Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi Persik

Devi Setya - detikFood Selasa, 18 Feb 2020 12:00 WIB
basecamp military lifestyle Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Di kawasan Puncak, Bogor ada restoran yang menawarkan sensasi makan dengan suasana ala kamp militer. Konsep serba loreng ini dihadirkan untuk memanjakan foodies yang gemar mencari spot instagramable.

Basecamp Resto berada satu kawasan dengan Basecamp Military Lifestyle. Dari pinggir jalan terlihat pemandangan mencolok sebuah kapal selam raksasa yang berdiri kokoh. Uniknya kapal selam ini bukan berada di pelabuhan atau dekat laut melainkan di kaki gunung.

Jika Anda melintas dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor maka lokasi Basecamp ini persis ada di pinggir jalan Raya Puncak, Megamendung. Kami pun tergoda untuk merasakan sensasi petualangan kuliner di tengah camp militer. Eits, meskipun di tengah camp militer tapi tetap bisa makan santai lho.

Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi PersikArea indoor lantai 2 Basecamp Resto. Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Suasana militer sangat kental di sini, dari pintu masuk saja kami sudah disambut petugas yang mengenakan seragam loreng mirip yang biasa dikenakan TNI. Semakin ke area dalam, semakin banyak pegawai Basecamp yang mengenakan seragam serupa.

Tampaknya semua pegawai di sini memang mengenakan seragam yang sama, tanpa membedakan jabatan. Kami sempat mengintip area kitchen yang sengaja dibuat berkonsep terbuka, semua juru masak pun mengenakan seragam loreng.

Kami lantas masuk ke area restoran dua lantai yang terbilang luas ini. Ada area indoor dan outdoor yang semua bagiannya dipenuhi aksesoris militer. Replika pesawat terbang, aneka senjata hingga motor militer terlihat menghiasi area dalam restoran.

Di bagian luar juga tak kalah menarik, kami disuguhi pemandangan camp militer yang menarik. Ada tenda militer, arena bermain anak-anak yang didesain seperti area latihan tentara, ada replika helikopter tempur Chinook, area paint ball hingga tenda militer yang digunakan sebagai penginapan.

Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi PersikHelikopter Chinook yang bisa jadi area berfoto. Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Karena berada di kawasan Puncak, pemandangan gunung pun jadi salah satu bagian yang memanjakan mata. Semakin lengkap lagi ditemani semilir angin sejuk yang bikin mata jadi kantuk.

Ah sebelum mulai mengantuk, kami memilih menikmati beberapa sajian andalan di restoran ini. Beberapa menu yang kami pesan antara lain Gurame Bakar Sambal Kecap, Nasi Bakul Liwet Tempur dan Sop Buntut. Mayoritas menu makanan di sini memang menghadirkan cita rasa Nusantara.

Menu pertama yang kami pesan adalah Sop Buntut (Rp 78.000). Semangkuk sup hangat dan gurih ini cocok dinikmati untuk lauk makan siang maupun malam, apalagi di tengah udara sejuk di Puncak.

Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi PersikSemangkuk sup buntut di Basecamp Resto. Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Slurrp! Kuah sup yang bening kecoklatan ini punya rasa gurih asin yang pas, sup juga tak terlalu berlemak. Di dalam mangkuk, ada tiga potong buntut sapi berdaging tebal. Kami tak perlu mengeluarkan tenaga untuk mencungkil dagingnya. Buntut sapi punya tekstur empuk juicy dengan rasa bumbu yang terserap hingga bagian dalam.

Tak hanya daging buntut, sup juga dilengkapi wortel, kentang, potongan tomat merah, daun bawang dan taburan bawang goreng. Mau makin segar? Coba tambahkan sambal yang disajikan terpisah.

Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi PersikFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Yang menarik, sajian utamanya Nasi Bakul Liwet Tempur untuk 2 orang (Rp 55.000). Sesuai dengan namanya, nasi liwet gaya sunda ini disajikan menggunakan bakul anyaman bambu.

Nasi pulen beraroma rempah ini disajikan dengan taburan ayam suwir, ikan teri goreng, petai dan telur asin. Aroma semerbak nasi liwet hangat ini sukses bikin selera makin meningkat. Kami menyarankan untuk menyantap nasi liwet ini dengan tangan langsung ya agar sensasinya makin nikmat.

Supaya makin istimewa, coba makan nasi liwet dengan lauk Gurame Bakar Sambal Kecap (Rp 76.000). Ikan gurame berukuran sedang ini dibakar dengan teknik khusus yakni digoreng lebih dulu baru dibakar sambil diolesi bumbu kecap.

Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi PersikFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Ikan bakar ini punya tekstur daging yang garing di luar namun empuk lembut di dalamnya. Makin enak lagi jika sudah dikucuri sambal kecap yang berlimpah irisan cabai rawit. Wah makan nasi liwet dengan gurame bakar dijamin bikin mata merem melek. Jangan lupa kunyah irisan cabai rawitnya supaya makin nendang.

Puas makan, kami memilih menikmati segelas Bandrek Granat (Rp 23.000) yang disajikan hangat dengan gelas berbentuk granat. Racikan jahe, gula merah dan susu ini bukan hanya melegakan tenggorokan tapi juga menghangatkan badan dan mengusir masuk angin.

Basecamp Resto : Makan Santai di Resto ala Militer Milik Dewi PersikFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Selain menu yang kami pesan, di sini juga ada sederet menu lainnya seperti Bakwan Jagung, Tahu Goreng Basecamp, Pindang Iga, Ayam Goreng Kemangi, Oseng Pete Ikan Jambal hingga minuman unik bernama Baret Merah dan Green Army.

Puas bersantap, kami menyempatkan berkeliling area Basecamp yang seluruh sudutnya bisa jadi spot foto instagramable. Di sini juga bisa menyewa seragam tentara supa fotonya lebih kece. Oiya, kami mendapat informasi kalau salah satu pemilik Basecamp ini adalah pedangdut Dewi Persik. Kalau beruntung, Anda bisa bertemu pelantun lagu Mimpi Manis ini di area restoran.

Mau merasakan sensasi makan di area militer? Datang saja ke restoran yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 22.00 WIB.

Basecamp Military Lifestyle
Jl. Raya Puncak No. 22 KM 75
Cipayung, Megamendung, Bogor
Telepon : (0251) 8297808



Simak Video "Manjakan Perut di Kamp Militer Milik Dewi Persik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)