Resto Ngalam: Uenak Poll! Gurame Telor Asin dan Tahu Telor Bumbu Petis

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 14 Des 2018 12:50 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Datang saja ke restoran ini kalau kangen masakan khas Jawa Timur. Dari nasi goreng ikan teri, gurame, hingga tahu telur bumbu kacang yang enak.

Di wilayah Senayan, banyak pilihan restoran keluarga yang menyajikan 'comfort food' atau masakan tradisional enak. Salah satunya Resto Ngalam, spesialis di hidangan khas Jawa Timur, resto yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung. Ruangannya luas dan nyaman, bisa pilih makan di balkon atau di dalam.

Baca Juga: Lesehan Gurame : Mau Makan Olahan Gurame Segar yang Sedap, di Sini Tempatnya
Resto Ngalam: Uenak Poll! Gurame Telor Asin dan Tahu Telor Bumbu PetisFoto: dok. detikFood
Pilihan makanan yang ditawarkan cukup beragam. Kami memesan Ikan Gurame Telor Asin (Rp. 90.000,-), Tahu Telor (Rp. 50.000,-), dan Nasi Goreng Teri (Rp. 40.000,-).

Kurang dari 15 menit, semua makanan kami sudah tersedia di atas meja. Ternyata porsi makanan yang ada di sini cukup banyak dan royal. Aroma gurame dan desisan nasi goreng teri dari atas hotplate, semakin menggugah selera.

Pertama kami mencoba Ikan Gurame Telor Asin, sekilas tampilannya berbeda dengan hidangan telor asin pada umumnya. Di Resto Ngalam, daging gurame dibalut dengan tepung yang dicampur telur asin, kemudian digoreng hingga garing. Gurame kemudian disajikan dengan sambal korek yang pedas.
Resto Ngalam: Uenak Poll! Gurame Telor Asin dan Tahu Telor Bumbu PetisFoto: dok. detikFood
Balutan tepung telur asin membuat daging gurame menjadi gurih dan crunchy. Ada jejak rasa bawang putih, dan merica yang terasa. Tidak ada aroma amis dari ikan, dan tentunya gurame ini sudah dibersihkan durinya. Kalau suka rasa pedas yang nendang, gurame ini cocok dicocol dengan sambal korek, lalu disuap dengan nasi putih hangat.

Puas mencicipi ikan gurame, tampilan tahu telor yang meriah menarik perhatian kami. Di Resto Ngalam tahu telor terdiri dari dua ukuran, yaitu small dan large. Tahu telor disajikan dengan tahu yang dicampur telur, disajikan dengan rebusan tauge, kacang tanah goreng, selada, dan bumbu petis pedas.
Resto Ngalam: Uenak Poll! Gurame Telor Asin dan Tahu Telor Bumbu PetisFoto: dok. detikFood
Tahu telornya cukup renyah, dengan bagian lembut di dalam. Rasa gurih dari tahu telor, berpadu segar dengan sayuran dan kacang tanah goreng. Ketika diguyur dengan bumbu petis yang kental. Rasanya isemakin unik dari perpaduan manis gula jawa dan gerusan cabe. Kalau ingin lebih kenyang, tahu telor juga cocok disantap dengan nasi putih hangat bersama ikan gurame.

Terakhir ada Nasi Goreng Teri, di sini nasi goreng disajikan di atas hotplate yang masih panas. Permukaan nasi goreng ditaburi dengan bawang goreng, dan ikan teri, serta gulungan telur dadar yang cukup tebal.

Porsi nasinya cukup banyak, dan mengenyangkan. Rasa gurih dan asin terasa dari perpaduan ikan teri medan, dan teri jengki yang digoreng hingga garing. Irisan bawang putih dan merah, ditambah dengan cabe rawit iris membuat rasanya semakin nendang.
Resto Ngalam: Uenak Poll! Gurame Telor Asin dan Tahu Telor Bumbu PetisFoto: dok. detikFood
Suapan nasi goreng teri ini semakin lengkap dengan kehadiran irisan timun segar, dan kerupuk renyah. Nah, kalau mau sedikit pedas, nasi goreng ini bisa dipadukan dengan sambal korek dari ikan gurame.

Selain tiga menu di atas, Resto Ngalam juga punya menu andalan lainnya. Ada Rawon Daging, Tahu Tempe Ulek, hingga Kuah Asam Patin.

Baca Juga: Yuk, Jajan Tahu Telor Suroboyo yang Mantap di 4 Tempat Ini!

Resto Ngalam
FX Sudirman, f2 Floor.
JL. Jendral Sudirman, Pintu Satu Senayan, Jakarta.
Telp: (021) 25554050

(sob/odi)