Pendopo Ciherang: Resto Viral di Sentul dengan Panorama Sungai yang Adem

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 16 Okt 2021 13:07 WIB
Pendopo Ciherang, restoran viral di Sentul, Bogor, Jawa Barat yang tawarkan panorama sungai sejuk dan indah. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Ada satu restoran di Sentul viral karena menawarkan panorama sungai yang sejuk. Adalah Pendopo Ciherang, restoran yang juga menawarkan wisata alam.

Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, kini menjadi tempat favorit orang Jakarta dan sekitarnya untuk melepas penat di akhir pekan. Tak heran kalau di Sentul sekarang memiliki banyak tempat makan dan kafe yang enak buat nongkrong.

Pendopo Ciherang, restoran viral di Sentul, Bogor, Jawa Barat yang tawarkan panorama sungai sejuk dan indah.Pendopo Ciherang, restoran viral di Sentul, Bogor, Jawa Barat yang tawarkan panorama sungai sejuk dan indah. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Beberapa kafe dan restoran yang ada di Sentul ini viral karena menawarkan sensasi makan sambil menikmati pemandangan indah berupa gunung dan sungai yang sejuk. Pemandangan indah inilah yang menarik perhatian karena bisa menenangkan pikiran.

Salah satu restoran di Sentul yang banyak mencuri perhatian adalah Pendopo Ciherang. Penasaran dengan Pendopo Ciherang, detikFood mengunjungi restoran yang juga menawarkan penginapan dan wisata alam tersebut (2/10).

Akses Jalan Sempit dan Curam

Pendopo Ciherang, restoran viral di Sentul, Bogor, Jawa Barat yang tawarkan panorama sungai sejuk dan indah.Pendopo Ciherang, restoran viral di Sentul, Bogor, Jawa Barat yang tawarkan panorama sungai sejuk dan indah. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Lokasi Pendopo Ciherang bukanlah berada di kota Sentul, melainkan harus naik ke pegunungan yang akses jalannya sempit dan terjal. Kami hanya mengandalkan Google Maps dan petunjuk warga lokal untuk sampai ke Pendopo Ciherang.

Kalau mengikuti Google Maps, kami diarahkan menuju ke area wisata hutan pinus yang juga banyak digunakan untuk kemping. Saat sampai di depan area wisata hutan pinus tersebut, kami diminta biaya tiket masuk mobil sebesar Rp 30.000.

Awalnya kami pikir setelah membayar tiket masuk, lokasi Pendopo Ciherang sudah dekat. Namun, perkiraan kami salah. Lokasinya masih berada jauh di atas pegunungan. Semakin masuk ke dalam, jalanannya pun semakin sempit yang hanya dapat dilalui oleh satu kendaraan saja.

Perjalanan kami cukup menegangkan, karena kondisi jalanan yang tidak rata, sempit, curam, hingga kerap berpapasan dengan mobil atau kendaraan lain dari arah berlawanan. Untuk menuju ke lokasi Pendopo Ciherang juga banyak ditemui tukang parkir dadakan sebagai penunjuk arah atau yang kerap membantu saat berpapasan dengan mobil lain, sehingga kamu harus menyediakan uang ecehan yang lumayan banyak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com