Waroeng SS: Tersengat Sambal 'Pusing' plus Ayam Goreng kampung Juicy

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 20 Agu 2018 17:47 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Ada satu restoran yang tak pernah sepi pengunjung di wilayah Tanjung Duren Utara. Restoran itu menyajikan sajian tradisional dengan beragam pilihan sambal.

Tak tanggung-tanggung, Waroeng SS hadirkan 31 pilihan sambal. Semuanya bercitarasa pedas. Masing-masing diberi 'Nama Usil' alias nama julukan. Mulai dari sambal rujak, bawang, nanas muda, udang, cumi hingga terong. Nama julukannya terbilang unik, seperti hantu kiper, bingung, horor, sport hingga hati-hati.

Penasaran soal rasa pedas yang dihadirkan restoran itu, kami pun mendatangi Waroeng SS tersebut. Sayangnya restoran tersebut sangat ramai pengunjung. Sehinga kami memutuskan untuk sedikit melipir ke wilayah Greenville. Jaraknya tak jauh dari Waroeng SS cabang Tanjung Duren. Tepatnya di depan Bakoel Rasa Greenville.

Waroeng SS: Tersengat Sambal 'Pusing' plus Ayam Goreng kampung Juicy Foto: dokdetikFood
Ternyata tempatnya lebih nyaman dan luas. Dari luar, restoran ini tampak sangat menonjol dengan bangunan satu lantai berwarna oranye lembut. Ada dua pilihan ruang makan di sini, lesehan dan duduk di kursi makan.

Tersedia sajian tradisional seperti ayam kampung goreng, lele goreng, belut hingga ikan asin hingga beragam jenis ikan baik goreng maupun bakar. Pilihan sayurnya ada cah jamur, cah kangkung, sayur asem, kubis goreng hingga jamur goreng tepung.

Ada tiga menu yang jadi primadona pengunjung. Yaitu, ayam kampung goreng, lele goreng dan jamur goreng tepung. Sedangkan untuk sambalnya, sambal bawang, sambal terasi segar, dan sambal udang pedas jadi favorit.

Semua sambal yang ditawarkan dijamin kepedasannya. karenanya restoran ini membuat peraturan, "Jikalau sajian kami ternyata tidak Pedas-Panas-Berasa Mantap bisa langsung minta diganti".

Waroeng SS: Tersengat Sambal 'Pusing' plus Ayam Goreng kampung Juicy Foto: dokdetikFood
Karenanya kami pun tak sabar mencoba semua menu favorit tersebut. Kami akhirnya mengisi selembar kertas menu yang ditawarkan pelayan. Tak lama setelahnya, semua makanan yang kami pesan datang.

Semuanya tersaji dalam cobek tanah liat berukuran sedang. Untuk semua sambal tersaji dalam cobek tanah liat berukuran lebih kecil. Uniknya, Cah kangkung (Rp 6.500) dan Sambal Udang (Rp 9.000) disajikan dengan alas daun pisang.

Potongan Ayam Kampung Dadanya (Rp 20.000) terlihat biasa saja. Namun begitu kami potong dan gigit, tekstur daging ayamnya empuk. Sengaja tak digoreng terlalu garing sehingga menghasilkan citarasa yang gurih juicy. Sangat manjakan lidah. Kami memadukan ayam goreng itu dengan Sambal Bawang dengan julukan 'Goalpal' (Rp 3.000). Sambalnya sengaja tak dihaluskan. Sehingga ada banyak biji cabe yang terlihat.

Waroeng SS: Tersengat Sambal 'Pusing' plus Ayam Goreng kampung Juicy Foto: dokdetikFood
Rasanya pedas nonjok! Padahal kami hanya mencoba secuil sambal dengan potongan daging dada ayam kampung yang cukup tebal. Namun rasa pedasnya meningkatkan selera makan kami.

Kami pun mencicipi Lele Goreng ala Waroeng SS (Rp 10.000). Ada dua buah lele berukuran sedang dalam satu porsi. Masih terdengar desis minyak panas pada lele goreng ini. Pertanda kalau ikan tersebut baru saja diangkat dari wajan. Ternyata ikan lelenya digoreng garing, cocok dipadu dengan Sambal Trasi Segar alias 'Pusing'. Sesuai namanya, sambal ini memang bikin 'pusing'. Rasa pedasnya menyengat di bibir!

Waroeng SS: Tersengat Sambal 'Pusing' plus Ayam Goreng kampung Juicy Foto: dokdetikFood
Kriuk gurih ikan lelenya berpadu dengan sambal berwarna cokelat gelap yang menyengat bibir. Sambal terasi ini makin segar diberi air perasan jeruk nipis. Mantap dimakan dengan nasi pulen hangat.

Untuk mengistirahatkan lidah dengan sajian pedas ini. Kami mulai melahap cah kangkung dan Jamur Goreng Tepung (Rp 10.000). Dengan sedikit kuah dan cincangan bawang putih melimpah serta irisan cabe rawit, cah kangkung ini terasa sangat gurih. Enaknya, kangkung yang ada tak dimasak terlalu lama. Sehingga renyah saat dimakan.

Waroeng SS: Tersengat Sambal 'Pusing' plus Ayam Goreng kampung Juicy Foto: dokdetikFood
Sedangkan jamur goreng tepungnya, berisi potongan jamur tiram yang dibalut dengan adonan tepung. Tekturnya renyah diluar dan kenyal dibagian dalam. Rasanya sangat gurih. Sangat pas untuk meredakan rasa pedas. Sayangnya, Sambal Udang Pedas berlabel 'Hati-hati' tak begitu menyengat lidah. Karena hanya berisi sambal tomat dengan potongan tomat yang sengaja tak dihaluskan.

Tapi semua sajian di sini sangat ramah dikantong, rata-rata dibandrol sebesar Rp 6.000 hingga Rp 20.000. Untuk sambalnya, dibanderol mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 9.000.

Jadi, kalau ingin makan sajian pedas menyengat di wilayah Jakarta Barat, datang saja ke Waroeng SS cabang Green Ville ini. Tempatnya lebih nyaman dan luas!

Waroeng SS Greenville
Jl Greenville Blok BL no 3
Jakarta Barat
Telp: 082328979420



(dwa/odi)