SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Agu 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Restoran sehat baru kembali hadir di Jakarta. Ada SUPERGRAIN yang menghadirkan 'Super Bowl' berisi nasi hitam, charred steak, dan saus chimichurri.

Pelaku hidup sehat kini tak perlu bingung saat harus makan di luar. Sebab semakin banyak restoran mengusung konsep sehat pada menunya. Pilihannya juga beragam sehingga dijamin tak membuat bosan.

Restoran sehat kini juga hadir di mall sehingga lebih mudah dijangkau. Salah satu yang baru adalah SUPERGRAIN di Grand Indonesia. Belum lama dibuka, restoran ini begitu menarik perhatian dengan interior dan konsep menunya.

SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'SUPERGRAIN, restoran sehat di East Mall Grand Indonesia (Foto: dok. detikFood)

Interior SUPERGRAIN begitu modern dan hangat dengan sentuhan tropis. Hal ini nampak dari tanaman hijau di beberapa sudut. Saat masuk, kami juga langsung tertuju pada area display menu. Di sini kami bisa mengintip seluruh menu yang dimiliki SUPERGRAIN.

Untuk menunya sendiri, kami bisa memilih sajian yang sudah dikurasi alias Curated Bowl atau membuat sendiri menu yang kami inginkan alias Build Your Own. Khusus untuk pemilihan menu sendiri, rata-rata pengunjung seperti kami akan 'galau' karena paduannya cukup banyak.

SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'Area untuk memesan menu dan duduk pengunjung (Foto: dok. detikFood)

Pertama, kami harus memilih 'Grains' diantara soba, 'nasi' kembang kol, nasi hitam, atau nasi cokelat. Untuk 'Protein' ada pilihan jerk chicken, charred steak, hingga miso-torched salmon. Berlanjut pilihan 'Sides' diantara ricotta-mato, broccoli gremolata, chai sweet potato, sampai baby corn aburi.

Terakhir saus yang diracik SUPERGRAIN juga terlihat menggiurkan. Mulai dari chimichurri, black pepper emulsion, skinny ranch, fiery matah, dan saigon kick.

Kami memilih Super Bowl (Rp 95.000) dari kategori Curated Bowl. Sementara untuk Build Your Own, kami memadukan super soba, cajun farmer's chicken, ricotta - mato, broccoli gremolata, dan sambal matah (Rp 75.000). Harga Curated Bowl sama untuk semua pilihan 1 Grain, 1 Protein, 3 Sides, dan 1 Signature Sauce.

SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'Super Bowl dengan pelengkap brokoli, wortel, dan tomat (Foto: dok. detikFood)

Usai memesan dan membayar, kami perlu menunggu sekitar 10 menit sebab pegawai meracik semua menu berdasarkan pesanan. Setelah pesanan selesai dibuat, mereka akan memanggil nama pemesan kemudian pengunjung harus mengambil sendiri.

Super Bowl menarik perhatian dengan topping charred steak. Empat lembar irisan daging terlihat dipanggang dengan tingkat kematangan medium. Pelengkapnya ada broccoli gremolata, ricotta - mato, dan honey carrot.

Nasi hitam atau black rice 'tersembunyi' di bawah topping dengan warna hitam keunguan. Nasi ini tergolong sehat karena beras hitam tinggi kandungan antioksidan dan serat. Konsumsi beras hitam juga disebut-sebut baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

Soal tekstur, nasi hitam ternyata mirip ketan hitam hanya saja tidak lengket. Buliran nasinya besar dengan tekstur empuk dan sedikit basah. Rasanya juga khas dengan sentuhan manis. Walau tidak biasa mengonsumsinya, nasi hitam tergolong enak di lidah kami.

SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'Nasi hitam dan charred steak yang sehat dan mengenyangkan (Foto: dok. detikFood)

Primadona isian Super Bowl, charred steak terasa empuk, hanya saja kurang juicy menurut kami. Rasanya juga minimalis dari penggunaan sedikit bumbu. Kami menduga hanya ditambah sedikit garam dan lada sehingga lebih menyehatkan. Agar rasanya lebih nendang, kami mencocolnya ke saus chimiccuri yang dibuat dari paduan parsley, bawang putih, dan minyak zaitun.

Melahap nasi dan daging panggang makin lengkap dengan brokoli bertabur breadcrumb. Untuk tomatnya berupa tomat segar yang menampung isian bayam dan keju ricotta. Meski ada kejunya, rasa tomat ini tetap dominan manis dan segar. Sedangkan honey carrot terasa manis legit karena wortel ditumis madu.

Menu yang kami 'ciptakan' sendiri tak kalah mengundang selera. Soba begitu kenyal dan mulur dengan rasa gandum yang ringan. Namun menurut kami soba terlalu dingin. Kalau disajikan lebih hangat, agaknya semakin enak di lidah kami.

Cajun farmer's chicken berupa irisan ayam panggang dengan bumbu cajun khas dari Louisiana, Amerika Serikat. Bumbu ini terdiri dari beragam rempah kering seperti bubuk paprika, bawang putih, oregano, thyme, dan banyak lainnya. Di SUPERGRAIN, rasa ayam panggangnya terasa gurih berempah, namun tak terlalu kuat.

SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'Ada soba dan Cajun chicken yang menggugah selera di SUPERGRAIN (Foto: dok. detikFood)

Yang unik dari pelengkap menu ini adalah baked pumpkin. Labu kuning diiris tipis memanjang lalu dipanggang. Rasa labu dominan manis mirip ubi. Untuk sambal matahnya lumayan enak dengan rasa pedas yang tidak terlalu kuat.

Santap sore kami tutup dengan Guava Crush (Rp 45.000) yang jadi favorit. Slow juice ini diracik dari jambu biji merah, lemon, pir, dan sereh. Rasa dominan jus kental ini adalah jambu dengan sentuhan asam di akhir cecapan. Ada juga sedikit aroma dan rasa sereh pada jus.

SUPERGRAIN: Ada Paduan Nasi Hitam dan Charred Steak Dalam 'Super Bowl'Black Sesame Latte yang memadukan wijen panggang sangrai dan susu segar (Foto: dok. detikFood)

Kalau mau minuman hangat nonkopi, cobalah Black Sesame Latte (Rp 40.000). Wijen panggang yang sudah disangrai dihaluskan bersama madu hingga jadi pasta. Lalu dituang dalam gelas dan ditambahkan susu cair, lengkap dengan hiasan latte art.

Minuman berwarna hitam ini terasa unik karena seperti menikmati kulit onde-onde dalam versi minuman. Rasa kacang dari wijennya lumayan kuat tetapi tidak aneh. Pas disandingkan dengan susu segar dalam keadaan hangat. Slurpp!

SUPERGRAIN
Lantai 3A, East Mall, Grand Indonesia
Telepon: 021 3866380

Simak Video "Makan Sehat Nasi Hitam dengan Charred Steak Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)