Aroma Padi : Gurih Renyah Ikan Gurame Tiga Rasa ala Peranakan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 23 Jan 2020 17:00 WIB
Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Di bilangan Cipete ada restoran bertema keluarga dan masih terbilang baru. Restoran ini menawarkan hidangan tradisional dengan sentuhan baru.

Masakan Indonesia kini menjadi primadona banyak restoran baru. Ini karena rasa lokal yang akrab di lidah dan bahan segar serta murah yang mudah didapat. Dari konsep fine dining hingga warung yang kasual dipilih untuk restoran bermenu tradisional.

Namun, berbeda dengan Aroma Padi restoran dengan menu nusantara peranakan di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Di restoran tersebut menawarkan masakan Indonesia dengan gaya penyajian yang lebih modern. Desain restoran Aroma Padi juga dibuat modern dan lebih kekinian.

Aroma Padi : Gurih Renyah Ikan Gurame Tiga Rasa ala PeranakanSuasana restoran Aroma Padi Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria


Lokasinya berdampingan dengan restoran-restoran lain yang berada di sepanjang kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Kamu akan mudah menemukan dengan ciri bangunan bergaya modern dengan sentuhan batu-bata di sisi sebelah kiri bangunan.

Restoran bertema keluarga ini terbilang luas. Ada banyak bangku dan meja mewah yang tersedia di area tersebut. Suasananya sangat nyaman dengan tambahan hiasan berupa bunga-bunga dan lampu-lampu berkilau di dalamnya. Menariknya lagi setiap spot di sana bisa dijadikan tempat untuk berfoto keluarga.

Untuk menunya, Aroma Padi menawarkan banyak sekali pilihan masakan Indonesia. Menu makanan tersebut dikelompokkan berdasarkan kategori daging, ayam dan bebek, sayuran, burung puyuh, ikan, dan seafood. Selain itu juga dilengkapi dengan menu penutup atau dessert.

Aroma Padi : Gurih Renyah Ikan Gurame Tiga Rasa ala PeranakanIkan Gurame Goreng Tiga Rasa di Restoran Aroma Padi Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria


Kami tak melewatkan menu Gurame Goreng Tiga Rasa (Rp. 120.000) dari kategori menu utama. Menu andalan ini berupa 1 ekor ikan gurame berukuran jumbo yang disajikan dengan bumbu saus asam, asin, pedas. Karenanya menu tersebut dinamakan 'Tiga Rasa'.

Fillet ikan gurame dipotong-potong dan dilapisi tepung dan digoreng kering. Mirip ikan gurame asam manis gaya peranakan. Kemudian disiram dengan bumbu saus tiga rasa rasa yang harum wangi dan bertekstur kental. Dilengkapi dengan potongan nanas segar, paprika merah, bawang bombai, serutan wortel dan daun seledri. Tampilannya penuh warna menggoda.

Bukan hanya tampilannya saja tetapi rasanya juga enak. Tekstur ikannya krenyes garing saat dikunyah. Paduan bumbu tiga rasa asin, asam, pedas membuat rasa fillet gurame ini jadi 'rame'. Berbeda dengan gurame asam manis yang monoton rasanya. Satu porsi ikan gurame ini terbilang besar, jadi bisa dimakan untuk 2 sampai 3 orang.

Aroma Padi : Gurih Renyah Ikan Gurame Tiga Rasa ala PeranakanTumis Lidah Sapi di Restoran Aroma Padi Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria


Menu Tumis Lidah Sapi (Rp. 60.000) juga menarik perhatian kami. Biasanya lidah sapi dibuat bistik. Kali ini lidah sapi diris tipis-tipis lalu ditumis dengan bumbu kecap manis dan kecap asin. Bersama irisan bawang bombai, irisan cabai lalu ditaburi biji wijen. Irisan lidahnya tipis, lembut empuk dengan rasa manis asin. Cocok disantap dengan nasi hangat.

Di menu penutup ada Colenak (Rp. 30.000). Penganan asal bandung ini dikenal sebagai tape bakar yang dimakan dengan cara dicocol dengan saus manis. Colenak atau 'dicocol enak' ini biasanya dicocol saus gula Jawa dengan kelapa parut. Namun, colenak di sini disajikan dengan sentuhan baru.

Disajikan dengan es krim vanilla sebagai cocolannya. Satu porsi colenak berisi 3 potong tape bakar. Setiap tape bakar diberi topping keju cheddar parut dan potongan buah strawberry segar.

Aroma Padi : Gurih Renyah Ikan Gurame Tiga Rasa ala PeranakanColenak di Restoran Aroma Padi Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria


Masih memakai sentuhan aslinya, colenak ini juga disajikan unti, kelapa parut yang dimasak dengan gula jawa. Tekstur tapenya lembut, bakarannya tidak terlalu gosong. Rasanya manis dan terasa enak dicocol es krim vanilla meskipun kurang pas. Rupanya sang koki menyediakan dua pilihan. Cocolan es krim dan keju atau unti kelapa. Tetapi terasa sedikit agak 'memaksakan' paduan yang kurang cocok. Jadi bingung menyantapnya.

Karena suasana yang nyaman, pilihan menu yang beragam, tempat ini bisa jadi pilihan buat mereka yang cinta makanan lokal tapi juga mau yang modern. Ada beragam racikan kopi, teh, jus dan smoothies yang bisa dinikmati jika ingin ngemil dan nongkrong di sini.

Aroma Padi
Jl. Cipete Raya No. 6
Fatmawati, Jakarta Selatan
Telepon : 021 27822000
Jam Buka : 10.00 - 22.00



Simak Video "Gaya Makan Nyentrik nan Kocak Dubes Jepang untuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)