Mangan Mangan: Gurihnya Sup Buntut dan Yamien Ayam

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 12 Jul 2018 17:18 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Kangen masakan rumahan? Di sini ada aneka masakan tradisional enak. Mulai dari sop buntut yang gurih lembut hingga es kopi geprek yang manis legit.

Ada satu tempat makan yang sajikan menu tradisional namun berinterior modern di Crumble Crew, SCBD. Nama restorannya pun diambil dari bahasa Jawa yang berarti makan-makan. Tak heran kalau Mangan Mangan menyajikan beragam sajian rumahan yang lezat.

Mulai dari sop buntut, ayam kecombrang, telur balado, kikil cabe ijo, soto betawi hingga bakso dan mie yamin. Tersedia juga beberapa hidangan khas China seperti dim sum dan bacang. Berdasarkan keterangan salah satu palayan, semuanya sajian di sini merupakan resep dari sang pemilik bernama Nunik.

Mangan Mangan: Sop Buntut hingga Bacang Telur AsinFoto: dokdetikFood
Restoran ini berada tepat di seberang Cyclo Coffee. Interiornya dibuat modern minimalis. Dengan lampu bohlam yang dibiarkan menggantung langsung di beberapa tempat. Tempatnya yang dekat dengan jendela kaca, membuat nuansa makan makin nyaman. Aksen pintu berwarna merah yang dibuat sebagai sekat membuat Mangan Mangan terlihat menarik.

Karena dapurnya semi open tentu saja kami dapat mencium aroma wangi bawang putih dan kaldu yang mengeuar dari dapur. Karena ingin menghangatkan diri, kami mencicipi Sop Buntut (Rp 70.000) yang konon mantap rasanya.

Mangan Mangan: Sop Buntut hingga Bacang Telur AsinFoto: dokdetikFood
Satu porsi sop buntut di sini lengkap dengan seporsi nasi, sambal, dan emping. Slurp, gurih kaldunya terasa pas. Potongan wortel, kentang, dan kentang memeriahkan kuah sop. Daging buntut sapinya sangat lembut sehingga mudah dilepaskan dari tulangnya. Terdapat sedikit lemak yang menjadikan daging buntutnya gurih kenyal. Kalau ingin rasa kuah yang pedas, bisa ditambahkan sambal yang tersedia.

Mangan Mangan: Sop Buntut hingga Bacang Telur AsinFoto: dokdetikFood
Kami juga tak melewatkan menu unik milik Mangan Mangan, Bacang Ayam Telur Asin (Rp 35.000). Sesuai namanya, bacang ini berisi cincangan daging ayam dan telur asin. Namun terdapat sedikit irisan cabe rawit. Jika biasanya rasa bacang sedikit manis karena kecap manis yang dipakai, bacang ini justru rasanya gurih manis sedikit pedas. Olahan beras yang dibungkus daun bambu ini cukup memuaskan.

Mangan Mangan: Sop Buntut hingga Bacang Telur AsinFoto: dokdetikFood
Penasaran dengan mienya, kami pun memesan Mie Yamin Manis (Rp 35.000). Di sini, ada dua pilihan mie yamin, Yamin Asin dan Manis. Perbedaannya ada pada warna mienya, mie yamin asin punya mie berwarna putih. Sedangkan mie yamin manis berwarna cokelat karena diaduk dengan kecap manis.

Mie yaminnya tersaji dengan semangkuk kuah bakso. Mienya punya ukuran yang lebih besar, mirip seperti mie lidi atau mie hokkien. Terdapat cincangan daging dada ayam berbumbu minimalis di bagian atas mie. Mienya mulur dan bertekstur lembut. Karena mienya sudah terasa gurih cenderung manis sangat pas dipadu dengan cincangan daging ayam lembut yang tak terlalu gurih.

Mangan Mangan: Sop Buntut hingga Bacang Telur AsinFoto: dokdetikFood
Selain beragam hidangan utama, Mangan Mangan juga punya banyak hidangan penutup tradisional seperti es podeng, rujak kacang awur hingga kue panci. Kami penasaran dengan Es Podeng Ningrat (Rp 25.000) dan Es Kopi Susu Geprek (Rp 30.000). Ternyata es podengnya tak beda jauh dengan es podeng pada umumnya. Hanya terdapat potongan roti, alpukat, cincangan kacang tanah, dan cokelat meisjes.

Mangan Mangan: Sop Buntut hingga Bacang Telur AsinFoto: dokdetikFood
Namun yang istimewa ialah Es Kopi Susu Geprek. Kopi susu ini tersaji di cangkir kopi hijau zaman dulu. Isinya susu cair yang diberi bongkahan es kopi yang sudah digeprek. Lalu diberi lelehan susu kental manis. Rasa kopi susunya manis legit. Makin cair bongkahan es kopinya, makin terasa rasa kopinya.

Kalau sore ini terjebak macet di kawasan SCBD, Anda bisa santai dan mengisi perut di sini.

Mangan Mangan
Crumble Crew
Jl. Tulodong Bawah No. 1A, Senopati
Telp: 0818 08188886


(dwa/odi)