Rice and Cheese: Nasi Pulen Berlumuran Keju yang Gurih Ada di Sini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 16:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Berkonsep restoran kekinian, tempat makan yang satu ini punya berbagai menu nasi dan keju. Ditambah aneka lauk pelengkap yang gurih dan pedas. Mantap!

Di antara gedung perkantoran di wilayah Kuningan, ada restoran Rice and Cheese yang punya konsep resto nyaman, dengan harga makanan terjangkau. Terdiri dari dua lantai, restoran spesial nasi dan keju ini berdiri megah, dengan nuansa minimalis modern yang nyaman buat nongkrong.
Rice and Cheese: Nasi Pulen Berlumuran Keju yang Gurih Ada di SiniFoto: dok. detikFood




Menu yang ditawarkan di sini perpaduan antara hidangan internasional, seperti pasta hingga beef belly. Namun tetap dengan sentuhan bumbu dan gaya makanan Indonesia. Dengan tambahan kikil hingga sambal matah dalam menunya.

Pilihan kami akhirnya jatuh ke menu yang direkomendasikan yaitu Nasi Furikake Teriyaki Chciken (Rp 32.000). Tampilannya cukup menarik, karena warna hijau dari nasinya mencuri perhatian. Di samping nasi, diberi potongan chicken teriyaki dengan saus blackpepper, salad sayur, serta tambahan Kikil Cabai Ijo (Rp 17.700) yang melimpah.
Rice and Cheese: Nasi Pulen Berlumuran Keju yang Gurih Ada di SiniFoto: dok. detikFood
Furikake sendiri merupakan abon atau taburan bumbu nasi khas Jepang yang biasanya dibuat dari kombu atau ganggang laut, dengan serpihan ikan kering. Tapi kalau di Rice and Cheese, mereka membuat furikake dari campuran bayam dan rumput laut hingga warna nasinya menjadi hijau, dan rasanya sedikit gurih dari rumput laut.

Ketika dipadukan dengan potongan chicken teriyaki dengan saus black pepper yang dominan manis, rasanya jadi lebih kuat. Potongan kikil cabe hijau yang kenyal juga pedas cocok disantap dengan nasi furikake yang pulen. Paduan antara makanan gaya Jepang dengan osengan kikil ala Indonesia.

Menu Nasi Samyang Beef Belly Yakiniku dengan saus mushroom dan kulit ayam (Rp 32.000) juga menarik. Semua nasi di sini dibentuk seperti tumpeng mini, yang porsinya lumayan banyak. Warna dari nasi samyang ini mirip seperti nasi goreng sedikit kecokelatan. Di suapan pertama rasa dari bumbu mie instan samyangnya cukup berasa, dengan rasa pedas yang nendang di akhir suapan.
Rice and Cheese: Nasi Pulen Berlumuran Keju yang Gurih Ada di SiniFoto: dok. detikFood

Sementara potongan daging sapinya diolah dengan bumbu yakiniku dan taburan wijen. Karena menggunakan daging sapi bagian perut, jadi rasa daging lebih gurih, karena berlemak dan sedikit kenyal. Kalau mau tambah gurih, bisa campur kulit ayam goreng tepung dan saus jamur yang berwarna cokelat kental. Ada perpaduan pedas dari bumbu samyang, manis gurih dari beef belly yakiniku, dan renyah dari kulit ayam.

Satu lagi andalan di sini, Rice and Cheese Beef (Rp 35.500), yang penampilannya sedikit berbeda dengan baked rice lainnya. Di sini nasi sebelumnya sudah dibumbui dengan saus keju, kemudian ditambah potongan daging sapi, lalu lelehan keju mozzarella, dan ditutup oleh breadcrumbs atau tepung roti.
Rice and Cheese: Nasi Pulen Berlumuran Keju yang Gurih Ada di SiniFoto: dok. detikFood

Meski sudah ditutup dengan tepung roti tapi keju mozzarellanya masih meleleh, dan mulur. Rasa yang unik dari makanan ini justru terletak pada taburan tepung roti yang krenyes renyah. Bisa juga tambah sambal kecombrang, yang memiliki aroma harum, dan rasa pedas yang menyegarkan.

Oh ya, semua menu yang ada di sini punya porsi yang royal yang mengenyangkan. Ditambah dengan suasana yang nyaman, resto ini bisa jadi pilihan untuk tempat makan sekaligus nongkrong bersama teman.

Selain tiga menu di atas, Rice and Cheese juga punya menu lainnya yang tak kalah menarik untuk dicoba. Seperti Nasi Serundeng Kikil, Nasi Telur Asin, Nasi Cabe Ijo Sambal Matah, Cheesy Madam, hingga Cheesy Fries.



Rice And Cheese
Jl. Bek Murad No. 62.
Karet, Kuningan, Jakarta Selatan.
Telp: 021 25982037 / 021 25981634



Simak Video "Ini Loh Proses Bikin Keju Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)