Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja Bali

Devi Setya - detikFood Selasa, 29 Okt 2019 11:59 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
FOKUS BERITA Olahan Bebek Maknyus
Jakarta - Olahan bebek legendaris santapan bangsawan Bali ini berbeda dengan bebek goreng Bali atau bebek betutu. Bebeknya berbumbu pekat dan mantap disantap hangat.

Bebek timbungan memang tak sepopuler bebek betutu karena tidak semua orang tahu resepnya. Olahan bebek berbumbu khas Bali ini hanya bisa diolah para chef kerajaan karena dahulu bebek timbungan jadi sajian istimewa buat para bangsawan

DetikFood merasa penasaran dengan sensasi rasa olahan bebek yang biasa jadi santapan para raja Bali zaman dahulu. Kami pun menyambangi restoran Bebek Timbungan yang ada di area Secret Garden Village, Bedugul untuk membuktikan kelezatannya.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliSuasana restoran Bebek Timbungan. Foto: detikFood

Tidak mudah menemukan menu bebek timbungan di Bali tapi di restoran yang satu ini tersaji bebek timbungan yang dijamin autentik. Kabarnya, chef di restoran ini mengolah menu bebek timbungan berdasarkan catatan Dharma Caraban yakni kitab lontar kuno Bali. Penjelasan ini tercatat di buku menu restoran jadi kami sedikit paham soal kisah dibalik menu yang disajikan.

Oya, restoran di sini punya area makan yang luas. Terdiri dari area indoor dan outdoor yang mengusung konsep modern klasik. Sambil makan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan ditemani semilir angin sejuk.

Kami langsung saja memesan beberapa menu andalan di restoran ini yakni bebek timbungan, sari segara sup kuning, sate bawah pohon jambu dan pisang goreng panas dingin.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliBeberapa menu andalan di Restoran Bebek Timbungan Foto: detikFood

Satu per satu menu pesanan kami datang dalam keadaan hangat, mengundang selera lewat aromanya yang sedap semerbak. Menu pertama yang kami coba tentu saja Bebek Timbungan (Rp 125.000) yang jadi jagoan di restoran ini.

Menu ini hadir dalam paket lengkap berisi bebek, tumis kacang panjang dan tiga jenis sambal. Presentasinya unik karena bebek disajikan di atas bilah bambu besar yang dibelah dua.

Setengah ekor bebek ini hadir dengan lumuran bumbu berlimpah, warnanya cokelat gelap. Teksturnya sangat empuk, kami hanya perlu mencungkil perlahan untuk bisa mengambil dagingnya. Proses masak yang perlahan menggunakan bambu membuat daging bebek empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Tak heran, begitu dicicip rasa bumbu yang pedas, gurih dan asin langsung pecah di mulut. Ditambah lagi dengan sensasi gurih khas daging bebek, gagrak bumbu Bumbu Genep khas Bali menjadi ciri khas bebek timbungan.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliBebek Timbungan khas Bali. Foto: detikFood

Rasa bebek timbungan ini sudah kuat, makin enak disantap langsung dengan nasi hangat. Tapi kalau kurang pedas, coba santap dengan cocolan tiga jenis sambal yang disajikan terpisah. Ada sambal merah, sambal matah dan sambal hijau, ketiga sambal ini punya sensasi pedas yang berbeda.

Bukan hanya bebek, menu Sari Segara Sup Kuning (Rp 40.000) juga tak kalah nikmat. Sup ini tampil etnik dengan mangkuk batok kelapa. Tampilannya mirip pindang kuah kuning.

Isian sup ini kelihatan warna-warni dengan kuah bening kekuningan. Sup seafood ini berisi potongan ikan, udang, cumi dan jamur. Irisan tomat cherry, cabai rawit merah dan daun jeruk terlihat jadi bumbu pelengkap yang membuat sup jadi makin segar.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliMenu Sari Segara Sup Kuning. Foto: detikFood

Slurrp! Kuah sup ini terasa begitu segar. Rasanya dominan asam dan pedas, sekilas mirip tom yam namun tetap mengusung kuat rasa rempah khas Indonesia. Isian seafoodnya juga segar dan banyak.

Tak kalah unik sajian Sate Bawah Pohon Jambu (Rp 48.000). Lima tusuk sate ayam disajikan dengan pelengkap sambal kacang dan sambal matah. Irisan daging ayam pada sate ini punya ukuran besar dan tebal.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliSate Bawah Pohon Jambu Foto: detikFood

Sebelum dibakar, sate lebih dulu diolesi bumbu jadi bumbunya terasa menyerap sempurna. Manis gurih sate ayam makin enak disantap dengan sambal pelengkapnya. Sedap!

Puas bersantap, kami juga memesan dessert unik di resto ini, namanya Pisang Goreng Panas Dingin (Rp 28.000). Ternyata bukan hanya namanya yang unik melainkan juga tampilan dan cara menyantapnya.

Pisang goreng berbalut adonan tepung ini dilapisi dengan karamel hangat lalu disajikan dengan semangkuk air es dan es krim vanilla. Awalnya kami sempat bingung dengan penyajian dessert ini tapi pelayan yang mengantar makanan menjelaskan cara menyantapnya.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliPisang Goreng Panas Dingin Foto:detikFood

Pisang goreng karamel harus lebih dulu diambil menggunakan garpu lalu dicelupkan dalam air es selama 10 detik lalu bisa dimakan dengan es krim. Sensasi kriuk renyah pisang goreng ini terasa unik sekaligus enak.

Untuk menu makanan, restoran Bebek Timbungan ini punya lebih dari 100 menu makanan yang bisa dipilih sesuai selera. Selain menu pilihan kami, Anda juga bisa memesan menu kerang bumbu kacang, bebek betutu, nasi megibung, bebek goreng, ayam goreng sambal matah, nasi panggang daun lotus dan lain sebagainya.
Bebek Timbungan : Begini Kelezatan Bebek Legendaris Santapan Raja BaliAneka minuman khas Bali Foto: detikFood

Yang tak kalah unik juga ragam menu minuman khas Bali. Ada loloh daun cemcem, es daluman dan es jeruk kelapa yang bisa jadi pilihan pelega tenggorokan.

Kalau berkunjung ke Bali, jangan lupa sambangi restoran Bebek Timbungan dan mencoba menu andalannya. Setelah makan, Anda bisa berjalan-jalan sambil berburu foto instagramable di area Secret Garden Village.

Bebek Timbungan
Secret Garden Village
Jl. Raya Denpasar Bedugul km 36, Mekarsari
Baturiti, Tabanan, Bali
Telepon (0368) 2033363

Bebek Timbungan Kuta
Jl. Sunset Road No. 88, Kuta
Badung, Bali
Telepon :081138003222

Simak Video "Menjajal Lezatnya Bebek Legendaris Santapan Raja Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Olahan Bebek Maknyus