Bersama dengan teman saya, kami agaknya kebingungan ingin makan apa siang ini.

Untunglah hujan agak sedikit mereda, hanya tinggal rintik-rintik saja. Tiba-tiba, teman saya mengusulkan makan bakmi. Hmm..agak bingung dengan ajakan teman saya itu. Pasalnya saya tidak melihat plang, ataupun banner bakmi di tempat kami berdiri saat itu.

Walah, ternyata warungnya tertutup oleh deretan mobil yang tertata rapi didepannya. Bakmi Boy, warung mi yang kami tuju. Bayangan akan hangatnya kuah bakmi sudah terlintas di benak saya dan hampir saja liur ini menetes sluuurrrp!!

Dengan segera kami memasuki warung yang berada 'nyempil' di sebelah Warung Ayam Bakar Gantari itu. Wah..wah, ternyata warungnya sedang ramai sekali. Mungkin karena memang sedang jam makan siang. Untung saja kami masih kebagian tempat duduk, meskipun agak sedikit 'mojok'.

Segera saja, sang pelayan menghampiri kami untuk memberikan daftar menunya. Menu makanan yang ditawarkan disini memang didominasi oleh mi. Mulai dari Mi Ayam Original, sampai dengan Mi Yamin Komplet Isi. Ada juga nasi tim. Minumannya pun beraneka ragam, aneka jus buah bisa dipilih. Atau mau yang sedikit unik bisa pilih lidah buaya , rumput laut, kelapa jeruk, ataupun green tea atau teh hijau.

Setelah sibuk memilih-milih, akhirnya pilihan kami jatuh pada Mi Ayam Jamur Pangsit Goreng dan juga Yamin Ayam Bakso Pangsit rebus. Untuk minumnya kami berdua lebih memilih teh manis hangat untuk menghangatkan badan. Menurut teman saya, bakmi boy ini sudah ada sejak jaman dulu. Dan lokasinya juga tidak berpindah-pindah, di Jl. Cikajang ini dan satu lagi di daerah Mayestik. "Menu disini juga tidak banyak berubah," ujar teman saya menjelaskan.

Tak lama kemudian mi pesanan kami hadir dengan menebarkan aroma kaldu yang harum. Bikin perut ini semakin kerucukan lapar! Mi Ayam Jamur Pangsit Goreng disajikan dalam sebuah mangkuk putih polos, dan tak lupa kuah kaldu di mangkuk terpisah dengan ukuran yang lebih kecil. Dua buah pangsit goreng menjadi pelengkapnya. Sedangkan mi yaminnya hanya berbeda isi pada kuah kaldunya saja. Mangkuk kecil berisi kuah kaldu mi yamin juga berisi tiga buah bakso sapi dan tiga buah pangsit rebus.

Mi yang digunakan, adalah mi putih lentur yang pipih. Untuk mi yamin, minya sudah diaduk dengan bumbu terlebih dahulu sehingga warna minya menjadi sedikit kecoklatan. Taburan ayam dan juga sawi hijau pun cukup royal. Saat dicoba, hmm.. tekstur mi yamin nya sangat lembut dan juga lentur dengan semburat rasa manis diakhirnya. Rasa kuah kaldunya juga pas dilidah, gurih-gurih hangat. Apalagi setelah dicampur dengan saus sambal, huah..huah.. peluhpun tak lagi malu menampakkan diri.

Sedangkan mi ayamnya, kuah kaldunya agak terlalu gurih. Tapi setelah dicampur dengan mi dan saus sambalnya rasanya jadi pas! Bakso sapinya juga tak kalah enaknya, lembut kenyal dan juga gurih enak dengan rasa daging sapi yang kuat. Tiga buah pangsit rebus pun menjadi sasaran berikutnya. Kulit pangsit yang lembut dengan isian cincangan daging ayamnya jadi teman mi yang pas!

Tak berapa lama, Mi Ayam dan Mi Yamin kami pun telah licin tandas tak bersisa. Sampai kuah kaldunya pun tak terelakkan lagi. Segelas teh hangat akhirnya mampu meredam rasa pedas kami. Seporsi Mi Ayam Jamur Pangsit dihargai RP 17.500,00 sedangkan Mi Yamin Komplit (Ayam, Bakso, Pangsit) dibandrol sebesar Rp 21.500,00. Meskipun hujan kembali mengguyur, tapi tubuh kami sudah kembali hangat dan siap untuk beraktivitas.

Mie Boy Santa
Jl. Cikajang 16
Jakarta Selatan

(eka/Odi)