ADVERTISEMENT

8 Tempat Kulineran Halal Bikin Liburan di Singapura Makin Berkesan

Jihaan Khoirunnissa - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 13:53 WIB
Singapore Tourism Board
Foto: Singapore Tourism Board
Jakarta -

Singapura terkenal sebagai negara 'melting pot', dengan berbagai latar belakang budaya yang beragam dan menarik bagi wisatawan. Namun tahukah kamu, Singapura menjadi negara non- Organisation of Islamic Cooperation (OIC) yang ramah muslim, lho.

Meski bukan negara dengan mayoritas muslim, namun kamu tetap bisa menemukan tempat kuliner halal di sana dengan mudah.

Jadi para wisatawan muslim tak perlu pusing lagi mencari tempat makan yang menyajikan makanan halal. Apalagi makanan halal di Singapura juga terjamin. Nah sebagai referensi, berikut beberapa restoran halal yang layak untuk dicoba saat pelesiran ke Singapura. Apa saja ya?

1. The Halia at Singapore Botanic Gardens

Berkunjung ke Singapore Botanic Garden tak perlu takut sulit mencari tempat makan halal. Di sini ada The Halia yang menawarkan aneka hidangan lezat, dan pastinya sudah bersertifikat halal. Nama 'Halia' sendiri yang berarti 'jahe' dalam bahasa Melayu. Sehingga tak heran bila kebanyakan menunya berbahan dasar jahe, mulai dari Lemongrass & Ginger Prawn Salad, Smoked Salmon yang dimasak dengan saus jahe mayo, dan masih banyak lagi.

Tapi, jangan khawatir, Halia juga memiliki menu dengan bahan rempah lainnya seperti kopi dengan kapulaga maupun kayu manis. Lokasi restoran ini berada tepat di tengah Taman Jahe Singapura Botanic Gardens. Dengan jendela kaca yang mengelilingi restoran, kamu dapat menikmati pemkamungan asri dari hamparan tumbuhan jahe yang ditanam di luar. Bagi yang ingin mencicipi lezatnya hidangan The Halia, kamu bisa datang setiap hari. Untuk weekday, restoran ini buka mulai pukul 12.00 sampai 20.30 waktu setempat, sedangkan di akhir pekan The Halia buka mulai pukul 17.00-20.30.

Alamat: 1 Cluny Rd, Ginger Garden Singapore Botanic Gardens, Singapore 259569

2. Konditori

KonditoriFoto: Konditori

Belakangan, kue dan roti bergaya artisan banyak digemari karena rasanya yang lebih lezat. Sebab roti artisan dibuat dengan tangan sang pembuat roti, tanpa menggunakan mesin sama sekali. Jika mencari kedai yang menjual aneka kue dan roti artisan, kamu bisa mampir ke Konditori by Fika Swedish Café and Bistro.

Menu best seller di sini yang wajib dicoba yaitu Strawberry Cream Cheese Danish. Danish pastry diberi topping keju yang creamy serta potongan buah stroberi dan blueberi segar. Tidak ketinggalan taburan kacang pistachio yang dicincang kecil.

Konditori Artisan Bake buka setiap hari mulai dari pukul 10 pagi, hingga 19.30 waktu setempat. Kamu bisa langsung datang ke tokonya yang terletak di 33 Bussorah Street, Singapura 199451

3. Elfuego by COLLIN's at Jewel Changi Airport

Elfuego by COLLIN'SFoto: Elfuego by COLLIN'S

Kamu harus tahu di Jewel Changi Airport terdapat 22 pilihan outlet halal untuk bersantap. Salah satu yang menarik untuk dicoba, yaitu Elfuego. Restoran dining halal di bawah naungan COLLIN'S ini berlokasi di lantai 2 Jewel Changi Airport, Singapura.

Di Elfuego, kamu bisa menikmati berbagai menu lezat ala Eropa kontemporer yang halal. Dijamin memanjakan lidah! Ada Charcoal Grilled Argentine Angus Beef Short Ribs yang lezat karena dagingnya dimasak selama 24 jam. Selain itu juga ada berbagai macam dessert yang lembut dan manis, seperti Basque Cheese Cake, Pkamun Tart, dan Tiramisu.

4. Puncak Best Noodle

Puncak adalah kedai makan Halal yang memiliki spesialisasi masakan China. Menu yang tak boleh kamu lewatkan yaitu adalah mi ayam dan pangsit goreng dengan cita rasa rumahan. Adapun yang terkenal dan banyak dipesan termasuk Mi Ayam Honeydew, Mi Wanton dan Nasi Claypot.

Selain rasanya yang enak, porsi makanan di restoran ini pas, sehingga tidak membuat kamu terlalu kekenyangan. Traveler muslim bisa menikmati kuliner dengan tenang karena Puncak Best Noodle telah mengantongi sertifikat halal dari otoritas setempat.

