Cerita Rasa : Di Sini Ada 3 Jenis Sate dan Nasi Goreng Cakalang yang Enak

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Agu 2018 11:41 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Di Jakarta sudah banyak restoran yang punya sajian kuliner Nusantara yang bukan hanya menang tampilan tapi juga rasanya enak. Seperti di Cerita Rasa.

Berlokasi di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, restoran ini memang tidak terlihat mencolok. Pasalnya, bangunan resto agak menjorok ke dalam, tertutup area parkir yang cukup luas.

Meski demikian, pengunjungnya banyak berdatangan, mungkin karena konsep restoran, atau karena makanannya yang memang bikin nagih. Kami pun menyambanginya.
Cerita Rasa : Di Sini Ada 3 Jenis Sate dan Nasi Goreng Cakalang yang EnakArea outdoor Cerita Rasa yang terkesan nyaman. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Area resto ini terbilang luas dengan dua pilihan ruang makan yakni indoor dan outdoor. Bagian indoor resto didesain kasual santai dengan furniture kursi rotan beralas bantal empuk. Sementara furniture bagian dalam lebih kasual elegan.

Restoran ini ternyata mengandalkan makanan Indonesia sebagai jagoan. Terlihat semua menu adalah menu khas Indonesia baik dari Barat hingga Timur.

Kami tergoda memesan menu satenya. Ada sate ayam, sate maranggi, sate lilit Bali dan sate Padang. Agar bisa mencicipi semua rasa sate tanpa membeli masing-masing porsi, restoran ini menyediakan menu mixed sate.

Paket ini berisi tiga jenis sate sekaligus dalam seporsi. Harganya Rp 129 ribu dan mendapat sate maranggi, sate ayam dan sate lilit Bali. Komplit!
Cerita Rasa : Di Sini Ada 3 Jenis Sate dan Nasi Goreng Cakalang yang EnakTiga jenis sate khas Indonesia. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Setiap jenis sate disajikan sebanyak 3 tusuk. Kami mulai mencicipnya dari sate lilit Bali yang rasanya kami anggap paling ringan. Daging ayam cincang yang dikepal pada bilih bambu terasa gurih karena dicampur bumbu dan kelapa parut. Makin mantap dinikmati dengan sambal matah yang pedas segar.

Sayang, cabainya kurang banyak jadi rasa sambalnya dominan rasa bawang.

Selanjutnya kami menjajal sate ayamnya. Daging ayam yang dipotong dadu ini punya ukuran cukup besar. Disajikan dengan baluran sambal kacang yang gurih manis. Kalau mau lebih nendang, santap juga dengan sambal rawit yang disajikan dalam wadah terpisah.

Dan yang terakhir sekaligus jagoannya ada sate maranggi. Berbeda dengan sate maranggi Purwakarta, sate daging sapi ini disajikan dengan sambal kecap seperti sate kambing.

Daging sapi terasa empuk dan juicy dengan bumbu rempah yang cukup kuat, kami merasakan jejak rasa ketumbar pada sate ini.
Cerita Rasa : Di Sini Ada 3 Jenis Sate dan Nasi Goreng Cakalang yang EnakFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Varian sate ini memang paling enak dimakan dengan nasi putih hangat.

Rasa penasaran kami masih tergelitik pada menu selanjutnya yakni nasi goreng cakalang (Rp 59 ribu). Disajikan di atas piring keramik warna biru, aroma nasi goreng ini langsung menyeruak sedap.

Kami agak terkejut dengan porsinya yang terbilang besar, campuran dalam nasi gorengnya juga cukup banyak. Ada telur, jagung, irisan daun bawang dan ikan cakalang cincang.
Cerita Rasa : Di Sini Ada 3 Jenis Sate dan Nasi Goreng Cakalang yang EnakFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Meskipun sudah dicampur cakalang, tapi nasi goreng ini juga diberi topping cakalang yang lumayan banyak. Belum lagi pelengkapnya ada sambal roa yang pedas gurih.

Puas makan, tenggorokan terasa kering. Saatnya membilas dengan minuman dingin manis yang juga menu andalan di resto ini.
Cerita Rasa : Di Sini Ada 3 Jenis Sate dan Nasi Goreng Cakalang yang EnakThe Solanum, minuman segar di Cerita Rasa. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Segelas The Solanum (Rp 39.000) siap jadi minuman penyegar usai makan. Minuman berwarna oranye merah ini adalah kombinasi terong belanda, nanas dan jeruk lalu dicampur elderflower syrup. Rasanya manis asam kecut namun menyegarkan tenggorokan. Sluuuurp!

Restoran ini juga menawarkan menu Indonesia lainnya seperti Gurame Pesmol, Ikan Bakar Manado, Nasi Goreng Lidah Sapi Kecombrang, Ayam Betutu, Mie Goreng Jawa, Bir Pletok dan lain sebagainya.

Cerita Rasa Restaurant
Jl. Ampera Raya No.9 Cilandak Timur
Jakarta Selatan
Telepon (021) 78831600

(dvs/odi)