Sari Idaman : Makan Nasi Pluncut Sambil Ngemil Cireng Enak

Devi Setya - detikFood Selasa, 04 Feb 2020 12:06 WIB
restoran sari idaman Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Aneka sajian Sunda dengan sambal dadak yang pedasnya nendang bisa dinikmati di sini. Apalagi di sini bisa makan sambil lesehan yang khas restoran Sunda. Raos pisan!

Restoran yang berlokasi di bilangan Cipinang, Jakarta Timur ini tak pernah sepi pengunjung. Setiap jam makan selalu saja ramai kendaraan pengunjung yang parkir di halaman depannya. Dari depan restoran terlihat kecil namun begitu masuk ke dalam, ternyata areanya sangat luas.

Konsep lesehan khas Sunda sengaja dihadirkan di restoran ini. Bahkan kedatangan kami disambut alunan musik khas Jawa Barat yang mengalun merdu. Oya, ada tiga area makan yang bisa dipilih di sini yakni area saung lesehan, area meja outdoor dan area indoor.

Sari Idaman : Makan Nasi Pluncut Sambil Ngemil Cireng EnakFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Kami tentu saja tergoda makan di area lesehan, terlebih lagi ada kolam ikan yang membuat suasana jadi asri seperti di pedesaan. Tak lama, seorang pelayan wanita berkebaya menghampiri kami.

Wah menunya terbilang banyak, tentu dengan ragam pilihan masakan khas Sunda yang mendominasi. Kami akhirnya memilih beberapa menu seperti Nasi Pluncut dengan Empal Gepuk dan Ayam Kalasan khas Sari Idaman. Sebagai camilan, kami memilih Cireng Bumbu Rujak yang kriuk kenyal.

Karena restoran terbilang ramai, kami harus sabar menunggu agak lama. Seporsi Nasi Pluncut (Rp 35.000) tiba di meja kami. Sekilas tampilan yang menggoda karena paket ini disajikan dengan berbagai pilihan lauk.

Sari Idaman : Makan Nasi Pluncut Sambil Ngemil Cireng EnakFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Seporsi nasi sengaja dibentuk kerucut mirip tumpeng mini, bagian ujungnya ditutup daun pisang. Lauk pelengkapnya ada tempe mendoan, daging empal gepuk, ikan teri balado, lalapan, sambal dan kerupuk. Untuk sayur asemnya disajikan dalam mangkuk terpisah.

Kami lebih dulu mencicip sayur asemnya, semburat rasa manis asin sedikit asam menjadi ciri khas sayur asem khas Sunda. Kuahnya keruh dan agak sedikit kental. Disajikan hangat dengan isian jagung, labu siam, pepaya muda, kacang panjang, melinjo hingga jagung.

Lanjut ke paket menu nasinya, kami menjajal satu per satu lauk yang ada di piring. Tempe mendoannya yang masih lembek punya rasa gurih, sekilas rasanya tak berbeda dengan tempe mendoan biasa. Untuk daging gepuknya punya ukuran yang lebar tipis, teksturnya empuk dengan rasa gurih dominan manis.

Makin lengkap kalau semua lauk ini disantap bersamaan, lengkap dengan teri balado dan cocolan sambal terasi yang luar biasa pedas. Menu yang satu ini cocok jadi pilihan makan siang.

Sari Idaman : Makan Nasi Pluncut Sambil Ngemil Cireng EnakFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Menu Ayam Kalasan (Rp 19.000) menggunakan jenis ayam kampung. Ayam ini diungkep hingga empuk sebelum digoreng kering. Pelengkapnya ada sambal terasi. Tampilannya sangat sederhana namun begitu mencicip ayamnya langsung terasa kelezatannya. Ayam goreng yang berwarna cokelat gelap ini bertekstur empuk dan rasanya gurih manis.

Sari Idaman : Makan Nasi Pluncut Sambil Ngemil Cireng EnakFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Karena menggunakan ayam kampung, jadi dagingnya tipis namun rasanya lebih gurih. Kami memesan sambal cobek atau sambal dadak sebagai pelengkap. Sambal yang terbuat dari cabai rawit merah ini punya rasa pedas yang nendang. Dimakan sedikit saja langsung bikin mata melek. Mau lebih segar? Kucuri air jeruk limo yang disajikan bareng sambal.

Puas makan, kami ingin merasakan sensasi santai di saung ini. Cireng sambal rujak (Rp 15.000) hadir hangat dengan sambal rujak yang kental. Manis pedas sambal rujak ini menjadi pelengkap cireng yang gurih bertekstur renyah kenyal.

Sari Idaman : Makan Nasi Pluncut Sambil Ngemil Cireng EnakFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Selain menu yang kami pesan, di sini juga ada menu aneka olahan ayam, gurame, ikan patin, ikan lele dan aneka tumisan sayuran. Suka yang berkuah? Coba pesan sop buntut, sop gurame atau sop iga yang cocok disantap saat cuaca dingin.

Mau makan lesehan Sunda yang enak di Jakarta? Restoran ini bisa jadi salah satu pilihan. Areanya juga luas jadi dijamin aman jika akan bersama keluarga besar sambil bersilaturahmi.

Sari Idaman
Jl. Cipinang Jaya No. 25 A
Jatinegara, Jakarta
Telepon : (021) 8198577



Simak Video "Menyantap Makanan Khas Jepang di Atas Tikar Tatami"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)