Stillwater Coffee & Co: Ada Croissant Keju Renyah di Coffee Shop Homey

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Jul 2019 16:41 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Jumat sore paling enak melepas penat dengan menyeruput kopi. Apalagi ditemani croissant dan sandwich dengan isian gurih. Dijamin mantap!

Di kawasan Gunawarman ada coffee shop homey yang jadi favorit banyak orang. Namanya Stillwater Coffee & Co yang merupakan salah satu usaha kuliner chef Vania Wibisino. Berbeda dari coffee shop lain, Stillwater Coffee & Co juga mengusung konsep toasteria.

Tersedia berbagai roti panggang sebagai menu andalan. Pengunjung bisa pilih jenis rotinya sendiri kalau tak mau roti putih yang merupakan menu original di sini. Cukup tambah Rp 8.000 bisa ganti roti putih dengan croissant, focacia, baguette, atau lainnya. Varian roti panggang beragam dengan rasa gurih dan manis.

Stillwater Coffee & Co: Ada Croissant Keju Renyah di <i>Coffee Shop</i> <i>Homey</i>Ruangan bersantap di Stillwater Coffee & Co (Foto: dok. detikFood)

Konsep toasteria sengaja dihadirkan pemilik karena terinspirasi konsep serupa di Amerika Serikat. Seperti diketahui, di sana banyak coffee shop sediakan roti panggang dalam menunya. Sedangkan nama 'Stillwater' lebih mengarah pada filosofi air tenang dimana kopi yang enak dihasilkan dari air yang tenang.

Stillwater & Co juga menawarkan beragam hidangan utama bagi yang ingin makan kenyang. Ada burger, steak ayam panggang, beef hamburg dengan nasi, hingga steak tenderloin. Tak ketinggalan menu sehat seperti aneka salad dan wrap.

Ingin ngemil di sore hari, kami mengunjungi Stillwater & Co yang menempati lantai satu dari bangunan berlantai dua. Toasteria dengan menu roti sehat ini seolah sesuai dengan konsep sehat yang dihadirkan studio yoga di lantai atasnya.

Stillwater Coffee & Co: Ada Croissant Keju Renyah di <i>Coffee Shop</i> <i>Homey</i>Stillwater Coffee & Co bisa jadi tempat nyaman untuk bekerja (Foto: dok. detikFood)

Ruangan Stillwater & Co tak terlalu besar namun terkesan hangat, nyaman, dan homey. Ada furnitur kayu dan cahaya alami dari jendela kaca besar di coffee shop ini. Ruangannya terbagi dalam area dalam dan luar. Coffee shop menerapkan sistem self service dimana pengunjung harus memesan menu sendiri di kasir yang ada di pojok.

Sebelum memesan, kami bisa mengintip berbagai kue dan pastry yang dipajang di lemari kaca dekat kasir. Ada Cheese Cake, Klepon Cake, hingga Honey Cheese Cake yang bisa dicicip.

Kami mencoba Classic Sandwich dengan Croissant (Rp 58.000) yang jadi favorit. Menu ini berupa setangkup croissant panggang yang dibagi dua secara horizontal. Di tengahnya disisipkan 3 lembar daging asap yang cukup tebal dan keju.

Stillwater Coffee & Co: Ada Croissant Keju Renyah di <i>Coffee Shop</i> <i>Homey</i>Pencinta croissant bisa cicip Classic Sandwich dengan Croissant (Foto: dok. detikFood)

Kress! Tekstur croissant begitu renyah. Kabarnya Stiillwater Coffee & Co memakai croissant premium yang dipanggang sendiri di coffee shop sesaat sebelum disajikan. Croissant ini mengapit lembaran daging asap yang empuk dan gurih kuat.

Makin enak karena diselingi gurihnya keju mozzarella yang melimpah. Meski isiannya minimalis, ukuran croissant yang lumayan besar dengan isian daging asap dan keju cukup banyak dijamin sukses bikin kenyang.

Spicy Grilled Cheese Sandwich (Rp 45.000) konon jadi menu klasik yang banyak dicari. Roti panggang gurih ini memakai roti putih. Di dalamnya ada isian mixed lettuce, keju mozzarella, mayonnaise, dan saus keju serta cabai.

Stillwater Coffee & Co: Ada Croissant Keju Renyah di <i>Coffee Shop</i> <i>Homey</i>Gurih pedas Spicy Grilled Cheese Sandwich buatan Stillwater Coffee & Co (Foto: dok. detikFood)

Sandwich ini terasa lebih empuk karena menggunakan pengapit roti putih. Adanya mixed lettuce memberi tekstur renyah segar yang enak. Yang kami suka, meski isiannya hanya keju, rasa gurihnya sangat puaskan selera karena diselingi pedas creamy-nya mayonnaise.

Ngemil sore kami tutup dengan menyeruput Coffee Milk Brown Sugar Coffee Jelly (Rp 50.000). Minuman ini merupakan salah satu rangkaian menu baru 'Brown Sugar Series'. Ada paduan kopi, susu, brown sugar, dan jelly rasa kopi.

Minuman makin lengkap dengan whipped cream di bagian atas. Slurpp! Rasa manis kopi susu terasa pas. Tak terlalu pahit ataupun manis. Hanya saja kami tak mencecap rasa brown sugar yang dominan pada minuman ini.

Stillwater Coffee & Co: Ada Croissant Keju Renyah di <i>Coffee Shop</i> <i>Homey</i>Coffee Milk Brown Sugar Coffee Jelly merupakan menu baru dari rangkaian 'Brown Sugar Series' (Foto: dok. detikFood)

Yang kami suka, tekstur minuman tak terlalu kental meski sudah ditambah whipped cream. Kami menyukai selingan jelly kopi pada minuman ini. Jelly ditaruh di bawah dan atas minuman sebagai topping. Slurpp!

Tak hanya cocok disambangi sore atau malam hari, Stillwater Coffee & Co juga bisa untuk sarapan karena buka sejak pukul 6 pagi. Nah, bagi yang mau ngemil atau sarapan enak dengan kopi, croissant, atau roti panggang, coffee shop ini sangat pas jadi pilihan.

Stillwater Coffee & Co
Jl. Raya Gunawarman No. 67, Senopati
Telepon: 021 7252404

(adr/odi)