Brandt's Atelier: Mie Retek yang Mulur Gurih dan Curry Rice yang Wangi Ada di Sini

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 12 Sep 2018 17:40 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Kalau sedang di Cakung, mampir ke restoran ini. Di sana, Anda bisa mencicip Mie Retek yang mulur berkuah hangat dan nasi hot plate yang ramah di kantong.

Di dekat Aeon Mall Cakung, ada tempat makan bernama Food Garden. Tempat makan itu diisi oleh beberapa tenant. Ada satu restoran yang terlihat mencolok dari luar. Dengan interior restoran bernuansa modern dan dekorasi serba putih.

Dilengkapi kebun mini dengan dua buah kursi di bagian depan restoran. Mirip seperti tempat duduk di sebuah taman. Terlihat sangat cantik!

Brant's Atelier: Mie Retek yang Mulur Gurih dan Curry Rice yang Wangi Ada di SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Begitu kami masuk, suasananya terasa nyaman. Terdapat meja dan kursi kayu yang ditata rapi di tiga buah tempat makan. Walau tanpa sekat, ketiganya memiliki tema yang berbeda. Yang paling mencolok ialah ruang makan dengan mural sosok pria dan wanita yang tampak dari sebuah jendela rumah. Lampu hias yang berpendar membuat suasana ruang makan itu makin nyaman.

Melihat buku menunya, Brandt's Atelier menyediakan beragam hidangan Western, Asia, Italia, dan Indonesia. Mulai dari steak, hotplate rice, spaghetti hingga mie retek. Ya, hampir semua jenis makanan ada di sini.

Kami menjatuhkan pilihan pada tiga menu yang disukai pengunjung, yakni Chic N Chiz Royale, Hotplate Japanese Aus Beef Curry, dan Mie Retek Telor.

Dari ketiga sajian itu, kami sangat penasaran dengan Mie Retek Telor (Rp 20.000). Berdasarkan keterangan sang pelayan, mienya terbuat dari tepung singkong. Begitu datang, mienya berwarna putih bening layaknya bihun. Hanya ukurannya sebesar mie hokkian.

Brant's Atelier: Mie Retek yang Mulur Gurih dan Curry Rice yang Wangi Ada di SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Mienya tersaji di dalam mangkuk aluminium. Kuahnya berwarna bening keruh. Isiannya berupa mie singkong, potongan sawi, kol, dan telur rebus. Telur rebusnya dibiarkan tercampur dengan kuah Mie Retek. Begitu kami menyeruputnya, tercecap rasa gurih dan sedikit pedas.

Ternyata rasa pedasnya berasal dari beberapa cabe rawit utuh yangdicampur di dalam kuah mie. Mienya sendiri sangat lembut dan mulur. Mie retek ini dikenal dengan nama mie lethek di Jawa Tengah. Kuahnya terasa gurih saat dimakan hangat. Slrup!

Brant's Atelier: Mie Retek yang Mulur Gurih dan Curry Rice yang Wangi Ada di SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Menu kedua yang tak kalah lezat ialah Hotplate Japanese Aus Beef Curry (Rp 44.000). Sama seperti sajian hot plate pada umumnya, hotplate ini berisi nasi putih, irisan tipis daging sapi, jagung rebus, potongan jamur chmapignon, plus saus kari. Daging sapi yang dipakai merupakan daging sapi Autralia bagian perut.

Begitu kami siramkan saus kari ke atas hot plate, terdengar suara desisan saus yang terkena panasnya hot plate. Cara melahapnya ialah dengan mencampur semua bahan yang ada di dalam hot plate hingga rata. Saat itu, tercium aroma wangi kari yang sedap.

Begitu kami lahap, dagingnya ternyata sangat lembut. Rasa gurih kari bercampur dengan manisnya jagung rebus dan lembutnya irisan daging dan jamur. Makan satu porsi saja sudah bikin kenyang.

Brant's Atelier: Mie Retek yang Mulur Gurih dan Curry Rice yang Wangi Ada di SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Menu terakhir yang proses pembuatannya paling lama dibanding dua menu lainnya ialah Chic N Chiz Royale (Rp 123.000). Menu ini berisi setengah ekor ayam panggang, seporsi butter rice, chiken rocky, satu buah bruschetta, dan semangkuk kecil saus black paper. Sehingga pas dimakan untuk dua orang.

Semuanya tersaji di atas talenan kayu. Tampilannya sangat menarik. Bruscheta milik Brandt's Atelier bertopping daging ikan tuna, mayonnaise, dan smoked beef. Rasanya gurih renyah. Butter rice yang tersaji di dalam mangkuk putihnya berisi smoked beef dan bertopping potongan keju mozzarella. Rasa nasinya tak terlalu gurih.

Sementara ayam panggangnya empuk juicy. Bagian kulit ayamnya dipanggang hingga renyah. Sayangnya rasanya tak terlalu kaya, hanya tercecap rasa sedikit gurih. Karenanya harus dicocol ke dalam saus blackpaper yang sedikit pedas.

Kalau mau bersantai dengan suasana nyaman dan santapan enak, tempat ini bisa jadi pilihan saat berada di kawasan Jakarta Timur.

Brandt's Atelier
Food garden Blok A2
Jakarta Garden City
Cakung, Jakarta Timur
Telp: 082312 121 121


(dwa/odi)