Cecemuwe: Ada Ikan Barramundi Bumbu Citrus dan Tempe Mendoan Kekinian

Riska Fitria - detikFood Selasa, 31 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta - Kafe instagrammable masih menjadi destinasi menarik untuk millennial. Di kawasan Senayan ada kafe berkonsep unik dengan menu makanan lezat sehingga betah untuk berlama-lama.

Menyambangi kawasan Senayan bisa mampir ke kafe-kafe kekinian yang cocok untuk tempat nongkrong. Salah satunya 'Cecemuwe Cafe and Space' yang masih terbilang baru dan wajib untuk disinggahi. Restoran yang baru berjalan selama 6 bulan ini menawarkan banyak menu kekinian.

Lokasinya berada di komplek perumahan dan untuk menemukan bangunannya agak sulit karena jika dilihat dari luar, gaya bangunannya hampir mirip dengan rumah-rumah dan bangunan di sekitarnya. Untuk sebuah kafe, area di dalamnya terbilang luas. Interior kafenya terlihat sangat mewah dengan hiasan lampu-lampu di dalamnya dan didominasi dengan warna abu-abu.
Cecemuwe: Ada Ikan Barramundi Bumbu Citrus dan Tempe Mendoan KekinianFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Ketika mendengar nama kafenya, mungkin kamu agak sedikit asing. Menurut Alvin, selaku Co-Owner kafe ini, kata 'Cecemuwe' diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya senda gurau.

"Konsep dari kafe ini sesuai dengan nama kafenya. Cecemuwe itu artinya senda gurau dari bahasa Sansekerta. Jadi kita ingin begitu orang datang ke sini, mereka bisa senda gurau sama teman-temannya, bercanda, dan santai sambil makan bareng teman-teman," ujar Alvin kepada detikcom (28/12).

Oleh sebab itulah, Alfin menuturkan bahwa tim mereka sengaja memilih furniture seperti bangku yang nyaman untuk digunakan. Sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di kafe ini. Kafe ini berkonsep unik, karena di tempat ini tidak hanya ada kafenya saja, tetapi juga ada space yang digunakan untuk kegiatan dan kerja.
Cecemuwe: Ada Ikan Barramundi Bumbu Citrus dan Tempe Mendoan KekinianFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

"Juga ada space untuk workshop area yang dilengkapi dengan area perpustakaan. Juga ada rooftopnya. Tapi kalau untuk area kafe hanya di bawah saja," tutur Alvin.

Tak hana tempatnya saja yang menarik, menu makanan yang ditawarkan di sini juga tak kalah menggoda. Mulai dari makanan bergaya tradisional hingga bergaya Eropa. Menariknya semua bahan-bahan yang digunakan di kafe ini merupakan homemade. Menurut pelayan di sana, ada banyak menu yang jadi rekomendasi di kafe ini. Menu tersebut adalah Catch of The Day (Rp. 94.900) dan juga Nasi Goreng Cecemuwe (Rp. 68.900).

Karena penasaran, akhirnya kami memesan kedua menu tersebut. Tak perlu menunggu waktu lama, menu-menu tersebut diantarkan satu-satu oleh pelayan. Secara tampilan menu makanannya terlihat cantik dengan penataan yang sempurna dan bikin tak sabar untuk mencicipinya.
Cecemuwe: Ada Ikan Barramundi Bumbu Citrus dan Tempe Mendoan KekinianFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Catch of The Day yang merupakan menu olahan ikan dengan sayuran. Ikan yang digunakan merupakan jenis barramundi. Aromanya gurih harum, tercium aroma segar citrus yang begitu kuat. Tekstur ikan yang lembut tapi kokoh, tidak lembek berair.

Ikan barramundi tersebut kemudian disajikan dengan sayuran seperti wortel, brokoli dan tambahan daun kemangi di atasnya. Rasanya yang gurih karena diberi bumbu berupa citrus dan cream sauce.

Meski sederhana Nasi Goreng Cecemuwe juga memikat. Nasi goreng versi nasi goreng kampung yang disajikan dengan teri medan, sambal, telur mata sapi, irisan mentimun, tomat cherry dan kerupuk.
Cecemuwe: Ada Ikan Barramundi Bumbu Citrus dan Tempe Mendoan KekinianFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Rasanya medok mirip nasi goreng di rumah. Teri medannya terbilang royal sehingga memberi aksen gurih renyah yang kuat. Belum lagi tambahan telur mata sapi dengan kuning telur oranye cantik setengah matang.

Untuk menu gaya Italia ada Spaghetti Aglio e Olio (Rp. 84.800) yang tampak menggugah. Spaghetti tersebut disajikan dengan daging ayam panggang dan juga jamur champignon. Aromanya gurih wangi dengan cincangan bawang putih yang banyak. Disajikan dengan gaya twist, spaghetti al dente ini terasa pas porsinya.
Cecemuwe: Ada Ikan Barramundi Bumbu Citrus dan Tempe Mendoan KekinianFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Kami juga menjajal jajanan tradisional Tempe Mendoan (Rp. 38.900). Satu porsi tempat mendoan ditaruh di atas talenan kayu. Tempe Mendoan di sini agak sedikit berbeda dengan tempe mendoan yang asli. Teksturnya tidak basah atau 'mendo' setengah matang, tetapi tempe mendoan di sini teksturnya justru crispy. Disajikan dengan teriyaki sauce dengan jahe parut. Jadi bergaya tempura.

Menu beragam yang ditawarkan di sini sepadan dengan target pengunjung. Bisa untuk makan bersama atau makan sambil kerja. Suasana yang nyaman dan spot-spot menarik buat berfoto membuat tempat ini cocok buat kumpul bareng teman-teman. Yu, mampir!

Cecemuwe Cafe and Space
Jl. Hang Jebat IX No. 6
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon : 081283388128
Jam Buka : 08.00 - 21.00

Simak Video "Kafe Nyaman dan Kece, Bikin Hati Nggak Bete"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)