Iga Kokojo : Ada Iga Sapi dan Betis Kambing Siram Dabu-Dabu

Devi Setya - detikFood Selasa, 08 Okt 2019 12:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta - Bosan dengan iga sapi bakar biasa? Coba ke Kokojo yang menawarkan menu iga sapi, iga kambing hingga betis kambing. Semuanya empuk berdaging tebal. Mantap!

Biasanya iga sapi bakar dimasak dengan bumbu barbekyu yang rasanya manis gurih sedikit pedas. Tetapi di resto ini semua daging diolah dengan bumbu rempah Indonesia. Semuanya tersaji hangat dengan pelengkap sambal Nusantara.

Resto yang ada di bilangan Kemang, Jakarta Selatan ini terbilang masih baru. Tapi foto makanannya sudah banyak beredar di media sosial seperti instagram. Tampilannya sungguh bikin ngiler.
Iga Kokojo : Ada Iga Sapi dan Betis Kambing Siram Dabu-DabuFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Kamipun menyempatkan datang ke resto mungil berdesain minimalis ini. Kami agak terkejut karena tempat ini hanya mampu menampung sekitar 10 orang saja. Ternyata Iga Kokojo memang mengusung konsep take away jadi tak banyak tempat makan yang disediakan.

Kami disambut pelayan yang merangkap sebagai kasir, ia menyodorkan daftar menu. Tak banyak pilihan karena di sini hanya menyediakan menu Iga Sapi, Iga Kambing, Betis Kambing dan Ayam Bakar.

Semua menu ini belum dilengkapi sambal karena sambalnya bebas dipilih sesuai selera. Pilihannya ada sambal kokojo, sambal matah dan sambal dabu-dabu.

Kami pun memesan beberapa menu andalan dengan kombinasi sambal yang berbeda. Iga sapi sambal kokojo, iga kambing sambal matah dan betis kambing sambal dabu-dabu. Semuanya diproses segar karena kami bisa melihat langsung proses pembakaran daging yang modern mengandalkan fire torch.
Iga Kokojo : Ada Iga Sapi dan Betis Kambing Siram Dabu-DabuFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Tak lama, menu pesanan kami datang ke meja tanpa mengeluarkan aroma sedap. Ternyata daging bakar ini dibungkus dengan kertas alumunium foil. Keetika bungkus dibuka, barulah aromanya gurih menyeruak hebat, lengkap dengan kucuran minyak daging yang juicy.

Sambal yang kami pesan sebagai pelengkap juga tidak disiram langsung di atas daging melainkan di sajikan terpisah dalam plastik kecil, ada juga kremesan renyah. Konsep take away bahkan diterapkan juga untuk pelanggan yang makan di tempat.

Menu pertama yang kami coba Paket Iga Bakar Sambal Kokojo (Rp 79.000) menu paket ini terdiri dari iga bakar, nasi dan minuman dingin. Aroma harum dan lelehan minyak daging membuat selera makin menggebu.
Iga Kokojo : Ada Iga Sapi dan Betis Kambing Siram Dabu-DabuFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Dari bentuk daging iga yang super tebal, kami menebak kalau iga ini dari sapi import. Teksturnya juga lembut, bahkan daging bisa langsung diambil hanya dengan menyungkilnya dengan gerakan lembut. Saat daging dikunyah pun teksturnya juicy dengan rasa bumbu manis gurih yang meresap sampai ke bagian dalam. Kabarnya ada 25 jenis rempah yang digunakan untuk menu ini.

Oiya kami juga menyantap daging ini dengan sambal khas Kokojo yang rasanya unik. Sambal kental ini dominan pedas jadi pas buat para penggemar makanan pedas. Makin enak lagi disantap dengan nasi putih hangat.

Tak mau langsung terlena, kami mencicip menu kedua yakni Iga Kambing Sambal Matah (Rp 55.000). Berbeda dengan potongan iga sapi yang hanya berisi potongan satu tulang, untuk iga kambing ini ukurannya melebar dan terselip 4 tulang iga.

Bumbu pekat menyelimuti seluruh bagian daging iga. Bentuknya melebar dengan daging yang tak kalah tebal. Dilihat dari ukuran tulangnya, kambing yang digunakan tampaknya kambing muda. Pantas saja teksturnnya empuk.

Iga kambing bakar yang dipadu dengan sambal matah ternyata cocok di lidah kami. Aroma prengus tak terendus sama sekali namun untuk rasanya masih terjejak rasa khas daging kambing.
Iga Kokojo : Ada Iga Sapi dan Betis Kambing Siram Dabu-DabuFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Terakhir sekaligus andalan ada Betis Kambing dengan Sambal Dabu (Rp 55.000). Bentuknya mirip paha ayam dengan ukuran yang lebih besar.

Karena bagian betis, menu yang satu ini jauh lebih berminyak. Lelehan minyak berwarna kuning terlihat agak menggenang. Supaya lemaknya tak menjadi dingin, kami langsung mengguyur betis kambing dengan sambal dabu, lantas mencicipnya.
Iga Kokojo : Ada Iga Sapi dan Betis Kambing Siram Dabu-DabuFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Tekstur daging bagian betis kambing ini lebih juicy dan lezat. Rasa gurihnya juga lebih kuat dibanding bagian iga. Makin segar lagi disantap dengan sambal dabu-dabu yang pedas asam dan segar.

Menu daging bakar di sini terbilang enak. Hanya saja penyajiannya kurang menarik. Akan lebih baik jika pengunjung disajikan menggunakan piring dan sambalnya tersaji segar dalam wadah, bukan dalam plastik kemasan. Lagi pula kalau dibungkus dibawa pulang atau take away harus menghangatkan lagi. Karena sajian daging ini harus dimakan saat hangat.

Iga Kokojo
Jl. Kemang Selatan VIII No. 51B
Bangka, Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
Telepon : 082219571919

Simak Video "Varian Iga Sapi hingga Betis Kambing di Iga Kokojo "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)