Gram: Rela Antre Demi 3 Tumpuk Pancake Fluffy dari Osaka

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Okt 2018 16:50 WIB
Foto: dok. detikFood
Bangkok - Pencinta pancake wajib cicip kreasi Gram dari Osaka, Jepang. Tiga tumpuk pancake fluffy yang manis lembut disajikan hangat-hangat. Nikmat!

Nama Gram Cafe & Pancakes mungkin tak asing di telinga pencinta pancake. Hadir sejak 2014 di Shinsaibashi, Osaka, gerai ini terkenal dengan kreasi pancakenya yang super lembut dan membal.

Gram menamai kreasinya Premium Pancakes yang terdiri dari 3 tingkat lembaran pancake, setebal masing-masing 4 cm. Nah, pengunjung yang mau mencicip pancake ini harus sabar sebab Gram sering membatasi penjualan pancakenya hanya dalam 3 waktu per hari.

Gram: Rela Antre Demi 3 Tumpuk Pancake <i>Fluffy</i> dari OsakaFoto: dok. detikFood

Kini gerai Gram pun sudah merambah ke banyak kota di Jepang selain Osaka. Mulai dari Kyoto, Hyogo, Tokyo, Hiroshima, Fukuoka hingga Okinawa. Sementara di luar Jepang, tahun ini Gram meresmikan gerai di Hong Kong dan Bangkok.

Saat di Bangkok kami tak melewatkan pancake populer ini. Gerai Gram ada di lantai dasar mall Siam Paragon. Datang di hari biasa ternyata tetap ada antrean pengunjung cukup panjang. Antrean terbagi dua untuk pembelian pancake dibawa pulang atau makan di tempat.

Baru hadir awal Agustus 2018, antusiasme warga Bangkok pada Gram terlihat masih tinggi. Terlebih mereka mengincar spot bersantap di Gram yang Instagramable.

Gram: Rela Antre Demi 3 Tumpuk Pancake <i>Fluffy</i> dari OsakaFoto: dok. detikFood


Layaknya piknik di kebun, suasana bersantap di Gram Bangkok serba putih dan hijau. Ini karena penggunaan tanaman hijau dan bunga mawar putih artifisial sebagai dekorasinya.

Kami perlu menunggu sekitar 1 jam untuk mendapat tempat duduk. Setelah memesan, kami masih harus menunggu lagi sekitar 20 menit karena pancake rupanya dibuat fresh saat dipesan. Ini masuk akal karena pancake ini memakai adonan putih telur yang dikocok hingga mengembang. Jadi mirip souffle. Harus dibuat saat akan disantap.

Wah, benar saja! Premium Pancakes seharga 295 baht (Rp 135.800) datang dalam keadaan hangat. Permukaan pancake yang kecokelatan kering merata permukaannya. Tampak begitu lembap dengan aroma gurih telur yang menguar. Hmmm...!

Gram: Rela Antre Demi 3 Tumpuk Pancake <i>Fluffy</i> dari OsakaFoto: dok. detikFood


Di atas tumpukan pancake ada taburan gula halus dan potongan butter cukup besar. Sementara di sisiannya terlihat whipped cream dan sirup maple.

Nyamm! Tekstur pancake benar-benar lembut dan membal. Saat dilahap pun pancake seperti kempes di mulut. Rasa gurih telur terjejak sangat kuat dari pancake, agaknya karena pemakaian banyak putih telur dalam bahannya.

Untuk mengimbangi rasa telur pada pancake, paling enak menyiraminya dengan sirup manis. Bisa juga mencocol ke butter yang sedikit gurih dan whipped cream yang juga terasa lembut ringan.

Oh ya, pancake sebaiknya disantap hangat-hangat agar cita rasanya maksimal. Mendiamkan pancake terlalu lama bisa membuat butter keburu leleh dan teksturnya tak terlalu membal lagi.

Gram: Rela Antre Demi 3 Tumpuk Pancake <i>Fluffy</i> dari OsakaFoto: dok. detikFood


Puas makan Premium Pancakes, kami menyesap Peach Smoothie seharga 115 baht (Rp 53.000). Smoothies berwarna oranye muda ini menyegarkan karena rasanya sedikit asam. Tambahan whipped cream dan sirup peach di atasnya memberi sensasi manis creamy!

Nah, kalau lagi di Bangkok, tak ada salahnya mampir ke Gram. Dijamin tak menyesal antre cukup lama demi mencicip pancake fluffy dari Osaka.

Gram Cafe & Pancakes
Siam Paragon, Lantai G (Food Hall)
991 Rama 1 Road, Puthumwan Bangkok, Thailand
Jam buka: 10.00-22.00

(adr/odi)