Taichan Bang Gondrong: Pedas Gurih Sate Taichan XL dan Geprek Dua Sambal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 16:58 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Penggemar sate taichan dijamin puas kalau mampir ke sini. Ada racikan Bang Gondrong yang unik seperti sate taichan XL dan geprek.

Sate taichan langsung jadi favorit banyak orang saat muncul pertama kali sekitar tahun 2016. Ciri khas sate ini adalah dagingnya yang polos karena hanya diberi taburan garam dan olesan minyak saja.

Sate taichan lalu dibakar sebentar hingga matang. Pendampingnya bukan sambal kacang melainkan sambal rawit dan cocolan kaldu gurih. Meski awalnya populer di Senayan, sate taichan dengan cepat menjamur di wilayah lain.

Taichan Bang Gondrong: Pedas Gurih Sate Taichan XL dan Geprek Dua SambalFoto: dok. detikFood

Salah satunya Taichan Bang Gondrong yang ada di Depok. Lokasinya persis di ruko sebelah Hotel Bumi Wiyata. Sudah lebih dari satu tahun, Taichan Bang Gondrong jadi incaran pencinta sate taichan di kota belimbing ini.

Menu yang ditawarkan restoran dua lantai ini cukup unik. Selain sate taichan biasa, Taichan Bang Gondrong menawarkan Taichan Box yang berkonsep rice box, Taichan Xtra-Large dengan ukuran jumbo, Taichan Geprek, dan Mixology yang merupakan taichan di atas hot plate.

Kami tertarik mencicip Sate Taichan XL Bakar (Rp 11.000/tusuk) yang jadi favorit pengunjung. Wah, benar saja! Ukuran sate taichan ini sangat besar. Tersusun dari bagian paha dan kulit ayam. Potongan pahanya sangat menggoda dengan jumlah sekitar 3 buah. Disusul potongan kulit yang juga menggugah selera.

Taichan Bang Gondrong: Pedas Gurih Sate Taichan XL dan Geprek Dua SambalFoto: dok. detikFood

Secara keseluruhan, Sate Taichan XL Bakar ini dilumuri bumbu kecap. Sedikit totol-totol hitam bekas bakaran jadi cirinya. Nyamm! Tekstur sate taichan begitu empuk juicy di bagian paha. Disusul dengan semburat rasa manis kecap yang enak.

Sementara bagian kulit ayam terasa kenyal. Dijamin puaskan selera pencinta sate kulit ayam seperti kami. Sate yang empuk, juicy, dan manis makin enak dicocol ke sambal taichan. Tekstur sambal sangat encer namun rasa pedas khas rawitnya sangat menggigit! Kami menyukai racikan sambal ini dengan percikan jeruk nipis sehingga ada semburat asam segar.

Puas dengan sate taichan bakar, kami mencoba Taichan Geprek (Rp 30.800). Berupa paket yang terdiri dari nasi, es teh manis, dan dua sate geprek. Isian sate geprek berupa Sate Taichan XL, hanya saja digoreng tepung. Di atasnya lalu diberi dua jenis sambal.

Taichan Bang Gondrong: Pedas Gurih Sate Taichan XL dan Geprek Dua SambalFoto: dok. detikFood

Ada sambal hiijau dan sambal merah yang diracik dari masing-masing gerusan cabai hijau dan cabai merah kasar. Namun Taichan Geprek ini tidak digeprek layaknya ayam geprek. Kami menyantap potongan paha dan kulit ayam secara utuh dalam balutan tepung gurih.

Sambal merahnya terasa lebih pedas dibanding sambal hijau. Bagi yang tak terlalu kuat pedas, cobalah Taichan Geprek dengan sambal hijau yang pedasnya lebih halus.

Tak afdol mampir ke restoran sate taichan tanpa mencicip racikan aslinya. Sate Ayam (Rp 3.300/tusuk), Sate Otak-otak (Rp 4.400/tusuk), dan Sate Maranggi (Rp 4.400/tusuk) jadi pilihan kami. Sate ayamnya agak kering dibanding Sate Taichan XL Bakar. Untuk sate otak-otak terasa gurih empuk karena memakai otak-otak Singapore.

Taichan Bang Gondrong: Pedas Gurih Sate Taichan XL dan Geprek Dua SambalFoto: dok. detikFood

Yang bikin kami terkejut adalah rasa sate maranggi di sini yang empuk, manis dan nikmat. Tiga potongan daging sapi diberi bumbu kecap dan ketumbar sebelum dibakar. Ternyata sate maranggi juga enak dicocol sambal Taichan.

Selain di Depok, Taichan Bang Gondrong juga punya cabang di Bogor dan Tanjung Duren. Penggemar sate Taichan wajib mampir ke sini karena pilihan sate taichannya beragam dan rasanya enak. Lain waktu kami ingin kembali mencicip sate taichan kikil, usus, hingga sate ala Jepang yang gurih empuk.

Taichan Bang Gondrong
Jl. Margonda Raya No. 277D, Beji
Telepon: 0857 72961873



Simak Video "Variasi Menu Sate Taichan Goreng Punya Suami Rachel Vennya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)