The Pancake Co.: Buka Puasa Istimewa dengan Pancake Fluffy dari Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Mei 2019 11:35 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pencinta pancake khas Jepang bisa buka puasa istimewa di sini. Ada pancake yang mentul dan lembut dengan kucuran sirup maple. Nyamm!

Tren souffle pancake kini semakin populer di Jakarta. Salah satu yang menyediakannya adalah The Pancake Co. by DORE. Gerainya baru dibuka April 2019. Sebelumnya, merek DORE sudah lebih dulu dikenal pencinta dessert dengan kreasi cheesecake Jepang premiumnya.

The Pancake Co.: Buka Puasa Istimewa dengan Pancake Fluffy dari JepangGerai The Pancake Co. di Plaza Senayan (Foto: dok. detikFood)

The Pancake Co. membuka gerai pertamanya di lantai basement Plaza Senayan. Nuansa pastel dengan hiasan lampu neon di ruang bersantapnya menghadirkan kesan nyaman sekaligus kekinian. Tulisan "Love Is That Warm and Fluffy Feeling Inside" pun jadi spot incaran yang Instagramable, terutama bagi para millennial.

Tulisan pada lampu neon seolah menggambarkan menu primadona di sini. Souffle pancake khas Jepang yang disajikan hangat dengan tekstur fluffy. Ciri khas pancake ini ada pada teksturnya yang tebal, membal, dan meleleh saat dimasukkan mulut.

Rahasianya ada pada pemakaian adonan putih telur yang dikocok hingga mengembang layaknya souffle. Pancake juga harus dibuat saat akan disantap sehingga tekstur membalnya masih terjaga.

The Pancake Co.: Buka Puasa Istimewa dengan Pancake Fluffy dari JepangChef meracik souffle pancake di The Pancake Co. (Foto: dok. detikFood)

Kami tak melewatkan Souffle Pancakes Original (Rp 88.000). Butuh waktu sekitar 30 menit untuk mendapatkan pesanan kami mengingat banyaknya antrean kala kami datang. Karena The Pancake Co. menerapkan konsep dapur terbuka, kami bisa mengintip proses pembuatan pancake sambil menunggu pesanan tiba.

Chef terlihat menaruh adonan pancake berwarna putih di atas griddle (wajan datar untuk memanggang). Butuh waktu sekitar 5 menit untuk memanggang setiap sisian pancake. Ditandai dari permukaannya yang berubah warna jadi cokelat keemasan.

Untuk versi original, pancake disajikan bersama sirup maple, es krim vanilla, dan nama cream. Nampak dua lembaran pancake disusun berdampingan. Di atasnya ada taburan gula bubuk. Diameter pancake sekitar 10 cm dengan ketebalan 3 cm.

Nyamm! Tekstur pancake benar-benar manjakan selera. Pancake seolah kempes dan lumer begitu masuk mulut. Tercecap rasa gurih telur yang kuat pada adonan pancake. Dibanding Japanese fluffy pancake buatan Gram yang pernah kami coba, tekstur pancake di sini tak terlalu padat, namun lebih tebal.

The Pancake Co.: Buka Puasa Istimewa dengan Pancake Fluffy dari JepangSouffles Pancake Original dengan pelengkap sirup maple, es krim vanilla, dan nama cream (Foto: dok. detikFood)

Siraman sirup maple menghadirkan sensasi manis legit yang enak. Bisa juga disuap bersama es krim vanilla yang dingin dan manis. Sementara nama cream mirip whipped cream, baik rasa maupun tampilannya.

Tak usah khawatir lapar, The Pancake Co. juga menyajikan hidangan utama untuk menu buka puasa. Kami tertarik dengan Chicken Rendang Fettucine (Rp 85.000). Fettucine berlumur saus kental kecokelatan ini disajikan bersama salsa tomat, potongan paha ayam mungil, dan kari ayam. Porsinya tak terlalu besar sehingga cocok untuk mengganjal perut.

Hmmm.. Aroma gurih berempah khas rendang tercium dari sajian ini. Tendangan rasa rendangnya ternyata juga sangat kuat. Pantas saja balutan sausnya amat kental. Paling enak menyelinginya dengan suapan salsa tomat yang asam segar.

The Pancake Co.: Buka Puasa Istimewa dengan Pancake Fluffy dari JepangFettucine dengan balutan saus rendang yang gurih dan kental (Foto: dok. detikFood)

Topping rendang ayam menggugah selera karena dagingnya empuk dan juicy. Pencinta kulit ayam goreng juga akan terpuaskan dengan kulit ayam yang tebal, garing, dan super gurih di sini.

Untuk menghilangkan dahaga, The Pancake Co. punya menu andalan, Iced Uji Matcha Latte (Rp 55.000). Es matcha ini terlihat cantik dengan warna hijau muda. Rasa matcha begitu pekat, cenderung pahit. Bagi yang tak terlalu suka sensasi rasa ini, bisa menambahkan gula cair. Nikmatnya manis, pahit dan creamy berpadu jadi satu. Slurpp!

The Pancake Co.: Buka Puasa Istimewa dengan Pancake Fluffy dari JepangIced Uji Matcha Latte di The Pancake Co. untuk segarkan tenggorokan (Foto: dok. detikFood)

Selain menu di atas, The Pancake Co. juga punya pancake rasa lain seperti choco banana, choco berry, dan fruit berry. Untuk hidangan utamanya bisa cicip chciken katsu dengan kari Jpeang plus nasi, pasta classic carbonara, atau truffled steak donburi. Tentunya berbagai cake enak dari DORE By LeTao yang dipajang di depan ruang bersantap.

The Pancake Co. by DORE
Lantai B1, Plaza Senayan
Telepon: 021 57900011

(adr/odi)