Udon House: Nikmatnya Abura Udon Pedas di Tempat Tersembunyi

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 27 Sep 2018 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mau menyantap udon dan donburi autentik? Mampir saja ke sini. Ada menu udon yang disajikan dengan minyak cabe, hingga chicken teriyaki manis gurih.

Wilayah Melawai memang jadi pusat banyak restoran Jepang di Jakarta. Di daerah ini ada tempat tersembunyi untuk makan udon khas Jepang, dengan harga yang cukup murah dan rasanya autentik.

Baca Juga: Slruup! Siang Ini Enaknya Makan Udon Berkuah Hangat Gurih

Kami tertarik untuk mencicipi udon di Udon House. Dari luar restoran ini sama sekali tidak terlihat, karena letaknya berada di dalam restoran Tokyo Skipjack. Tapi setelah masuk ke dalam, tempat makannya cukup luas, dengan nuansa kayu minimalis. Aroma gorengan yang gurih, langsung menyambut kami.
Udon House: Nikmatnya Abura Udon Pedas di Tempat TersembunyiFoto: dok. detikFood
Menu yang ditawarkan memang tidak sebanyak restoran udon lainnya, tapi setiap menu menawarkan ciri khas sendiri. Kami akhirnya memesan Spicy Abura Udon (Rp. 55.000,-), Niku Donburi Extra (Rp. 55.000,-), dan Chicken Teriyaki Set (Rp. 65.000,-).

Kami langsung tertarik untuk mencoba Spicy Abura Udon, udon yang satu ini dihidangkan tanpa kuah dan toppingnya cukup royal. Disajikan dengan telur setengah matang, irisan nori, chicken karaage, irisan daging tipis, yang teksturnya mirip seperti gyudon. Lengkap dengan irisan bawang bombay, dan tenkatsu.

Ketika kami coba, lapisan kuning telur langsung mulur keluar. Bagian bawah udon diisi oleh bumbu minyak cabe yang berwarna kemerahan, ketika udon diaduk hingga rata. Rasanya pedas menyengat dan sedikit manis dari kecap asin. Jejak rasa bawang putih juga terasa kuat di bumbu udon.
Udon House: Nikmatnya Abura Udon Pedas di Tempat TersembunyiFoto: dok. detikFood
Chicken karaage punya tekstur yang renyah, dan empuk di dalam. Ketika dipadukan dengan udon, rasa suapan semakin meriah dengan irisan daging sapi yang gurih manis, serta kremesan dari tenkatsu yang menambah rasa. Ciri khas abura udon ini memang terletak di minyak cabe atau chili oil khas Jepang. Kalau mau lebih pedas, bisa tambahkan bubuk cabe sesuai selera.

Kami kemudian beralih ke Niku Donburi Extra, hidangan ini merupakan versi lain dari gyudon. Niku artinya 'daging', dan donburi merupakan jenis hidangan nasi putih dengan berbagai topping lauk.

Niku Donburi Extra, dibuat dari irisan daging sapi impor Amerika. Tampilannya sederhana, disajikan dalam mangkuk dengan nasi putih hangat dan pulen. Irisan daging yang diberikan juga cukup banyak.
Udon House: Nikmatnya Abura Udon Pedas di Tempat TersembunyiFoto: dok. detikFood
Ketika dicicip, tekstur daging sapinya juicy dan tidak alot. Ada sedikit jejak rasa jahe dan bawang bombay yang membuat rasanya enak.Bagi yang tidak suka makanan pedas, makanan Niku Donburi cocok untuk dipesan.

Terakhir ada Chicken Teriyaki Set, sajian lengkap yang disertai dengan nasi putih, sup miso, dan salad sayur segar. Ayam sebelumnya dibalut dengan tepung terigu sebelum digoreng hingga garing, kemudian ayam ditumis dengan saus teriyaki.

Berbeda dengan restoran lain yang menyajikan chicken teriyaki tanpa kuah, di Udon House, chicken teriyaki tampil dengan kuah saus yang berwarna cokelat. Meski sudah ditumis, tapi ayamnya tetap renyah, dengan rasa semburat manis dan asin campuran dari kecap asin dengan jahe.
Udon House: Nikmatnya Abura Udon Pedas di Tempat TersembunyiFoto: dok. detikFood
Kuahnya sedikit kental, dan cocok disantap dengan nasi dan sup miso untuk menetralisir rasa pekat dan kuat dari saus teriyaki. Agar lebih sehat, chicken teriyaki juga enak digulung dengan selada, dan di cocol ke sausnya.

Selain menu di atas, Udon House juga menyajikan Zaru Udon, Paitan Udon, hingga Salmon Umakara. Nah, kalau tertarik dengan hidden food spot di Jakarta, tempat ini cocok untuk dicoba.

Baca Juga: Mau Bikin Donburi dan Teriyaki Seperti Buatan Resto? Ikuti Saja 6 Resep Populer Ini


Udon House
JL. Bulungan No.16
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Telp: 0813-8000-4567





Tonton juga 'Menemukan Abura Udon Pedas Enak di Tempat Tersembunyi':

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com