Restoran yang terletak di Orchard ini buka pada hari Senin, Rabu hingga Jumat, Sabtu dan hari Minggu. Waktu bukanya mulai dari 11.30 - 21.00, namun khusus pada hari Sabtu, kamu bisa datang mulai pukul 11.30 - 21.30.

Alamat: Far East Plaza, 14 Scotts Road #05-94, S228213

5. Bismillah Biryani

Ingin menyantap nasi biryani yang gurih dan kaya rempah? Mampir saja ke restoran Bismillah Biryani yang berlokasi di Dunlop Street. Ada aneka nasi biryani yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari Chicken Dum Biryani, Lamb Shank Biryani, sampai Young Mutton Biryani.

Nasi dan dagingnya dimasak bersama dalam sebuah pot besar menggunakan arang yang diletakkan di atas dan di bawah pot. Kebayang kan betapa lezatnya? Oh ya, Bismillah Biryani ini menjadi satu-satunya restoran briyani di dunia yang berhasil menyambung penghargaan Michelin Bib Gourmand, lho. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 11.30, dan tutup pada pukul 21.00 waktu setempat.

6. Roost

Saat berkunjung ke Singapura, tentu kamu harus mencoba Hainan Chicken Rice. Sajian nasi ayam ini sangat populer, dan mudah ditemui di berbagai tempat di Singapura, seperti di Roost. Nasi hainan bahkan menjadi menu kamulan di restoran ini, lho.

Namun selain itu terdapat aneka hidangan lain yang tidak kalah enak. Sebut saja Nyonya Laksa atau Tom Yum Fried Rice. Bagi yang ingin mencoba kelezatan Hainanese Rice ala Roost, kamu bisa datang pada pukul 11.30 hingga 22.00 waktu setempat. Namun, restoran ini tutup setiap hari Selasa.

Alamat:

The Forum, #B1-221 at Resorts World Sentosa, 26 Sentosa Gateway, S098138

7. Fika Swedish Cafe and Bistro

Seperti namanya, kedai makanan ini menyediakan hidangan tradisional khas Swedia. Meski memiliki cita rasa Eropa, tapi semua makanan yang ada di sini halal. Dalam bahasa Swedia, nama 'Fika' adalah kata yang mengungkapkan kebiasaan masyarakat setempat. Artinya minum kopi bersama orang terdekat atau waktunya istirahat.

Di restoran ini, kamu bisa bersantai sambil menikmati segelas kopi dan camila manis ala Swedia. Di antaranya Swedish Pancake, Kladdkaka (kue cokelat), dan Apple Crumble Pie. Untuk datang ke Fika Swedish Cafe and Bistro, kamu bisa menuju persimpangan antara Beach Road dan Arab Street. Tepatnya di 257 Beach Road, Singapore 199539. Kafe ini buka setiap hari, yakni pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat pada Minggu sampai dengan Kamis. Sementara untuk Jumat dan Sabtu, Fika Swedish Cafe and Bistro buka mulai dari pukul 11.00-23.00.

8. The Dim Sum Place

Liburan ke Singapura, belum afdol kalau tidak mencicipi makanan khas Tionghoa. kamu bisa berkunjung ke The Dim Sum Place, restoran chinese food ala Kanton Halal. Di sini menyajikan lebih dari 100 jenis masakan khas Kanton dengan cita rasa setempat, yang pastinya halal. Adapun menu spesialisasinya yaitu spesialisasi dim sum, lengkap dengan mie, seafood, daging panggang dan makanan penutup.

Sebut saja Beef Short Rib with Black Pepper (iga sapi lada hitam), dan Braised Duck Chashu Bun (bebek kecap). Sebagai hidangan penutup, kamu bisa cicipi Molten Salted Egg Custard Bun atau pao dengan isian telur asin yang menetes saat digigit. Yummy!

The Dim Sum Place buka setiap hari, yaitu mulai dari pukul 11.00 hingga 23.00 waktu setempat. Buat yang ingin ke sana, bisa langsung kunjungi tempatnya yang berlokasi di 791 North Bridge Road, Singapore 198759.

Itulah tadi aneka restoran halal yang bisa menjadi rekomendasi selama berlibur. Mudah dan efisien bukan mencari makanan halal di Singapura? Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan momen liburan seru bersama keluarga.

Singapore Tourism BoardFoto: dok. Singapore Tourism Board

Kamu bisa datang ke Singapura menikmati berbagai penawaran spesial dari agen travel pilihan kamu. Cek juga paket menarik kolaborasi Travel Partner Antavaya dengan Singapore Tourism Board. #VisitSingapore.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT