Nona Judes: Tersambar Sambal Gledek Plus Fried Chicken Ala Prilly Latuconsina

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 26 Des 2018 12:42 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di sini ada fried chicken berbalut sambal pedas nonjok. Tak ketinggalan nasi bakar kecombrang yang segar dan beraroma khas. Nyam!

Prilly Latuconsina juga punya usaha kuliner ayam goreng. Berbeda dengan gerai ayam goreng milik artis lain, Nona Judes hadirkan ayam goreng tepung (fried chicken), rice bowl hingga nasi bakar cumi. Pilihan sambalnya pun cukup beragam dan unik. Mulai dari sambal matah, gledek, dan kecombrang.

Penasaran dengan rasa ayam goreng berselimut sambal pedas ala Prilly, kamipun menyambangi Nona Judes Mini. Berlokasi di Jl Otista Raya No 70, gerai ini kabarnya tak sebesar gerai Nona Judes di Petamburan. Tapi cukup mudah di sambangi. Sebab tak terlalu jauh dari halte Transjakarta Gelanggang Remaja.

Nona Judes: Tersambar Sambal Gledek Plus Fried Chicken Ala Prilly LatuconsinaFoto: dok. detikFood
Awalnya kami tak bisa menerka di mana lokasi pasti gerai ini. Sebab tak ada plang khusus di bagian depan bangunannya. Ternyata tembok serta pagar dengan paduan warna merah dan hijau tua jadi pertanda.

Pagarnya yang kecil sempat membuat kami berpikir bahwa Nona Judes Mini ini memang sesuai dengan namanya. Tapi begitu masuk, ternyata terdapat dua area santap. Keduanya terbagi dalam wilayah santap indoor dan outdoor.

Di masing-masing tempat santap, tertata rapi meja serta kursi kayu. Interiornya terbilang minimalis. Di bagian temboknya terdapat mural cabai, paprika hingga sekelompok orang yang menyantap ragam hidangan. Semuanya didominasi warna merah dan hijau tua.

Nona Judes: Tersambar Sambal Gledek Plus Fried Chicken Ala Prilly LatuconsinaFoto: dok. detikFood
Begitu melihat buku menunya, kami tertarik mencicip menu favorit yang kerap dipesan. Paket ayam Crispy (fried chicken) plus gorengan dan nasi bakar cumi kecombrang. Untuk sambalnya, kami pilih sambal gledek sebagai pendamping fried chicken.

Sekitar 10 menit menunggu, akhirnya dua pesanan kami datang. Tercium semerbak aroma cabai dan bawang putih goreng. Aromanya beradu dengan wangi sambal kecombrang yang khas. Saat itu, di menu Paket Ayam Crispy (Rp 22.000), kami mendapat potongan bagian dada ayam. Dada ayam berbalut tepung itu bertopping sambal gledek.

Nona Judes: Tersambar Sambal Gledek Plus Fried Chicken Ala Prilly LatuconsinaFoto: dok. detikFood
Masih dalam kondisi hangat, fried chicken milik Nona Judes dagingnya empuk juicy. Sedangkan bagian tepung luarnya renyah dan gurih renyah.

Dari tampilannya, sambal gledek terlihat bisa saja. Tak begitu merah menggoda serta tak memiliki pilihan tingkat kepedasan. Namun rasa pedasnya sangat nendang. Huaah! Rasanya membakar lidah. Bukannya berhenti, kami justru makin lahap memakan daging ayam, sambal, dan nasi pulen hangatnya. Sesekali kami makan bersama tempe mendoan yang gurih. Oh ya, porsi nasi di paket ini terbilang royal, lho. Jadi, dijamin kenyang. Mantap!

Nona Judes: Tersambar Sambal Gledek Plus Fried Chicken Ala Prilly LatuconsinaFoto: dok. detikFood
Selanjutnya, kami mencicip Paket Nasi Bakar Cumi Kecombang (Rp 22.000). Paket ini berisi nasi bakar, sambal kecombrang, lalapan, dan sepotong tempe mendoan. Aroma sangit khas nasi bakar tercium diselingi aroma kecombrang yang khas.

Tekstur nasinya pulen dengan isian potongan cumi asin masak kecombrang dengan beberapa potongan batang daun bawang. Selain aroma, kecombrangnya memberi rasa asam segar yang khas. Rasanya jadi semakin pedas begitu dipadu dengan sambal kecombrang yang punya warna lebih merah dibanding sambal gledek. Tapi tingkat kepedasannya masih di bawah sambal gledek.

Nona Judes: Tersambar Sambal Gledek Plus Fried Chicken Ala Prilly LatuconsinaFoto: dok. detikFood
Untuk menambah menu lain di nasi bakar ini, kamipun tertarik memesan Ceker Bomb (Rp 15.000). Menu ini berisi 12 ceker ayam ukuran kecil yang dimasak dengan sambal balado. Meski banyak, ceker yang tersaji sayangnya tak dimasak hingga lembut. Kami sulit memisahkan daging yang menempel pada ceker ayam ini. Rasanya pun terbilang nanggung, tak terlalu pedas dan tak begitu asin dan gurih.

Nah, kalau mau makan ayam goreng tepung renyah berdaging empuk juicy dengan sambal pedas nonjok, Nona Judes bisa jadi pilihan. Pencinta pedas wajib coba kepedasan sambal gledeknya, ya!

Nona Judes Mini
Jl Otista Raya No 70/19A
Telp: 021 819 2057/0857 7592 3232



Tonton juga: Fried Chicken Plus Sambal Gledek ala Prilly Latuconsina

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)