Kopi Dulu: Ketika Fettucine Carbonara Ditemani Es Kopi Susu Kekinian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Sep 2019 17:31 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sore ini mau santai? Coffee shop di kawasan Depok II ini bisa jadi pilihan. Ada es kopi susu kekinian plus kudapan enak berharga terjangkau sebagai teman santai.

Tak hanya di Jakarta, tren coffee shop Instagramable juga hadir di Depok. Ada beberapa coffee shop yang ramai dibincangkan karena konsepnya. Salah satunya Jacob Koffie Huis dengan bangunan rumah putih khas peninggalan zaman Belanda. Coffee shop ini berlokasi di Jalan Kemuning, dekat Depok Lama.

Ada juga Louis di Jalan Mawar yang menawarkan area bersantap super luas plus spot-spot Instagenik. Bangunan utamanya berupa rumah putih dengan interior serba kayu. Tak ayal, coffee shop ini kerap jadi pilihan tempat nongkrong.

Baca Juga: Louis: Cicip Spaghetti dan Caramel Macchiato di Kafe Instagenik

Hadir dengan konsep berbeda, di Depok II ada Kopi Dulu yang belum lama menempati lokasi baru di Jalan Sentosa Raya Nomor 64. Sebelumnya coffee shop ini berada persis di seberang sekolah Tugu Ibu (Tugib) dengan menu andalan ragam minuman kopi kekinian.

Kopi Dulu: Ketika Fettucine Carbonara Ditemani Es Kopi Susu KekinianFoto: dok. detikFood

Nah, di lokasi baru, area coffee shop lebih luas. Bagian luarnya khusus sebagai tempat bersantap sekaligus area merokok. Terdapat mural-mural kaktus berwarna hijau yang mencuri perhatian.

Bagian dalamnya didominasi warna biru tosca dengan area tanpa sekat sehingga terkesan luas. Untuk pemesanan, Kopi Dulu menerapkan konsep self service dimana pengunjung perlu memesan sendiri di tempat dekat pintu masuk.

Melihat menunya, Kopi Dulu menawarkan banyak pilihan minuman dan makanan. Dari kategori minuman ada kopi, kopi dengan perasa, milkshake, nonkopi, hingga soda. Sementara dari makanan ada burger, sandwich, pasta, nasi, camilan, dan dessert.

Kami tak melewatkan Dulu Kopi Susu (Rp 22.000) yang jadi menu favorit. Segelas es kopi susu disajikan bersama sedotan stainless. Warna cokelatnya pucat dengan lapisan susu putih di bagian atas. Warna ini baru merata ketika kami mengaduknya.

Kopi Dulu: Ketika Fettucine Carbonara Ditemani Es Kopi Susu KekinianFoto: dok. detikFood

Slurpp! Tercecap rasa manis creamy dari minuman ini. Menurut kami, Dulu Kopi Susu cocok untuk mereka pencinta dominasi susu ketimbang kopi. Rasa manisnya khas karena kafe memakai gula aren. Meski begitu, tetap terjejak rasa kopi yang berasal dari pemakaian biji kopi house blend.

Tak kalah menarik perhatian, Popcorn Delight (Rp 28.000) merupakan minuman dari kategori nonkopi. Diracik dari susu segar plus popcorn yang dihaluskan bersama. Di atasnya ditambahkan buliran popcorn dan saus karamel.

Minuman ini terasa manis dan legit. Rasanya benar-benar paduan antara susu dan popcorn karamel. Pencinta popcorn dan minuman manis pasti menyukai minuman ini.

Fettucine Carbonara (Rp 28.000) jadi pilihan kami untuk mengganjal perut. Pasta fetticune ini disajikan dalam porsi pas. Tidak terlalu banyak atau pun sedikit menurut kami. Ada taburan keju cheddar, peterseli, sosis, dan smoked beef yang jadi pelengkap pasta. Hmmm... Aroma gurih begitu tercium saat kami mengaduk pasta.

Kopi Dulu: Ketika Fettucine Carbonara Ditemani Es Kopi Susu KekinianFoto: dok. detikFood

Cita rasa pasta ternyata juga gurih enak dengan sentuhan creamy susu. Pasta makin enak saat dilahap bersama potongan sosis yang kenyal dan gurih. Melihat harganya yang tergolong terjangkau, pasta ini pun kami rekomendasikan untuk dicicip saat ke Kopi Dulu.

Kalau suka platter camilan, pesanlah Kopdul Plater (Rp 35.000). Beragam hidangan pembuka tersaji dalam satu piring. Ada kentang goreng, onion ring, fried chicken yang dilengkapi coleslaw, mayonnaise, dan saus sambal.

Kopi Dulu: Ketika Fettucine Carbonara Ditemani Es Kopi Susu KekinianFoto: dok. detikFood

Dari semua hidangan pembuka yang ada, onion ring jadi favorit kami. Sebab teksturnya garing dan renyah di luar, namun lembut di dalam. Bawang bombay pun tak terasa langu, justru lembut dengan jejak rasa manis.

Santai sore kami tutup dengan Pisang Goreng Buatan Ibu (Rp 23.000). Terlihat 3 potong pisang goreng berukuran besar disajikan bersama parutan keju cheddar dan palm sugar bubuk. Pisang gorengnya memakai tepung yang tebal namun renyah.

Kopi Dulu: Ketika Fettucine Carbonara Ditemani Es Kopi Susu KekinianFoto: dok. detikFood

Di dalamnya berisi potongan pisang yang empuk, lembut, dan manis. Cocok sebagai pengiring santapan saat santai di coffee shop.

Bagi yang tinggal atau sedang melintas di Depok II, Kopi Dulu bisa jadi pilihan untuk tempat minum kopi, mengganjal perut, atau sekadar santai. Sebab tersedia jaringan wifi dan lagu-lagu pengiring yang bikin makin betah untuk berlama-lama!

Baca Juga: Artivator: Sedap! Nasi Campur dan Es Kopi Kacang Buatan Kafe Artsy di Depok

Kopi Dulu Caffeine & Calories
Jl. Sentosa Raya No. 64, Depok II Tengah
Telepon: 087775231714



Simak Video "Merasakan Segarnya Laksa Tangerang yang Tak Ada Duanya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)