Rumah Putih: Ada Nasi Goreng Merah Palembang yang Gurih Wangi di Sini

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 18 Sep 2018 11:43 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di sini bisa santai di pinggir kolam renang sambil makan nasi goreng merah khas Palembang dan tekwan hangat gurih. Tempatnya nyaman dan cukup luas.

Di dekat Rumah Sakit Islam, Cempaka Putih ternyata ada restoran yang nyaman. Restorannya tampak biasa saja dari luar. Hanya terlihat plang kayu bertuliskan 'Rumah Putih' yang menggantung di bagian atas dekat pintu masuk. Sesuai namanya, interior restoran yang satu ini didominasi warna putih.
Rumah Putih: Ada Nasi Goreng Merah Palembang yang Gurih Wangi di SiniFoto: dok. detikFood
Begitu masuk, kami langsung disuguhi pemandangan yang menarik. Kami seakan memasuki sebuah rumah. Ada beberapa ruangan yang disulap menjadi ruang makan serta tempat makan outdoor lemgkap dengan sebuah kolam renang. Di bagian pinggir kolam tertata rapi meja dan kursi besi cantik berwarna putih. Tiap meja diberi kanopi berwarna merah.

Bagian ruangan ber-AC dibuat dengan interior yang cukup mewah. Meja dan kursi kayu jati tersusun di bawah lampu ruangan klasik yang biasa terpasang di rumah mewah. Restoran ini menempati rumah dua lantai. Hanya saja, bagian lantai atasnya digunakan sang pemilik sebagai tempat kost.
Rumah Putih: Ada Nasi Goreng Merah Palembang yang Gurih Wangi di SiniFoto: dok. detikFood
Berdasarkan keterangan salah satu stafnya, pemiliknya merupakan orang asli Palembang. Jadi, walau ada banyak menu yang ditawarkan Rumah Putih, sajian khas Palembang jadi andalannya.

Karenannya kami melewatkan sajian Western dan Japanese yang ada. Kami penasaran dengan rasa dua menu Palembang yang ada. Bukan pempek atau pun mie celor melainkan Tekwan dan Nasi Goreng Merah Palembang.

Nasi goreng merah sendiri sangat populer di Palembang. Di sana, menu ini biasa dijajakkan di pinggir jalan. Warna merahnya terbuat dari paduan pasta tomat ataupun tomat segar. Sehingga tercecap rasa asam. Namun Nasi Goreng Merah Palembang (Rp 50 ribu) milik Rumah Putih berbeda. Begitu datang, tercium aroma khas minyak samin yang gurih semerbak.
Rumah Putih: Ada Nasi Goreng Merah Palembang yang Gurih Wangi di SiniFoto: dok. detikFood
Nasi goreng merahnya tersaji dengan potongan telur dadar, iga goreng potong dadu, acar, emping, dan sambal goreng udang. Menggunakan beras pulen, nasi goreng dengan warna merah yang tak terlalu mencolok ini punya rasa yang gurih dan sedikit pedas. Tak tercecap rasa asam sedikitpun. Nasi goreng merah ini cocok di lidah pencinta makanan Arab dan India. Daging iga gorengnya tak terlalu gurih namun sangat lembut. Sehingga pas dimakan dengan nasi goreng merahnya. Ditambah emping dan sedikit sambal goreng udang, rasanya makin enak. Nyam!

Menu kedua yang kami coba ialah Tekwan (Rp 45 ribu). Tekwan disini termasuk lengkap. Isiannya berupa bakso ikan, suun, sedap malam bengkuang, irisan jamur kuping serta taburan bawang daun seledri dan bawang goreng. Hmm.. aroma gurih ikan dari kuah berwaran cokelat berbumbu minimalis menggelitik di hidung. Benar saja, rasanya gurih pas. Hanya saja bakso ikannya tak terlalu kenyal dan rasa ikannya kurang kuat. Namun kuah gurihnya juara apalagi setelah dipadu sambal cabe hijau dan perasan jeruk limau. Segar gurih!
Rumah Putih: Ada Nasi Goreng Merah Palembang yang Gurih Wangi di SiniFoto: dok. detikFood
Selain kedua sajian khas Palembang, kami pun tertarik mencicipi menu yang selalu jadi primadona pengunjung. Namanya Nasi Ikan Dori Telur Asin (Rp 55 ribu). Semua menunya tersaji di atas piring putih dan beralaskan daun pisang. Menu ini berbeda dengan sajian salted egg yang hits di Singapura. Tak ada aroma semerbak kari dalam sajian ini.

Uniknya, potongan fillet dori tepung yang dipadu dengan saus telur asinnya dicampur pangsit goreng ukuran kecil. Gigitan pertama, terasa kuat masir gurih telur asin segar. Bukan pasta telur asin kemasan yang dijual di pasaran. Sehingga rasa asin khas telur asin berpadu dengan renyahnya dori balut tepung. Kriuk dan creamy!
Rumah Putih: Ada Nasi Goreng Merah Palembang yang Gurih Wangi di SiniFoto: dok. detikFood
Sepertinya fillet dorinya dibalut dengan paduan tepung terigu dan tepung beras. Karena tekstur renyahnya lebih ringan. Ikan dorinya pun tak amis dan sangat lembut. Kriuk, gurih, creamy tapi lembut di bagian dalam. Menurut kami, menu ini patut dicoba kalau mampir ke Rumah Putih.

Sensasi makan ditemani suasana yang homey maupun makan di pinggir kolam renang bisa didapat jika berkunjung ke Rumah Putih. Kalau sedang ada di wilayah Cempaka Putih, bisa hang out bersama teman di sini.

Rumah Putih
Jl. Cempaka Putih Tengah I No 38
Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat
Telp: 021 4213216

(dvs/odi)