Uma Uma Eatery Shop: Tawarkan Makanan Sehat tapi Bukan Vegetarian

Uji Sukma Medianti - detikFood Sabtu, 24 Agu 2019 10:28 WIB
Foto: Uji Sukma Medianti Foto: Uji Sukma Medianti
Jakarta - Saat ini, banyak warga Ibu Kota yang mulai menerapkan gaya hidup sehat ala vegetarian. Akan tetapi, ada juga orang-orang yang bukan vegetarian namun ingin memulai atau meninggalkan kebiasaan memakan makanan yang memicu kolesterol tinggi atau tidak baik untuk kesehatan mereka.

Berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan tepatnya di dalam kompleks Plaza Blok M, Uma Uma Eatery Shop bisa jadi jawaban untuk kamu yang ingin makan sehat tetapi tidak mau disebut menganut 'aliran' tertentu.

Founder Uma Uma, Tania Taufiqurrakhman mengaku ia ingin restorannya ini bisa dinikmati oleh semua orang. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Ia ingin mendobrak tabu bahwa restoran sehat itu hanya untuk para vegetarian atau vegan.

"Selama ini banyak orang yang denger kata makanan sehat malah jadi takut," ujarnya saat ditemui detikFood, Sabtu (24/8/2019).

Selain karena merasa bukan bagian dari vegetarian itu, banyak orang juga berasumsi kalau makanan sehat itu mahal karena harus menggunakan bahan-bahan serba organik.

"Nah, makanya aku kepikiran untuk bikin menu-menu yang isinya sayur-sayuran, salad, tapi bahan-bahannya bikin sendiri. Sausnya bikin sendiri dengan tetap memadukan bahan-bahan yang sebenarnya," kata Tania.

detikFood pun mencoba tiga menu andalan Uma Uma. Namanya Banh Mi Burger (Rp 67.000) yang merupakan menu utama. Tania mengatakan menu ini adalah sandwich Vietnam yang berbentuk burger.

Uma Uma Eatery Shop: Tawarkan Makanan Sehat tapi Bukan VegetarianFoto: Uji Sukma Medianti


Sekilas memang tampilannya seperti burger biasa, namun isinya bukan terdiri dari keju maupun mayonaise melainkan alfa sprouts di bagian paling atas, acar kubis dan wortel yang sudah diolah menjadi satu dan berwarna keungu-unguan.

Lalu di bawahnya ada daging sapi tebal dengan 'fresh kyuri'. Burger ini dilengkapi juga dengan snack yang gurih dan renyah berupa chips namun terbuat dari ubi ungu.

Menu kedua ada Mexican Taco Salad (Rp 55.000). Salad yang kaya akan sayuran ini terdiri dari tortilla chips, kacang merah, tomat potong, jagung manis, alpukat dan keju serut, selada bokor dengan saus tomat.

Sedangkan untuk dessert, Uma Uma memiliki watermelon pizza (Rp 55.000). Isinya terdiri dari semangka yang tebal dan segar dengan topping krim yoghurt, stroberi, nanas dan pomelo serta daun mint. Tampilannya yang warna warni sangat instagramable.

Untuk minuman, detikFood mencoba Now U C Me adalah jus yang kaya akan vitamin C. Tania mengatakan menu-menu minuman di Uma Uma sengaja dibuat tanpa gula. Jika kurang manis bisa meminta untuk menambahkan gula sesuai selera. Selain menu di atas, Uma Uma juga punya banyak menu lain seperti es kopi, juga aneka salad mulai dari cita rasa lokal, Asia hingga Eropa.

Berkonsep Rumahan dengan Banyak Tanaman

Ketika memasuki resto, suasana asri langsung terasa. Beberapa tanaman yang berjejer di dalam pot mulai dari kaktus hingga pohon-pohon dalam pot yang bisa ditanam di rumah.

"Ini ide barengan partner, jadi kita memang ingin menghadirkan konsep yang asri karena di luar udah panas dan gersang gitu, jadi kita mau pengunjung rasanya tuh kayak di rumah sendiri aja kalau datang ke sini. Tadinya (tanaman) mau buat dipajang aja tanamannya, tapi akhirnya kita putuskan untuk sekalian aja menjual," terangnya.

Uma Uma Eatery Shop: Tawarkan Makanan Sehat tapi Bukan VegetarianFoto: Uji Sukma Medianti

Adapun, Tania mengatakan menu-menu yang ada di Uma Uma berasal dari idenya. Ibu tiga anak yang pernah berprofesi sebagai pengacara ini mengaku bukan seorang vegetarian. Namun, ia berkomitmen untuk menjaga gaya hidup sehat. Menu-menu makanan yang Tania buat untuk anak-anak dan keluarga kecilnya lalu ia terus kembangkan menjadi menu di Uma Uma sekarang.

"Saya pribadi memang bukan vegetarian atau vegan, tapi saya dari dulu memang suka masak dan awalnya selalu ingin masak buat keluarga tuh makanan yang sehat. Kalau bisa selalu menyiasati harus ada sayuran di menu makanan anak-anak," terangnya.

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba jajan sehat sebagai pengganti junkfood atau para vegatarian yang lagi mau cheating, Uma Uma bisa menjadi pilihannya. Selain menunya yang sehat dengan bahan-bahan yang segar, tempatnya yang instagramable dan hijau juga bisa bikin otakmu refresh setelah bekerja keras dalam seminggu.

Uma Uma Eatery Shop
Jalan Sultan Hasanudin No.18 Jakarta (Kompleks Plaza Blok M)

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com