Pikul Coffee : Nikmatnya Nyeruput Arabika Kerinci Ditemani Kue Lupis yang Legit

Devi Setya - detikFood Senin, 01 Okt 2018 11:25 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Hari Kopi Internasional diperingati pencinta kopi dunia hari ini. Kalau ingin ngopi lokal yang nikmat sambil ngemil jajanan tradisional. Mampirlah ke Pikul Coffee di bilangan Cipete, Jakarta ini

Coffee shop ini terbilang baru karena kurang lebih beroperasi setahun lalu. Meskipun baru tapi menu kopi yang ditawarkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Pikul Coffee berlokasi di Cipete Raya, Jakarta Selatan, kawasan yang memang dikenal sebagai salah satu kawasan kuliner. Saat kami menyambanginya siang hari, coffee shop berkonsep modern minimalis ini cukup ramai.
Pikul Coffee : Nikmatnya Nyeruput Arabika Kerinci Ditemani Kue Lupis yang LegitFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Aroma harum kopi menyambut kami saat baru membuka pintu. Demikian juga suara mesin grinder kopi yang sedang menggiling kopi pesanan pelanggan.

Seorang kasir ditemani barista siap menerima order dari pelanggan. Ya, kami langsung saja memesan beberapa menu yang tertera dalam buku yang sengaja diletakkan di depan meja kasir.

Segelas hot latte dan arabika Kerinci jadi pilihan kami. Sementara untuk camilannya, Pikul Coffee ini punya menu menggoda yakni kue lupis yang tak boleh dilewatkan.
Pikul Coffee : Nikmatnya Nyeruput Arabika Kerinci Ditemani Kue Lupis yang LegitFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Sambil meracik latte pesanan kami, Djaya yang bertugas sebagai barista sesekali berkisah tentang kopi di kedai ini. Menurutnya, biji kopi selalu dijamin segar karena di-roasting sendiri. Coffee shop ini memang memiliki mesin roasting sendiri.

"Harumnya beda, kopi segar aromanya pasti masih kuat, rasanya juga," kata Djaya sambil menyodorkan kami sebungkus kopi arabika.

Dengan cekatan, pria hitam manis ini menimbang biji kopi, menggiling dan meraciknya menjadi latte, lengkap dengan latte art cantik bergambar burung.

Selesai membuat hot latte, Djaya lanjut meracik manual brew pesanan kami. Ia merekomendasikan kopi arabika Kerinci karena menurutnya kopi ini punya karakter rasa yang enak dan tidak terlalu strong.

Djaya juga menjelaskan, di kedai ini proses roasting selalu dilakukan pada pagi hari setiap Senin, Selasa, Kamis dan Jumat. Biji kopi hasil roasting ini kemudian jadi bahan baku kopi di kedai ini ataupun dijual lagi pada coffee shop atau para pencinta kopi.

"Kita kalau roasting setiap pagi, ada yang nge-roasting itu Bang Ojan. Dia salah satu yang punya coffee shop ini," lanjut Djaya sambil menuang air pada kopi arabika yang diseduh dengan teknik V60.
Pikul Coffee : Nikmatnya Nyeruput Arabika Kerinci Ditemani Kue Lupis yang LegitFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Segelas hot latte (Rp 32 ribu) di sini punya rasa yang ringan alias kopinya tidak terlalu kuat. Creamy dari busa susu juga terasa lembut membelai lidah. Meskipun tanpa tambahan gula, kopi sudah terasa manis.

Sementara untuk arabika Kerinci (Rp 30 ribu) juga tak kalah nikmat. Kopi ini punya aroma sedap, apalagi saat baru diseduh. Rasanya pun tak kalah nikmat. Untuk kelas kopi Sumatera, kopi ini punya karakter yang ramah di lidah.

Aroma semerbak kopi semakin kuat saat akan menyesapnya. Slurrp! Lamat-lamat ada rasa asam segar dan jejak rasa manis pada kopi yang ditanam di ketinggian 1500 mdpl ini. Berbeda dengan kopi lokal Indonesia Timur, untuk kopi Sumatera memang dikenal punya karakter rasa buah.
Pikul Coffee : Nikmatnya Nyeruput Arabika Kerinci Ditemani Kue Lupis yang LegitFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Jangan tambahkan gula, kopi Kerinci paling pas dinikmati dengan kue lupis. Jajanan pasar yang terbuat dari ketan ini punya rasa gurih manis yang dominan.

Siraman saus gula merah membuat kudapan ini seolah jadi jodoh pas saat minum kopi pahit. Nikmat! Apalagi disantap sore-sore.

Oiya, coffee shop ini juga menawarkan menu makanan berat. Ada Nasi Kebuli Sapi (Rp 55 ribu) untuk yang suka rasa lokal atau Dory and Fries (Rp 40 ribu) untuk yang mau menikmati makanan gaya barat.
Pikul Coffee : Nikmatnya Nyeruput Arabika Kerinci Ditemani Kue Lupis yang LegitFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Nasi kebuli sapi di sini punya rasa yang enak, tidak pelit bumbu dan juga tidak terlalu medok. Nasi yang digunakan adalah beras basmati yang berbentuk panjang dengan tekstur agak keras.

Isiannya juga ada irisan daging sapi, telur mata sapi dan pelengkap emping serta acar yang bikin rasanya semakin nikmat.

Demikian juga dengan dori and friesnya, ikan dori fillet dibalur tepung lalu digoreng deep fry. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Makin enak dimakan dengan saus mayones dan saus sambal. Yummy!

Di Pikul Coffee ini bukan hanya menjual kopi seduhan saja. Para penikmat kopi lokal bisa membeli kopi juga di sini. Ada beragam kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk kualitasnya tak perlu diragukan lagi karena Pikul Coffee hanya menjual kopi segar yang baru saja diroasting. Tergoda?

Pikul Coffee & Roastery
Jl. Cipete Raya Blok B No.7
Cipete Selatan, Cilandak
Jakarta Selatan
Telepon : 087721192210


(dvs/odi)