Sensasi Rujak Brayan, Kuliner Segar nan Mantap Khas Kota Medan

Rujak Brayan - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 13:57 WIB
adv rujak Foto: Dok. Rujak Brayan
Jakarta -

Rujak Brayan, sajian ini memiliki keistimewaan yang terletak pada ide menyuguhkan rujak yang luar biasa. Selama ini yang disebut rujak selalu bersaus gula merah atau petis. Nah, Rujak Brayan memilih saus yang berbeda.

Saus untuk rujak ini dibuat dari jus buah yang antara lain dimasak bersama gula. Supaya segar rasanya, buah untuk saus dipilih yang asam manis menyegarkan. Ide ini menarik, bukan?

Hal lain menarik dari rujak ini adalah isinya bukan buah saja, tetapi ditambah kolang-kaling. Tambahan kolang-kaling ini juga tidak mengganggu bahan lain di dalam rujak yang terdiri dari mangga, kweni, mentimun, bengkoang, nanas, dan pepaya.

Semua buah-buahan segar tadi dipotong dalam bentuk dadu. Agar tekstur buahnya tidak mudah hancur ketika dipotong dadu, dipilihlah buah yang tidak terlalu matang. Tampaknya buah-buahan yang sudah dipotong dadu ini direndam dulu di air garam sehingga rasanya sedikit asin dan renyah.

Ketika hendak disajikan, potongan buah-buahan disiram terlebih dahulu dengan saus campuran buah mangga dan kweni yang sudah dimasak itu. Mangga yang digunakan harus lebih banyak dari kweninya.

"Perbandingan mangga dan kweni 8 berbanding 2. Itu baru enak. Untuk satu kilogram saus dibuat dari 8 buah mangga," jelas Pemilik Rujak Brayan, Merick dalam keterangan tertulis.

adv rujakFoto: Dok. Rujak Brayan

Sudah terbayang betapa harum dan segarnya aroma serta rasa Rujak Brayan ini? Kendati tampak sederhana dan biasa saja dalam pemilihan bahan serta proses pembuatannya, namun rasa Rujak Brayan ini luar biasa. Rasa segar dari potongan buah-buahannya yang disajikan dingin menimbulkan campuran rasa manis, asin, asam, sekaligus pedas yang fresh sesampainya di mulut.

Menjual rujak yang diberi saus mangga serta kweni tentu sangat berisiko karena mangga dan kweni tidak mudah didapat. Di awal membuka usaha, Merick berburu buah sendiri, saat ini ia sudah memiliki daun supplier.

"Setiap ada mangga dan kweni mereka membawanya kepada saya. Kadang 100 kilogram, kadang 200 kilogram," tambah Merick.

Untuk pemesanan Rujak Brayan dapat mengunjungi outlet Rujak Brayan di Jl. Serbaguna gang Hidayah No. 2 - Helvetia dan di Jl. Yos Sudarso No. 4 - Pulobrayan Kota Medan atau melalui pemesanan aplikasi online Gofood maupun Grabfood | Instagram @rujakbrayan.

Simak video 'Jeruk Medan Asli Berastagi Sumatera Utara':

[Gambas:Video 20detik]



(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com