Kyo Dimsum: Uniknya Dimsum a la Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta'

Riska Fitria - detikFood Senin, 01 Feb 2021 17:00 WIB
Kyo Dimsum: Uniknya Dimsum a la Sushi Milik Arya Saloka Ikatan Cinta Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Kalau bosan dengan dimsum yang itu-itu saja, kamu bisa coba ke Kyo Dimsum. Gerai milik aktor Arya Saloka ini menawarkan dimsum a la sushi pertama di Indonesia.

Dimsum merupakan makanan khas China yang sudah ada sejak dinasti Han (206SM - 220). Kata 'dimsum' berasal dari bahasa Kantonis yang artinya 'makanan kecil'. Itulah mengapa seporsi dimsum hanya berisi 3-4 buah saja.

Meski berasal dari China, tetapi dimsum sangat populer di Indonesia. Bahkan ada banyak gerai dimsum yang punya kreasi unik pada menunya. Seperti dimsum yang ada di gerai bernama Kyo Dimsum.

Kyo Dimsum sendiri berada di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Dikatakan unik karena Kyo Dimsum menawarkan dimsum ala sushi khas Jepang. Perpaduan China dan Jepang. Seperti apa ya rasanya?

1. Dimsum ala Sushi Pertama di Indonesia

Kyo Dimsum: Uniknya Dimsum a la Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta'Kyo Dimsum: Uniknya Dimsum a la Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta' Foto: detikcom/Riska Fitria

Dimsum dan sushi merupakan dua makanan yang berbeda. Dimsum berasal China berupa beragam makanan yang gurih dan manis rasanya. Sementara sushi adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi dengan topping dan isian seafood.

Lantas, bagaimana jika kedua makanan tersebut dipadukan? Hal tersebutlah yang ditawarkan oleh Kyo Dimsum. Dimsumnya terbuat dari daging ayam. Ada banyak varian dimsum di sini dengan kisaran harga mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 25.000.

Umumnya dimsum dimasak dengan cara dikukus atau digoreng. Namun berbeda dengan dimsum di gerai ini. Dimsumnya melewati tiga proses sekaligus yaitu, direbus, dikukus dan digoreng.

Paduan antara dimsum dan sushi tersebut dipresentasikan lewat rasa dan penampilannya. Ya, jika biasanya dimsum disantap dengan saus cabai, di ini dimsum disajikan dengan mayonnaise dan nori.

Bukan hanya itu, penampilan sushinya juga di-platting seperti sushi. Bukan menggunakan klakat bambu khas dimsum, melainkan menggunakan piring panjang seperti layaknya sushi.

Baca Juga : Fans Rela Makan Indomie demi Bisa Belikan Sepatu Arya Saloka 'Ikatan Cinta'

2. Milik Aktor Arya Saloka 'Ikatan Cinta'

Kyo Dimsum: Uniknya Dimsum a la Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta'Kyo Dimsum: Uniknya Dimsum a la Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta' Foto: detikcom/Riska Fitria

Gerai dimsum ini masih terbilang baru. Didirikan pada bulan September 2020 lalu oleh sepasang suami istri, Marsha Natika dan Yuda Fajrin. Kemudian mereka mengajak aktor Arya Saloka untuk bergabung ke bisnis kuliner tersebut.

Hal tersebut ditandai dengan unggahan Arya Saloka yang membagikan sebuah foto dirinya bersama dua rekannya. Dalam foto tersebut mereka berpose sambil memegang kaos hitam dengan bertuliskan 'Kyo Dimsum'.

Selain itu, dalam caption ia juga menuliskan, 'SAH @Kyodimsum'. Sontak gerai Kyo Dimsum semakin populer. Itu tak lepas juga dari keterlibatan Arya Saloka, aktor yang tengah naik daun berkat perannya di sinetron 'Ikatan Cinta'.

Itu terbukti saat detikcom menyambangi gerainya, beberapa meja telah direservasi oleh penggemar sinetron Ikatan Cinta. Di mejanya ada tulisan, "Reserved by Aladin" atau kepanjangan Aldebaran dan Andin.

Areanya menempati gerai Satay Kato milik YudaFajrin. Di bagian depannya terdapat gerai dimsum dengan desain seperti gerai-gerai street food ala Jepang. Area pengunjungnya juga tersedia di bagian depan dan di dalam gerai.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Dimsum ala Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta'"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com