Gaaram: Rice Bowl Ayam Goreng Batu Bara Sabetan Anak Presiden

Riska Fitria - detikFood Senin, 09 Mar 2020 17:34 WIB
gaaram Ayam goreng batu bara bisnis kuliner milik Gibran, Kaesang dan Chef Arnold Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Pencinta ayam goreng dan rice bowl bisa mencicipi olahan nasi plus ayam di sini. Paduan nasi jeruk plus ayam goreng batu baranya wajib dicicipi!

Melalui Gaaram, Chef Arnold Poernomo bersama dengan kedua anak Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep kembali memperkenalkan bisnis kuliner rice bowl. Kali ini mereka bertiga menggandeng ABL Group untuk berkolaborasi.

Gaaram merupakan inovasi ayam goreng berbumbu unik yang disantap sebagai camilan atau bisa juga bersama dengan nasi hangat. Berlokasi di Sumarecon Mall Serpong (SMS), restoran cabang ke-3 nya ini mulai dibuka pada Rabu lalu (26/02).

Gaaram: Rice Bowl Ayam Goreng Batu Bara Sabetan Anak PresidenSuasana Gaaram Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Berbeda dengan bisnis kuliner rice bowl sebelumnya, Gaaram mengandalkan varian ayam goreng dengan berbagai bumbu yang dijadikan topping rice bowl. Kali ini ayam goreng diolah dengan bumbu yang unik.

Menu yang tersedia Ayam Batu Bara, Ayam Goreng Crispy, Kulit Ayam Crispy dan Otak-otak Goreng. Menu tersebut dapat disantap dengan nasi jeruk dengan tambahan bumbu yang bisa dipilih seperti, bumbu Ayam Bawang, Asam Pedas, Homemade Berbeque dan Sambal Terasi.

"Dari presentasinya aja udah beda ya. Ayam gorengnya berwarna hitam karena pakai charcoal. Hanya hanya unik aja, penggunaan charcoal juga berguna untuk kesehatan tubuh," ujar Chef Arnold Poernomo saat pembukaan gerai Gaaram di Summarecon Mal Serpong.

Gaaram: Rice Bowl Ayam Goreng Batu Bara Sabetan Anak PresidenPara pendiri bisnis kuliner Gaaram, termasuk Gibran, Kaesan, Chef Arnold dan ABL Group Foto: dok. detikFood / Riska Fitria

Gerai Gaaram berkolaborasi dengan bisnis kuliner milik Gibran lainnya yang bernama Goola. Goola menyajikan beragam racikan menu minuman tradisional populer dengan cara menarik. Keduanya sama-sama mengusung produk dan citarasa lokal.

Baca Juga : Mangkok Ku: Mencicip Rice Bowl di Resto Chef Arnold-Kaesang-Gibran yang Hits

Gerai Gaaram yang berada di SMS ini terbilang mungil, tidak ada tempat untuk pengunjung di sana karena memang dipesan untuk di-take away. Dari sekian menu yang ada, pilihan kami jatuh pada Nasi Jeruk Ayam Batu Bara (Rp. 31.000). Namun, saat itu kami memesan dengan tambahan kulit ayam.

Rice bowl disajikan dalam mangkuk kertas berwarna oranye, cukup menarik sekaligus terkesan kekinian. Nasi jeruk diberi topping lauk berupa kulit ayam crispy, daging ayam goreng berbumbu charcoal, irisan mentimun, sambal asam pedas dan taburan daun bawang. Daging ayam berbumbu charcoal tersebut dimasak dengan cara khusus menggunakan kertas alumunium foil, hingga membuat charcoalnya lengket pada daging ayamnya.

Gaaram: Rice Bowl Ayam Goreng Batu Bara Sabetan Anak PresidenMenu nasi jeruk ayam goreng batu bara Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Nasi jeruknya berwarna sedikit kehijauan dengan aroma segar daun jeruk. Nasinya sangat pulen aroma daun jeruk yang cukup tajam segarnya. Sementara kulit ayamnya krenyes renyah dengan rasa gurih enak. Pas disuap dengan nasi jeruk.

Potongan daging ayamnya seukuran kaarage, berwarna hitam pekat tertutup dengan bubuk charcoal. Namun, saat dipotong terlihat daging ayamnya yang berwarna putih. Dagingnya juicy gurih. Teksturnya empuk berpadu dengan renyahnya lapisan charcoal.

Gigitan pertama langsung dibuat ketagihan. Apalagi ditambah dengan sensasi asam pedas dari sambal merahnya. Menurut kami, menu yang satu ini sangat layak untuk dicicip saat berkunjung ke Gaaram. Pantas jadi andalan karena rasanya enak.

Gaaram: Rice Bowl Ayam Goreng Batu Bara Sabetan Anak PresidenMenu minuman keluaran Gaaram Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Kamipun membilas mulut dengan minuman hasil kolaborasi dengan Goola. Kami memilih yang unik, Charcoal Frootea (Rp. 20.000). Dibuat dari racikan air teh lemon, bubuk charcoal dan aloe vera atau lidah buaya. Rasanya yang segar dengan sensasi kecut yang kuat.

Berbeda dengan Kopi Charcoal (Rp. 30.000) yang jadi menu andalan di Gaaram. Kopi Charcoal dibuat dengan campuran espresso, bubuk charcoal, susu, coconut foam.
Rasa kopinya cenderung manis dengan teksturnya yang creamy. Mirip kopi susu umumnya.

Yang menarik, diberi topping berupa hot sugar yang dibakar. Ada sensasi kriuk gula karamel yang renyah legit. Apalagi ditambah coconut foam yang creamy gurih. Lebih pas buat lidah orang Indonesia dibandingkan dengan milk foam, cheese foam atau cream cheese yang banyak dipakai untuk minuman kekinian. Buat pencinta ayam goreng wajib nyicip ayam batubara di sini.

Gaaram x Goola
Summarecon Mall Serpong
Jl. Boulevard Gading Serpong
Serpong Utara, Tangerang
Telepon: 0811 97700080
Jam Buka: 10.00 - 22.00

Baca Juga : Ayam Batubara, Besutan Baru Gibran dan Kaesang



Simak Video "Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)