Toast Box: Uniknya Sandwich dan Kaya Butter Toast Gaya Kontemporer Singapura

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 14 Mar 2019 17:10 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Toast Box baru saja membuka gerai pertamanya di Indonesia. Ada kaya butter toast gaya Singapura dan coco foam rose drink yang pas dinikmati sore ini.

Didirikan Oktober 2005, Toast Box adalah jaringan kedai kopi (coffee chain) asal Singapura yang mengusung konsep kontemporer. Gerai kopinya seperti kopitiam yang menyajikan kopi dan ragam makanan pendamping dalam balutan suasana tradisional, tepatnya di era sekitar 1960 hingga 1970.

Toast Box: Uniknya Sandwich dan Kaya Butter Toast Gaya Kontemporer SingapuraGerai Toast Box di Kota Kasablanka Foto: dok. detikFood

Gerai Toast Box perlahan merambah ke luar negeri seperti Malaysia, Taiwan, China, dan Hong Kong. Nah, awal tahun ini Toast Box akhirnya membuka gerai pertama di Indonesia, tepatnya di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Toast Box menghadirkan area dapur terbuka (open kitchen) sehingga pengunjung bisa mengintip seluruh proses pembuatan menu. Area bersantapnya juga terbuka karena bersisian dengan hall utama mall.

Untuk pemesanannya bersifat self-service alias pengunjung perlu memesan makanan sendiri di kasir sebelum bersantap. Pilihan menu Toast Box pun layaknya kopitiam lain seperti kaya toast, telur rebus, ragam teh, dan kopi.

Toast Box: Uniknya Sandwich dan Kaya Butter Toast Gaya Kontemporer SingapuraRagam pilihan menu di Toast Box Foto: dok. detikFood

Meski begitu, ada juga beberapa menu tambahan seperti sandwich dan ragam hidangan utama khas Asia. Mulai dari bubur ayam, nasi lemak, laksa Singapura, hingga mee siam.

Kami tak melewatkan kaya toast untuk 'teman' santap sore. Kali ini kami memilih jenis roti multigrain seharga Rp 30.909. Nampak lembaran roti tawar cukup tebal dipanggang di atas alat yang mengeluarkan uap panas.

Pemanggangannya dilakukan di kedua sisian roti penuh bijian ini. Butuh waktu kurang dari 5 menit untuk memanggang roti karena hanya hingga permukaan roti mengeras. Pegawai lalu sigap mengoleskan banyak selai kaya atau srikaya diselingi lembaran butter (mentega).

Toast Box: Uniknya Sandwich dan Kaya Butter Toast Gaya Kontemporer SingapuraProses pemanggangan roti di Toast Box Foto: dok. detikFood

Roti panggang ini terasa garing dan renyah di luar, namun empuk di dalam. Tercecap paduan manisnya selai berbahan santan plus mentega yang dingin sedikit gurih. Makin enak saat kami mencocolnya ke campuran telur rebus.

Di tiap meja Toast Box memang terpajang panduan menikmati kaya toast dengan telur. Kami membuktikan sendiri dengan meracik dua butir telur rebus (Rp16.000) bersama kecap asin dan lada putih. Potongan kaya toast lalu dicocolkan ke dalam campuran telur sehingga rasanya lebih unik! Pencinta telur setengah matang pasti menyukainya!

Toast Box: Uniknya Sandwich dan Kaya Butter Toast Gaya Kontemporer SingapuraChicken Ham & Cheese Sandwich untuk dicicip di Toast Box Foto: dok. detikFood

Chicken Ham & Cheese Sandwich (Rp36.364) juga menarik selera. Dua lembaran roti tawar tipis dipanggang lalu mengapit isian ham ayam dan keju. Menghasilkan sensasi gurih enak khas keju dan daging. Menyantap dua potong sandwich ini dijamin bikin perut kenyang!

Untuk menutup santapan ada secangkir Teh (Rp20.000) panas. Diracik dari teh hitam pekat dengan krimer yang manisnya ringan. Kami juga penasaran dengan Coco Foam Rose Drink (Rp35.455) yang tampilannya Instagramable.

Dalam gelas plastik tinggi, nampak sirup mawar berwarna merah terang ditambahkan busa putih di bagian atas. Sirup mawar menebar aroma wangi dengan rasa manis yang legit.

Toast Box: Uniknya Sandwich dan Kaya Butter Toast Gaya Kontemporer SingapuraCoco Foam Rose Drink dengan paduan manis dan gurih Foto: dok. detikFood

Rasa manis ini diimbangi dengan busa berbahan kelapa yang rasanya gurih mirip santan. Kami menyukai minuman ini ketika sudah diaduk.

Nah, kalau sore ini belum tahu mau santai dimana, Toast Box bisa jadi pilihan. Tak perlu takut lapar karena ada banyak hidangan utama gaya Asia di sini.

Toast Box
Kota Kasablanka, Lantai Upper Ground

(adr/odi)