Banh Banh: Krenyes Segar Sandwich Unik Gaya Prancis dan Vietnam

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 11 Sep 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Makanan Vietnam mungkin tak sepopuler Thailand di Indonesia. Namun, Vietnam punya banyak makanan menarik yang enak, salah satunya Banh Mi, sandwich khas Vietnam.

Kuliner Vietnam punya pengaruh dari Prancis. Karena negara ini pernah dibawah pengaruh Prancis. Selain itu juga mendapat pengaruh dari China seperti umumnya kuliner Asia.

Melacak jejak pengaruh Prancis di Vietnam tidaklah sulit. Setiap pagi di kota-kota besar Vietnam, Hanoi atau Ho Chi Min penjaja sandwich dengan gerobak mangkal di tiap sudut kota. Tak seperti sandwich umumnya, mereka memakai roti baquette, bukan roti tawar.
Banh Banh: Krenyes Segar Sandwich Unik Gaya Prancis dan VietnamFoto: dok. detikFood

Roti Prancis baquette ini disajikan dengan beragam isian. Dari meat luncheon, ham, hingga opesan pate khas Prancis. Uniknya sandwich diberi sentuhan saus pedas aromatik khas Vietnam lengkap dengan salad dan sayuran rempah lainnya.

Baca Juga: Selain Pho, Vietnam Punya Ulat Kelapa Hidup yang Enak Buat Camilan

Nah, jika ingin mencicipi keunikan racikan Banh Mi, Anda bisa mampir ke gerai Banh Banh di Kuningan City,. Di sini ada beragam banh mi yang diracik saat dipesan seperti di Vietnam. Tempatnya memang kecil, karena konsepnya memang makanan 'take away'.

"Di sini menjual empat jenis Banh Mi, yaitu Saigon Beef, Cholon Chicken, Nguyen Tofu, dan Hanoi Meatball. Semuanya dibuat menggunakan daging dan sayuran segar, tanpa bahan pengawet, dan homemade." jelas Feri, salah satu pelayan Banh Banh.
Banh Banh: Krenyes Segar Sandwich Unik Gaya Prancis dan VietnamFoto: dok. detikFood

Kami langsung penasaran dengan Saigon Beef (Rp 42.000), menu yang paling banyak dipesan di sini. Banh Mi Saigon Beef ini, menggunakan roti Baguette homemade yang terbuat dari tepung gandum. Cara penyajiannya cukup cepat, karena roti baguette hanya perlu dihangatkan selama lima menit.

Setelah itu, roti langsung dioles sedikit krim campuran mayo dan saus ikan sebagai olesannya, lalu dicampur dengan daging sapi, dan aneka sayuran. Ada swortel, mentimun, bawang daun, hingga jalapenos, tentunya ada daun ketumbar yang memberikan rasa yang khas.

Bagian atasnya dilapisi dengan saus signature khas Banh Banh yang sedikit asam dan pedas. Meski terlihat sederhana, tapi porsi Banh Mi ini cukup besar, roti dipotong menjadi dua untuk memudahkan saat dimakan. Ketika digigit, rasa yang sangat dominan, justru daun ketumbarnya, kemudian disusul rasa manis dari daging sapi dan sengatan pedas dari cabe jalapenos yang diiris besar.
Banh Banh: Krenyes Segar Sandwich Unik Gaya Prancis dan VietnamFoto: dok. detikFood

Uniknya, di Banh Banh mereka menggunakan daging sapi bertekstur kering mirip seperti abon. Di menu Saigon Beef ini, rasa daging sapinya lebih manis, tapi tertolong dari rasa gurih asam segar dari olesan saus mayo dan saus signaturenya.

"Meski isiannya banyak, tapi kalori Banh Mi ini hanya sekitar 300 kalori saja. Karena isiannya lebih banyak sayur," lanjut Feri.

Tersedia juga menu untuk vegetarian yang tak kalah enak, yaitu Nguyen Tofu (Rp 38.000). Semua topping sayur yang digunakan sama, hanya saja bedanya daging sapi diganti dengan tahu kering, yang sudah dibumbui, dan teksturnya juga mirip seperti abon.
Banh Banh: Krenyes Segar Sandwich Unik Gaya Prancis dan VietnamFoto: dok. detikFood

Rasanya tak kalah enak, malah tekstur dan rasa dari tofu ini mirip seperti daging ayam. Kalorinya juga lebih rendah, dan tentunya lebih sehat dibandingkan menyantap burger.

Bagi yang tidak terlalu suka roti, bisa coba menu Goi Cuon Roll (Rp 22.000). Satu paketnya terdiri dari lima buah lumpia sayur khas Vietnam. Dibalut dengan kulit banh trang, atau rice paper. Isiannya ada daun ketumbar, selada, wortel, mentimun, dan bihun. Menu ini cocok untuk vegetarian, dan rasanya manis segar ketika dicocol dengan saus kacang hoisin yang sedikit gurih.
Banh Banh: Krenyes Segar Sandwich Unik Gaya Prancis dan VietnamFoto: dok. detikFood

Puas menyantap tiga makanan di atas, Banh Banh juga punya Khong Tea (Rp 10.000) teh kemasan tanpa pengawet yang terbuat dari sari batang serai segar yang membasuh dahaga. Selain menu di atas tersedia juga, menu lainnya seperti Banh Mi Hanoi Meatball dan Cholon Chicken, yang juga sehat dan rendah kalori.

Baca Juga: Dipercaya Berkhasiat, di Vietnam Daging Ular Jadi Menu Populer di Restoran


Banh Banh
Kuningan City, Jl. Prof. DR. Satrio No.18.
Kuningan, Jakarta Selatan.
Telp: 081293684683



Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)