ADVERTISEMENT

Kabuto Mazesoba: Oishi! Donburi dan Mazesoba Enak

Devi Setya - detikFood
Selasa, 24 Jul 2018 18:28 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bosan sushi dan ramen? Coba cicipi donburi dan mazesoba yang tak kalah enaknya. Makin mantap, mie tanpa kuah ini disajikan dengan banyak topping.

Menu donburi mungkin sudah terdengar lebih akrab dibandingkan mazesoba. Ya, donburi adalah hidangan nasi dengan topping berbagailauk khas Jepang yang disajikan dalam mangkuk. Orang Indonesia biasa menyantapnya, apalagi sudah banyak restoran yang menawarkan menu ini.
Kabuto Mazesoba: Oishi! Donburi dan Mazesoba Enak Foto: dok. detikFood
Tapi bagaimana dengan mazesoba? Mie ala Jepang yang disajikan tanpa kuah ini juga tak kalah nikmatnya. Satu restoran yang menyajikan dua menu ini adalah Kabuto yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Kami menyambanginya siang di akhir pekan, tepat jam makan siang, restorannya cukup ramai diisi pengunjung anak muda dan keluarga. Tak mau menahan rasa penasaran, kami langsung saja mengintip menunya.

Menu andalannya memang donburi dan mazesoba. Banyak varian menunya, doburi dengan topping daging sapi, daging ayam hingga salmon siap memanjakan lidah. Demikian juga menu mazesobanya.
Kabuto Mazesoba: Oishi! Donburi dan Mazesoba Enak Foto: dok. detikFood
Sebelum mencicip bintang utama, kami lebih dulu memilih Salmon Avocado Salad (Rp 35.000) sebagai menu pembuka. Salad hadir dalam mangkuk mungil dan berisi campuran sayuran, alpukat serta irisan salmon panggang.

Salad ini disajikan dengan dressing atau saus yang asam manis. Segar! Ditambah lagi sayurannya juga segar dan bertekstur krenyes. Sayangnya dressing yang diberikan kurang banyak.
Kabuto Mazesoba: Oishi! Donburi dan Mazesoba Enak Foto: dok. detikFood
Dari menu donburi kami memesan Kenshin Chicken Donburi (Rp 35.000). Nasi pulen khas beras Jepang ini disajikan bersama topping ayam, nori, bawang putih goreng dan daun bawang.

Daging ayam tanpa tulang ini direbus kemudian dibakar dengan blow troch untuk membuatnya terlihat seperti dipanggang. Teksturnya juicy dengan rasa gurih dan sedikit manis. Saus manis gurih khas Kabuto hanya dikucurkan sedikit sehingga kurang nendang rasanya. Supaya lebih kaya rasa, kami mencampur bawang, nori dan daun bawang sebelum disantap dengan nasi. Lebih enak!

Tak mau melewatkan mie sobanya, kami memilih Kabuto Mazesoba Beef and Foie Gras (Rp 135.000). Semangkuk mie soba hangat ini punya topping yang cukup komplet.
Kabuto Mazesoba: Oishi! Donburi dan Mazesoba Enak Foto: dok. detikFood
Mie soba yang kenyal dan lembut ini direbus lalu disajikan bersama irisan daging sapi panggang, foie gras panggang, jagung rebus, irisan rebung, nori, daun bawang dan poached egg yang dimasak setengah matang dengan sous vide.

Saking banyaknya topping, mie soba bahkan tidak terlihat jika kami tidak menyingkirkan toppingnya. Oiya, mazesoba ini juga dilengkapi bubuk ikan kering yang bisa menambah rasa gurih.

Daging sapi panggang yang turut jadi topping bisa dipilih tingkat kematangannya, kami memilih well done. Kami mencicip dagingnya yang empuk namun tidak terlalu juicy. Tapi foie grasnya terasa sangat lembut. Langsung lumer saat masuk mulut.

Supaya makin mantap, kami mengaduk mie dan semua toppingnya. Nyam! Makin sedap lagi kalau diracik dengan tambahan bubuk cabai dan soy sauce yang memang disajikan terpisah. Oishi!

Untuk yang tak suka telur setengah matang, bisa pesan tanpa telur. Pasalnya saat diaduk, telur langsung berlumur dan membuat mie beraroma agak amis. Alternatif lainnya adalah langsung mengaduk mie ini saat baru tersaji. Hangatnya mie bisa membuat telur lebih matang.
Kabuto Mazesoba: Oishi! Donburi dan Mazesoba Enak Foto: dok. detikFood
Mie soba berbeda dengan mie udon dan ramen. Mie ini punya ukuran yang lebih kecil dari mie udon namun lebih besar dari mie ramen. Teksturnya lembut dan kenyal. Mie soba juga bisa disajikan hangat maupun dingin.

Selain menu tersebut, ada juga deretan menu lainnya yang bisa dijadikan santapan. Beberapa andalannya adalah Tender Chicken Salad, Gyuu Niko Don, Beef Teriyaki Don, Mapo Tofu Rice, Masamune Mazesoba atau menu nasi kari ala Jepang.

Kalau mau merasakan sensasi makan makanan Jepang yang tak biasa, bisa coba sambangi resto ini.

Kabuto Mazesoba
Ruko Crown Golf, Blok B No.2
Bukit Golf Mediterania
Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta
Telepon (021) 22570506




Oishi! Donburi dan Mazesoba Penuh Topping Ada di Sini, tonton videonya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT