Warung Petualang: Gurihnya Karang Siring Kemuning hingga Nasi Krakatau

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 15 Agu 2018 17:05 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Makanan tradisional tak pernah membosankan apapun bentuknya. Di tempat ini ada nasi plus bebek kremes hingga mie Curug yang gurih sedap.

Dengan nuansa petualang dan pencinta alam, restoran Warung Petualang menghadirkan konsep makanan Indonesia dengan nama yang unik dan menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Untuk Kamu yang Berjiwa Petualang, Nih 14 Restoran Ekstrem yang Wajib Dikunjungi

Restoran ini berada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Ketika masuk ke dalam restoran Anda akan disambut dengan dua motor vintage, dan nuansa pegunungan dan pantai yang menghiasi dinding. Kami langsung tertarik untuk mencoba makanan yang ditawarkan di sini.
Warung Petualang: Gurihnya Karang Siring Kemuning hingga Nasi KrakatauFoto: dok. detikFood
Kami akhirnya memesan beberapa menu andalan di sini. Ada Karang Siring Kemuning (Rp. 54.000,-), Mie Curug Citambur (Rp. 26.000,-), dan Nasi Krakatau (Rp. 49.000,-).

Tidak perlu menunggu lama, semua pesanan kami sudah tersaji. Setiap makanan datang dalam porsi yang royal, lengkap dengan bendera merah putih di atasnya.

Pertama kami mencicipi Karang Siring Kemuning. Hidangan yang satu ini terdiri dari potongan bebek goreng kremes, nasi putih, lalapan, sambal korek, dan kerupuk gendar. Kremes sengaja ditaruh di sisi nasi putih, sehingga berbentuk seperti puncak gunung dengan bendera merah putih di atasnya.
Warung Petualang: Gurihnya Karang Siring Kemuning hingga Nasi KrakatauFoto: dok. detikFood
Ketika dipotong, daging bebek tidak alot dan sangat empuk. Jejak rasa kemiri dan lengkuas, terasa di lapisan daging. Daging bebek digoreng hingga garing, sehingga memiliki tekstur yang renyah dan lembut di dalam. Potongan daging bebek yang besar, semakin mantap ketika disandingkan dengan sambal korek segar yang pedas nendang.

Nasi Krakataunya terdiri dari nasi bumbu merah, ayam kremes, tahu dan tempe, disajikan dengan sambal bajak dan kerupuk gendar. Meski tampilannya serupa dengan Karang Siring, tapi Nasi Krakatau punya rasa yang khas. Karena nasinya lebih dulu dibumbui sambal merah, yang dioseng sehingga pedasnya meresap.

Nasi bumbu merah ini sangat cocok jika dipadukan dengan gurihnya ayam goreng, dan kremes gurih yang renyah. Kalau ingin tambah pedas, ayam bisa dicocol ke sambal bajak yang enak.
Warung Petualang: Gurihnya Karang Siring Kemuning hingga Nasi KrakatauFoto: dok. detikFood
Terakhir ada Mie Curug Citambur. Sesuai namanya, hidangan yang satu ini berisi mie kari ayam, yang dibentuk seperti kapal tengah melintasi curug (air terjun kecil). Di atas sumpit, terdapat bendera merah putih yang cantik.

Mie kari ini disajikan saat masih panas, terdiri dari potongan sawi, irisan daging ayam, telur rebus dan taburan bawang goreng. Ketika dicoba, tekstur mie cukup kenyal, dengan rasa kuah kari bercampur kaldu ayam. Suwiran daging ayamnya juga tidak pelit, cocok disantap ketika ingin makan yang tidak terlalu berat.
Warung Petualang: Gurihnya Karang Siring Kemuning hingga Nasi KrakatauFoto: dok. detikFood

Selain 3 menu di atas, Warung Petualang punya menu makanan lainnya yang tidak kalah menarik. Seperti Puncak Anjani yang berisi nasi liwet dan teri medan, Bukit Kintamani yang berisi ayam betutu, hingga Pisang Bakar Gunung Gede yang disajikan dengan bubuk matcha. Setiap akhir pekan resto ini juga menghadirkan pertunjukan live music yang meriah.




Baca Juga: Di Sini Kamu Bisa Makan Enak, dari Gunung Berapi hingga Pulau Terisolasi

Warung Petualang
JL. Tebet Barat Dalam No. 20.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telepon: (021) 22083843

(sob/odi)