Amore Cafe : Menikmati Asam Segarnya Pindang Serani di Tepian Laut Lepas

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Jul 2019 11:30 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jepara - Kurang lengkap jika ke Jepara tanpa mencicip semangkuk pindang serani. Makanan khas berbahan ikan ini juga bisa dinikmati di pulau Karimunjawa sambil ditemani panorama laut.

Karimunjawa bukan hanya dikenal dengan keindahan pantai dan taman bawah lautnya saja tapi kuliner enak juga bisa dinikmati di sini. Salah satu tempat makan yang bisa disambangi yakni Amore Cafe & Resto.

Lokasi resto ini berada dekat dari Dermaga Baru Karimunjawa, detikFood sengaja mampir untuk menikmati makan siang. Dari depan, resto ini sudah menarik perhatian karena memiliki area yang luas dengan bangunan utama sebuah bangunan joglo Jawa.
Amore Cafe : Menikmati Asam Segarnya Pindang Serani di Tepian Laut LepasSuasana Amore Cafe yang berbentuk bangunan Jogjo Jawa. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Baca juga : Liburan Ke Karimunjawa Jangan Lupa Cicip Seafood Segar di Alun-alun

Area makannya juga bisa disesuaikan dengan selera, bisa makan di area dalam joglo yang sederhana ataupun makan di area outdoor lesehan dengan pemandangan laut lepas. Kami memilih tempat kedua karena ingin merasakan sensasi makan ditemani pemandangan laut sekaligus deburan ombak.

O,ya di area ini juga banyak tumbuh pohon kelapa yang membuat suasana menjadi teduh dan nyaman. Puas menikmati suasana, kami lantas melirik menu yang jadi jagoan di resto ini. Pastinya sajian seafood paling segar jadi andalannya.

Seporsi pindang serani dan soto Karimunjawa menjadi pilihan kami. Penjelasan singkat dari pelayan soal dua hidangan khas ini membuat kami semakin penasaran dibuatnya.

Tak lama menunggu, semangkuk pindang serani (Rp 40 ribu) datang dengan kepulan asap tipis yang turut membawa aroma sedap. Kuah kuning berlimpah menjadi pelengkap hidangan berbahan ikan tenggiri ini.
Amore Cafe : Menikmati Asam Segarnya Pindang Serani di Tepian Laut LepasPindang serani, makanan khas Jepara yang terbuat dari ikan tenggiri. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Sluurrp! Kuah pindang ini terbilang cair namun rasa bumbunya tersirat kuat dengan semburat rasa asam khas jeruk nipis. Kami juga merasakan jejak aroma serai dan irisan daun jeruk pada kuahnya.

Makin nikmat lagi karena pindang dilengkapi irisan cabai rawit merah yang membuat rasanya pedas dan asam. Tak kalah nikmat juga potongan daging ikan tenggiri. Ada 4 potong ikan dengan ukuran lumayan besar, teksturnya yang kenyal kokoh menjadi tanda kalau ikan diolah dalam kondisi segar.

Sekilas pindang serani mirip dengan sajian sup ikan, namun diolah dengan bumbu berwarna kuning. Tak mau menunggu pindang menjadi dingin, kami melahapnya dengan seporsi nasi putih.

Menu kedua pun datang dengan presentasi yang tak kalah menggoda. Semangkuk soto Karimunjawa (Rp 33 ribu) datang dalam mangkuk besar dengan porsi yang cukup banyak.
Amore Cafe : Menikmati Asam Segarnya Pindang Serani di Tepian Laut LepasSoto ayam Karimunjawa. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Sekilas soto ini tak berbeda dengan soto ayam khas Surabaya yang berkuah kuning. Isiannya ada bihun, irisan kol, tauge, irisan ayam dan telur rebus. Soto juga dilengkapi dengan taburan daun seledri, bawang goreng serta jeruk nipis.

Sebelum meracik dengan tambahan sambal dan kecap manis, kami mencicip rasa asli kuahnya. Hmm segar, kuah soto dengan kaldu ayam ini diracik dengan bumbu kuning yang royal. Kami merasakan bumbu cukup pekat yang berpadu dengan gurih khas kaldu ayam.

Kalau suka pedas, boleh tambahkan sambal yang disajikan terpisah. Semangkuk soto bisa jadi pengganjal perut sebelum menjelajahi pulau cantik ini.

Baca juga : Melintasi Jepara, Jangan Lupa Nikmati Pindang Serani yang Segar Enak di Sini!
Amore Cafe : Menikmati Asam Segarnya Pindang Serani di Tepian Laut LepasJus mangga di Amore Cafe. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Puas menikmati makan siang, kami memilih segelas jus mangga sebagai pembilas mulut sekaligus teman santai menikmati semilir angin pantai. Resto ini berada persis dekat dermaga jadi selain laut lepas, pengunjung juga dimanjakan pemandangan beberapa kapal nelayan yang hilir mudik.

Tergoda mencoba hidangan ini saat ke Karimunjawa? Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-23.00 WIB. Waktu terbaik menyambanginya adalah ketika makan siang dan santai sore sambil menanti datangnya senja.

Amore Cafe & Resto
Jl. Jenderal Sudirman
Dermaga Baru
Karimunjawa, Jepara
Jawa Tengah

Simak Video "Menikmati Suasana Pantai dengan Pindang Serani Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)