Pempek Selamat: Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi di Kafe Cantik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Nov 2019 16:50 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Siapa bilang makan pempek tak bisa di kafe cozy dan cantik? Di bilangan Kemang, Anda bisa santai sambil cicip pempek khas Jambi yang nikmat.

Pempek Selamat adalah merek pempek populer di Jambi yang kerap dijadikan oleh-oleh. Pempek ini hadir sejak tahun 2000 dan tahun 2005 mereka mendirikan pabrik. Konon Pempek Selamat menjadi pionir pabrik pempek pertama di dunia.

Tiap hari, ada sekitar 40.000 buah pempek yang diproduksi. Pempek Selamat memiliki banyak peminat hingga terus berkembang. Cabangnya ada 12 yang tersebar di Jambi, Palembang, Lampung, dan Jakarta. Khusus di Jakarta, Pempek Selamat baru sekitar 3 bulan membuka cabang.

Pempek Selamat: Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi di Kafe CantikFoto: dok. detikFood

Lokasinya ada di Kemang, Jakarta Selatan. Kami disambut suasana hangat dan cozy saat mampir ke sini. Tak berlebihan rasanya jika kami menyebut Pempek Selamat sebagai kafe pempek yang cantik.

Interiornya didominasi warna hangat seperti cokelat dan biru. Ada juga lampu-lampu gantung yang menghasilkan cahaya temaram. Di bagian depan, kami juga disambut deretan camilan tradisional kemasan yang bisa dibeli.


Untuk menu, Pempek Selamat tawarkan beragam pilihan. Andalannya adalah kapal selam, lenggang, rujak mie, model, dan selam kuah. Ada juga jenis pempek lain seperti pempek kari, pempek tahu, hingga pempek pastel. Tak ketinggalan pempek berbahan dasar udang.

Pempek Selamat: Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi di Kafe CantikFoto: dok. detikFood

Kami tak melewatkan Lenggang (Rp 30.000) yang jadi favorit banyak pengunjung. Tampilannya cantik dengan banyak topping. Sebelumnya kami mengintip pembuatan pempek lenggang di sini. Pegawai mengiris-iris pempek lenjer kemudian mencampurnya bersama telur omega yang sudah dikocok.

Selanjutnya adonan ini dimasak di wajan mungil hingga kecokelatan, layaknya memasak telur dadar. Untuk penyajian, Pempek Selamat menaruh soun, mie kuning, dan bubuk ebi diatasnya. Wangi gurih pun langsung tercium begitu menu ini diantar!

Cita rasa telur yang gurih berpadu pas dengan irisan pempek lenjer yang gurih kenyal. Rasa ikannya terasa kuat dengan tekstur adonan yang pas menurut kami. Disiram cuko Pempek Selamat yang tidak terlalu asam dan sedikit manis, rasa lenggang pun makin nikmat.

Pempek Selamat: Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi di Kafe CantikFoto: dok. detikFood

Kami tertarik mencicip pempek kari, tapi sayang habis ketika kami mampir. Akhirnya kami memesan masing-masing satu buah, Pempek Tahu (Rp 8.000), Pempek Pastel (Rp 8.000), Pempek Telur Kecil (Rp 8.000), dan Pempek Lenjer (Rp 8.000). Semua pempek digoreng fresh ketika ada yang memesan.

Pempek tahu sedikit berbeda karena menggunakan adonan tahu China yang lembut dengan rasa tahu yang khas. Paduan tahu dan adonan pempek ternyata enak. Kami juga menyukai pempek pastel yang unik karena berisi potongan pepaya muda dan campuran ebi. Tekstur pepaya mudanya agak renyah dengan rasa manis sedikit gurih karena berpadu ebi.

Pempek Selamat: Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi di Kafe CantikFoto: dok. detikFood


Pempek telur kecil dan pempek lenjer layaknya pempek biasa. Namun karena rasa ikan yang kuat, potongan mungil kedua pempek ini pun langsung kami lahap tak bersisa. Santapan kami tutup dengan Es Campur (Rp 25.000). Berupa es kacang merah dengan topping alpukat, cincau hitam, dan cendol yang sudah dihaluskan.

Pempek Selamat: Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi di Kafe CantikFoto: dok. detikFood

Untuk kacang merah, bentuknya merupakan pasta. Rasanya manis legit apalagi dicampur susu kental manis cokelat yang disirami di atas es serut. Makin terasa menyegarkan saat es campur disuap bersamaan alpukat dan cincau hitam yang kenyal-kenyal dingin!

Pencinta pempek bisa menjadikan Pempek Selamat sebagai pilihan tempat santai sore ini. Pilihan pempeknya beragam dengan suasana bersantap yang cozy dan bikin betah. Mampir, yuk!

Pempek Selamat
Jl. Kemang Raya No.90 B, Bangka
Telepon: 0811 8777 232
Jam buka: 9 pagi - 10 malam



Simak Video "Jajan Pempek Lenggang dan Pastel Khas Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)