Tsamara Resto : Bisa Makan Gurame Saos Thailand Sambil Piknik Seru di Sini

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Agu 2018 14:16 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Kalau mau makan enak sekaligus piknik seru, tak perlu keluar kota. Datang saja ke resto di Cibubur ini. Bisa makan enak ramai-ramai sekaligus piknik.

Area restoran yang cukup besar membuat resto ini bisa jadi tempat makan sekaligus rekreasi. Tempat ini pas dijadikan venue kumpul keluarga sekaligus mengajak si kecil bermain.

Ada area makan yang bisa dipilih sesuai selera, ada area piknik, saung lesehan, area indoor bertema romantis dan area indoor kasual. Yang paling banyak diminati yakni area piknik dan saung lesehan. Area piknik ini berupa tenda dengan meja kecil di depannya, seru!
Tsamara Resto : Bisa Makan Gurame Saos Thailand Sambil Piknik Seru di SiniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Berbagai makanan dan minuman andalan bisa dinikmati di resto ini. Ada menu paket dan menu ala carte. Hampir semua makanan bercitarasa Indonesia dan Asia.

Kami mencoba memesan gurame saos Thailand (Rp 88.000) sebagai menu utama. Ikan gurame segar ukuran sedang digoreng renyah, sementara dagingnya dipotong-potong sehingga mudah di nikmati. Pelengkapnya ada siraman saos Thailand yang rasanya pedas asam manis, ditambah irisan mangga muda yang asam kecut.
Tsamara Resto : Bisa Makan Gurame Saos Thailand Sambil Piknik Seru di SiniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Tak hanya itu, kami juga mencoba udang telur asin (Rp 40.000). Udang digoreng dalam balutan tepung lalu dicampur dengan saus telur asin. Agak berbeda dengan saus telur asin biasa, masakan ini tampil dengan warna oranye bukan kuning. Tapi tekstur creamy sedikit masir dan rasa gurih sedap mendominasi udang yang dihidangkan hangat ini.

Kalau tak suka ikan dan udang, bisa pilih menu ayam. Ada ayam saus lada hitam (Rp 45.000) yang pedas mengigit. Ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dan dimasak dengan bumbu lada hitam.
Tsamara Resto : Bisa Makan Gurame Saos Thailand Sambil Piknik Seru di SiniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Campuran bahan pelengkap mulai bawang bombay, irisan cabai dan daun bawang bikin ayam ini makin kaya rasa. Dinikmati bersama nasi putih bikin ogah berhenti ngunyah. Enak!

Kurang lengkap makan tanpa sayur pendamping. Ada taoge goreng jambal asin (Rp 25.000) yang gurih krenyes. Taoge dimasak cepat dengan bumbu tumisan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Lalu dicampur ikan jambal asin yang sudah digoreng dan dipotong dadu. Meski simpel, tumisan ini terasa spesial dan mengingatkan pada sensasi rasa masakan rumahan.

Oiya, kalau suka pedas bisa pesan sambal juga mulai sambal terasi, sambal mangga hingga sambal kecap yang pas jadi teman makan ikan bakar.

Puas makan, kami memanjakan tenggorokan dengan segelas es campur (Rp 35.000). Tampilannya saja sudah menggoda, warna-warni dengan kuah manis yang merah menggoda.
Tsamara Resto : Bisa Makan Gurame Saos Thailand Sambil Piknik Seru di SiniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Isiannya komplit khas es campur, mulai alpukat, tape, roti tawar, kolang-kaling, dan biji mutiara. Ditambah sirup cocopandan, simple syrup dan susu ketal manis. Semuanya berpadu dengan es serut yang dingin mantap. Pas banget dinikmati saat siang terik.

Selain menu tersebut, ada juga menu lain yang tak boleh dilewatkan mulai nasi pecel, sapo tahu, dendeng dua rasa, soto Betawi, bebek goreng Tsamara dan lainnya. Kalau mau makan ala liwetan juga bisa, ada paket untuk empat hingga 10 orang.

Waktu paling pas menyambangi resto ini adalah sore hari saat cuaca sudah tidak terlalu terik. Bisa makan sambil ajak si kecil berekreasi. Tak perlu keluar kota!

Tsamara Resto
Jl. Raya Hankam, Jatisampurna
Cibubur, Bekasi
Telepon (021) 21889061

(dvs/odi)