Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang Nampol

Sonia Basoni - detikFood Senin, 20 Jan 2020 17:00 WIB
Foto: dok.detikFood
Jakarta - Topping martabak telor kini semakin beragam. Tak hanya pakai daging dan daun bawang saja, ada juga martabak taichan dengan gerusan cabe rawit ekstra pedas yang menantang.

Jadi salah satu tren makanan kekinian, banyak gerai martabak modern yang menggabungkan makanan ke dalam topping martabak. Salah satunya gerai Martabak Lab yang ada di Tebet, Jakarta Selatan. Tempat martabak kekinian ini punya menu andalan yang viral di sosial media.

"Kalau di sini konsepnya memang take away, menu yang populer ada Martabak Taichan, Martabak Tipis Kering, sama Martabak Manis Black Forest," tutur salah satu pelayan di sana. Gerai Martabak Lab ini tak terlalu besar, kebanyakan orang memesan untuk dibawa pulang ke rumah.
Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang NampolGerai Martabak Lab di Tebet. Foto: dok.detikFood



Penasaran dengan rasa paduan martabak dan taichan, kami pun memesan menu Martabak Taichan Level 5 (Rp 89.900). Martabak Taichan ini dibuat menggunakan tiga telur ayam, tanpa telur bebek. Kemudian telur kocok dicampur dengan bawang bombay, dan irisan daging dada ayam yang sudah dibekukan sebelumnya.

"Ciri khas Martabak Taichan ini, kami pake tiga telur ayam, terus ditambah dengan potongan daging dada ayam sama seperti sate taichan, rasanya lebih gurih dan padat," lanjut pelayan Martabak Lab.

Dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit sampai Martabak Taichan disajikan. Yang paling mencolok dari tampilannya tentu saja bagian atas martabak yang dibagi jadi 12 potongan, lalu ditutupi dengan sambal rawit kemerahan khas sate taichan. Di atasnya ditaburkan garam dan air jeruk nipis yang diperas segar.
Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang NampolMartabak Taichan Level 5. Foto: dok.detikFood

Sambalnya sendiri menggunakan cabe rawit merah, dengan campuran bawang merah dan bawang putih. Belum dimakan saja, aroma pedasnya sudah menyengat tajam menusuk hidung.

Saat digigit, tekstur renyah dari kulit martabak, terasa gurih di mulut, dengan potongan daging dada ayam yang empuk dan matang sempurna. Ditambah aksen rasa asam segar dari jeruk nipis. Tekstur dari martabaknya juga cukup tebal dan mengenyangkan.
Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang NampolBerlumur Sambal Cabai Rawit Pedas. Foto: dok.detikFood

Meski tidak menggunakan telur bebek, rasa gurih dari potongan dada ayam, serta sengatan dari pedasnya sambal taichan bikin nagih. Sambal taichan yang hanya dioleskan di permukaan martabak pun, rasa pedas dari level 5 tetap nendang hingga gigitan terakhir.
Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang NampolTekstur Martabak yang Tebal dan Renyah. Foto: dok.detikFood

Puas menyantap Martabak Taichan yang pedasnya bikin dower. Bisa juga pesan Martabak Black Forrest (Rp 79.900) dengan topping Ovomaltine, Keju, dan Kacang. Tampilan hitam mengkilap dari adonan martabak rasa Black Forrest yang legit, diolesi selai cokelat Ovomaltine yang royal, dengan taburan keju, kacang tanah yang tidak ditumbuk.

Tekstur lembut dan crunchy dari Ovomaltine serta renyahnya kacang, membuat rasa martabak manis ini semakin yummy. Gurih creamy dari Wijsman, keju, dan susu kental manis juga jadi pereda dari pedasnya Martabak Taichan.
Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang NampolCreamy Legit, Martabak Black Forrest. Foto: dok.detikFood

Jangan lupa pesan juga menu Martabak Tipis Kering (Rp 55.000) yang tak kalah enak. Topping yang paling populer ada selai kacang Skippy, yang dibubuhi cokelat meisjes.

Meski namanya tipis kering, tapi teksturnya tak terlalu tipis, sehingga bagian dalam dari Skippy dan meisjesnya masih berasa empuk. Potongannya juga banyak, bisa untuk camilan atau hidangan penutup.
Martabak Lab: Huaah! Sengatan Martabak Taichan Ekstra Rawit yang NampolMartabak Tipis Kering untuk Teman Ngeteh dan Ngopi. Foto: dok.detikFood

Martabak Lab menawarkan martabak kekinian, dengan ukuran yang besar, topping yang melimpah. Cocok buat penggemar martabak yang ingin sensasi berbeda saat makan martabak. Martabak Lab juga punya menu lainnya seperti Martabak Red Velvet, Martabak tuna, hingga Martabak Kornet.



Martabak Lab
Jl. Tebet Utara Dalam No. 3.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: 0813-8207-0437.
Jam Buka: 15.00 - 23.00 (Setiap Selasa Tutup).



Simak Video "Puas Ngemil Martabak Flamboyan dengan Isian Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)