Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken Bolognese

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Jun 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Malam ini mau ngemil mengenyangkan? Scallion sandwich khas Taiwan bisa jadi pilihan. Makin enak dipadukan chicken bolognese yang manis sedikit asam.

Taiwan punya camilan enak dan terkenal bernama Taiwanese Scallion Pancake. Sesuai namanya, camilan ini memadukan pancake gurih dengan irisan daun bawang. Namun pancake yang dimaksud bukan pancake ala Barat yang adonannya tebal dan kerap jadi menu sarapan.

Pancake khas Taiwan tipis, renyah, dan berlapis-lapis. Mirip roti prata India atau jenis flat bread yang perlu dipanggang beberapa menit sebelum disajikan. Scallion pancake khas Taiwan juga umum ditambahkan topping lain seperti daging ayam dan telur.

Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken BologneseJianbing khas China yang mirip Taiwanese Scallion Sandwich (Foto: Devi S. Lestari/detikfood)

Tak jauh berbeda, dari China ada camilan serupa bernama Jianbing. Bahan utamanya adalah kulit lumpia yang agak tebal. Kulit lumpia dipanggang di atas wajan datar, kemudian dilapisi telur dadar lalu diisi daun selada, daun bawang, sosis atau ayam serta saus khas.

Baca Juga: Jianbing, Martabak Khas China yang Gurih Padat Isian

Jika tertarik mencicip camilan seperti Taiwanese Scallion Pancake atau Jianbing, Anda bisa menyambangi Liang Sandwich Bar. Gerai scallion sandwich yang beroperasi sejak Desember 2018 ini memiliki beberapa cabang di mall besar Jakarta, termasuk Grand Indonesia.

Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken BologneseGerai Liang Sandwich Bar di Grand Indonesia (Foto: dok. detikFood)

Gerai Liang Sandwich Bar mudah dikenali karena ada sosok brand ambassador, Jay Chou. Beberapa menu di sini bahkan merujuk pada sandwich favorit musisi kelahiran Taipei, Taiwan ini. Diantaranya Liang Chicken Sandwich dan Chicken Bolognese Sandwich atau The Invincible.

Dengan konsep dapur terbuka (open kitchen), kami bisa mengintip proses pembuatan scallion sandwich. Liang Sandwich Bar menggunakan sandwich atau roti prata beku yang siap diolah berdasarkan pesanan pengunjung. Lembaran roti prata lumayan lebar dengan irisan daun bawang cukup banyak di permukaannya.

Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken BologneseProses memanggang roti prata di Liang Sandwich Bar (Foto: dok. detikFood)

Roti prata ini dipanggang sekitar 4 menit di tiap sisiannya. Ketika hendak matang, ditandai dari warna kecokelatan dan tekstur roti yang renyah, staf akan membuat lipatan dengan cara mencabik-cabik sedikit permukaannya.

Sementara itu, staf dapur menuangkan adonan telur dadar sebagai pelapis isian roti prata. Ketika sudah matang, roti prata digabungkan bersama telur dadar lalu didinginkan sebentar. Barulah staf lain bertugas memberi isian sandwich.

Kami memilih Chicken Bolognese Sandwich (Rp 31.818) yang jadi favorit Jay Chou. Roti prata diberi lembaran daun selada segar. Sementara chicken bolognese-nya sudah jadi sehingga hanya perlu dioles. Terdiri dari beberapa potongan mungil fillet ayam dengan balutan saus merah dan kental.

Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken BologneseIsian Chicken Bolognese Sandwich (Foto: dok. detikFood)

Kress! Roti prata Liang Sandwich Bar begitu renyah di luar, namun lembut dan empuk di dalam. Konon demi mendapat tekstur kerenyahan yang diinginkan, Liang Sandwich Bar melakukan penyempurnaan hingga 14 tahun lamanya.

Sementara chicken bolognese terasa empuk. Cecapan rasa manis dan asam langsung tercecap seimbang begitu kami mencoba isian ini. Sangat pas berpadu dengan gurihnya roti prata plus cacahan daun bawang.

Tak kalah menggugah selera, ada Black Pepper Chicken Sandwich (Rp 31.818) yang menghadirkan isian sama. Hanya saja primadona isian sandwich ini adalah fillet ayam berbalur saus lada hitam yang kental.

Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken BologneseIsian Black Pepper Chicken Sandwich (Foto: dok. detikFood)

Hmmmm... Aroma sedikit menusuk khas lada hitam langsung tercium begitu sandwich ini tiba. Cita rasanya yang gurih dengan hentakan pedas yang lembut pasti bikin pencinta lada hitam jatuh cinta!

Baca Juga: Gurih Mantap! Sandwich Aneka Isian yang Praktis dan Mengenyangkan

Sebagai pelengkap makan sandwich, Liang Sandwich Bar punya minuman andalan berbahan soya atau sari kedelai. Salah satunya Hot Black Tea Soya (Rp 17.273) yang disajikan dalam cup kertas.

Liang Sandwich Bar: Nyam! Renyahnya Scallion Sandwich dengan Chicken BologneseHot Black Tea Soya yang wajib dicicip di Liang Sandwich Bar (Foto: dok. detikFood)

Sari kedelainya begitu lembut, kental, dan aromanya wangi. Rasa kedelainya kuat dengan manis alami yang enak. Dipadukan teh hitam yang pekat, minuman ini ternyata unik dan enak. Oh ya, selain teh, pengunjung juga bisa cicip paduan sari kedelai dengan kopi.

Nah, kalau sore ini mau ngemil memuaskan, scallion sandwich di sini patut dicoba. Menu lainnya ada Teriyaki Chicken Sandwich, Sambal Ikan Bilis Sandwich, Mushroom & Egg Sandwich, dan Scallion Sandwich (original).

Liang Sandwich Bar
Lantai LG, Lippo Mall Puri
Lantai 5, West Mall, Grand Indonesia
Lantai LG, Mall of Indonesia
Lantai LG, Gandaria City Mall

(adr/odi)