Miting Lobster: Puas Makan Kepiting Papua Jumbo Berdaging Tebal dengan Harga Ekonomis

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 29 Okt 2018 17:07 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Di sini ada kepiting jumbo saus Padang berdaging gurih manis yang tebal. Makannya pakai tangan langsung dan bareng teman-teman. Nyam!

Ada satu tempat makan seafood yang jadi buruan banyak orang di kawasan kuliner 'Rumah Genjing'. Rumah Genjing sendiri jadi salah satu spot kuliner di wilayah Jakarta Timur yang tengah hits. Dari sekian banyak restoran yang ada di sana, Miting Lobster selalu dipenuhi pengunjung.

Alasannya karena restoran seafood itu menghadirkan kepiting berukuran jumbo dengan harga terjangkau. Karenanya kami pun penasaran dengan olehan seafood milik Miting Lobster terlebih kepitingnya.

Miting Lobster: Puas Makan Kepiting Papua Jumbo Berdaging Tebal dengan Harga EkonomisFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Begitu memasuki gerbang bertuliskan 'Rumah Genjing', pandangan kami langsung tertuju pada satu bangunan berdinding batu bata dengan beberapa jendela putih. Di sana, ada banyak orang yang keluar dan masuk. Di bagian luarnya pun terlihat banyak orang yang menikmati seafood gaya Louisiana yang diletakkan di meja beralas kertas putih dan dimakan dengan tangan.

Bagian tengah bangunan terdapat logo bertuliskan 'Miting Lobster' berukuran cukup besar. Hmmm.. Wangi gurih khas seafood langsung tercium begitu kami memasuki bangunan tersebut.

Oh ya, seluruh kursi dan meja yang ada di kawasan ini bebas dipakai oleh siapa pun asal membeli makanan dari tenan yang ada di Rumah Genjing. Jadi, meski penuh di bagian dalam, pengunjung tetap bisa menikmati seafood milik Miting Lobster di bagian luar restoran.

Miting Lobster: Puas Makan Kepiting Papua Jumbo Berdaging Tebal dengan Harga EkonomisFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Melihat menunya, hanya ada beberapa pilihan seafood. Seperti kepiting, lobster, kerang, udang, dan cumi. Semuanya bisa dipadu dengan 5 pilihan saus, saus Padang, peri peri, black pepper, garlic butter, dan telur asin dengan level kepedasan 1, 2, dan 3.

Awalnya kami tertarik pada menu 'Special Mix' yang berisi beberapa seafood. Sayangnya, menu paket yang ada, sedang kosong dan hanya tersedia pilihan Kepiting jumbo, super lobster, kerang, dan udang. Padahal kami berkunjung di siang hari dan restoran masih akan dibuka hingga pukul 11 malam.

Akhirnya kami memilih Kepiting Jumbo, Super Lobster, dan Kerang. Kepiting jumbo dan kerang bersaus Padang. Sedangkan Super Lobster berlumur saus peri peri.

Miting Lobster: Puas Makan Kepiting Papua Jumbo Berdaging Tebal dengan Harga EkonomisFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Tak sampai 10 menit, seluruh pesanan kami datang. Sang pramusaji meletakkan kertas putih di meja dan menuangkan seafood pesanan kami dari dalam panci berukuran kecil. Hmmm... Aroma saus Padangnya menggelitik hidung. Ada aroma sambal, bawang putih, dan semilir wangi daun kunyit plus daun jeruk.

Kepiting Jumbo (Rp 85.0000) ternyata memang cukup besar. Capitnya saja berukuran sebesar kepalan tangan wanita dewasa. Berdasarkan keterangan salah satu stafnya, seluruh kepiting yang ada merupakan kepiting Papua. Karena besar, kepiting jumbo tersaji dalam keadaan sudah terpotong. Yang utuh hanya bagian cangkang dan kakinya.

Miting Lobster: Puas Makan Kepiting Papua Jumbo Berdaging Tebal dengan Harga EkonomisFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Wah, daging kepitingnya terasa lembut dan manis. Apalagi saat memakan daging tebal di bagian capitnya. Enak dimakan dengan saus Padang yang tak terlalu pedas. Uniknya, saus Padang yang menyelimuti kepiting memiliki banyak cincangan bawang putih berukuran besar. Rasanya mirip-mirip dengan rasa gulai cincang. Mungkin berkat aroma daun kunyit dan daun jeruk serta beberapa rempah lain yang dipakai. Hanya saja saus ini tak memakai santan.

Untuk Kerang saus Padang (Rp 25.000) tak terasa istimewa. Porsinya terbilang biasa hanya ukuran kerang hijaunya memang besar-besar. Meski begitu, tak tercium aroma amis dari kerangnya.

Miting Lobster: Puas Makan Kepiting Papua Jumbo Berdaging Tebal dengan Harga EkonomisFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Menu terakhir yang tak kalah enak dari kepitingnya ialah Super Lobster (Rp 150.000). Menu ini berisi dua buah lobster air tawar. Ukurannya juga cukup besar. Tersaji utuh dengan saus Peri Peri level 1. Sausnya berwarna oranye kemerahan dipenuhi dengan biji cabe. Meski begitu, rasanya tak terlalu pedas, hanya pedas menggigit di lidah. Meski tak dibelah, daging lobsternya matang sempurna dan terasa lembut, manis, dan sedikit gurih. Oh ya, kami mendapat satu lobster lengkap dengan telur lobster.

Puas menyantap gurih manisnya daging kepiting jumbo ditemani semilir angin di bagian depan restoran membuat suasana makan jadi nyaman. Cocok untuk tempat nongkrong atau makan seafood murah bareng teman-teman. Pantas saja restoran ini bisa menjual sebanyak 250 hingga 300 kilogram keipiting per harinya. Satu hal yang perlu dicatat, jangan takut tangan kotor kalau makan seafood di sini!

Miting Lobster
Rumah Genjing, Jl Pramuka No 56
Jakarta Timur
Telp: 081316562548

(dwa/odi)