ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas Nonjok

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 09 Jul 2018 17:44 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Croissant geprek yang pedas gurih mantap hingga canelé yang legit bisa didapat di toko kue ini. Anda bisa melihat langsung proses membuatnya!

Sulit menemukan artisan bakery yang menawarkan menu unik di Jakarta. Tapi ada satu tempat yang sediakan beragam pastry khas Prancis lezat bahkan salah satunya menunya menggabungkan citarasa Prancis dan Indonesia, yakni croissant geprek.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Dikenal karena canelé dan croissant yang lezat membuat kami penasaran dengan ISCAKETORY. Apalagi ada croissant geprek yang jadi menu barunya.

Karenanya kami mengunjungi ISCAKETORY di Crumble Crew SCBD. Toko kue ini berada di sebelah Pokey Studio. Tepat di dekat tangga menuju lantai dua. Areanya sangat minimalis. Hanya terdapat beberapa kursi serta meja bundar berwarna putih di bagian depan. Diberi sentuhan warna hijau segar.

Menariknya, terdapat open kitchen yang hanya disekat dinding kaca. Sehingga pengunjung bisa melihat langsung para chef saat membuat kue.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Pengunjung bahkan diizinkan masuk ke dalam dapur. Di sana tersedia meja marmer serta tempat duduk. Bahan-bahan serta sebuah kompor kecil tertata di atas meja marmer. Sehingga saat sang chef mulai memasak di sana, pengunjung serasa berada di restoran teppanyaki.

Tersedia banyak pilihan kue, roti hingga pastry. Mulai dari croissant, canelé, quiche, carrot cake, brioche, nutella cake hingga cinnamon bread. Semuanya dibuat berdasarkan resep sang pemilik, Isaura yang pernah menimba ilmu di salah satu institusi pendidikan kuliner terbesar dunia, Le Cordon Bleu, Paris. Isaura juga memasak semua cookies maupun cake yang diinginkan pengunjung langsung di dapurnya.

Begitu datang, tercium aroma wangi mentega dan ragi yang harum. Tak lama sesudahnya beberapa butter croissant keluar dari dapur dan disajikan di atas meja display kecil. Mejanya sengaja dibuat kecil karena toko kue ini hanya menyajikan pastry hingga kue yang masih hangat.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Kami pun tergoda melihat canelé berwarna cokelat gelap yang terlihat sangat manis. Ada beberapa pilihan varian canelé. Canelé original (Rp 15.000) hingga berisi nutella, kacang almond hingga chocolate cashew. Kami memutuskan untuk mencicip canelé classic.

Saat menggigit pastry khas Prancis ini, tekstur ranyah bagian luarnya bercampur dengan tekstur custard yang lembut serta berpori. Kelembutan custard yang berpori mengingatkan kami pada kue bika ambon. Hanya saja canelé punya rasa manis legit serta renyah yang khas di bagian luarnya. Ini karena lelehan karamelnya. Kerenyahan serta tekstur lembut di bagian dalam canelé sangat manjakan lidah.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Setelah puas menyantap Canelé Original, kami memutuskan untuk mencoba Croissant Geprek (Rp 50.000). Menu baru yang terinspirasi dari sajian pedas tradisional. Menu ini bukan buatan Isaura, melainkan sang kakak, William Anderson.

Kami pun melihat proses pembuatannya langsung dengan masuk ke dalam dapurnya. Ternyata ada lima varian croissant geprek. Mulai dari Big Bang, Bae Bang, a Bang, Parisien Bang serta Indo Bang. Masing-masing menu punya empat level kepedasan. Bagi yang tidak suka pedas, bisa memilih level 0 taau Miss Sisipily. Pecinta pedas bisa memilih level kepedasan Afternoon Chill, Afternoon Delight hingga Dinner Dash.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Kami akhirnya menjatuhkan pilihan pada Parisien Bang dan Indo Bang. Croissant yang tadinya mulus mengembang digeprek dengan bagian bawah measuring cup hingga bagian atasnya yang renyah remuk. Kemudian diberi topping cream cheese plus heavy cream serta tumisan jamur Taiwan, jamur shitake, dan jamur portobello.

Setelahnya baru diberi sentuhan 'pedas'. Untuk Parisien Bang yang kami coba, diberi potongan habanero rosa serta chili flake jalapeno. Sedangkan Indo Bang, diberi potongan cabe rawit, chili powder serta sambal terasi.

Kemudian keduanya diberi taburan keju cheddar hingga mozarella dan dipanggang kembali sampai kejunya meleleh. Penampilannya sangat cantik. Kami penasaran dengan paduan citarasa tradisional dan Prancis.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Saat kami mulai memotong Indo Bang, terlihat cabe rawit serta sambal terasi yang merah menggoda. Huah, ternyata rasanya sangat pedas namun gurih. Tekstur croissantnya tetap renyah walau sudah digeprek. Kami jatuh cinta pada tumis tiga jamurnya.

Jamur Taiwannya terasa kenyal seperti daging sapi yang berserat namun juicy. Lelehan heavy cream dan cream cheesenya bercampur dengan sambal terasi dan irisan cabe rawit. Sehingga tidak hanya rasa pedas yang terasa di lidah, namun rasa gurih asin pun ada. Namun yang kami coba ini baru level satu, jadi jangan mencoba level terpedas jika tak suka pedas.

ISCAKETORY: Ada Canelé Renyah Legit hingga Croissant Geprek Pedas NonjokFoto: dokdetikFood
Sedangkan untuk Parisien Bang, rasanya lebih creamy dan tidak sepedas Indo Bang. Sehingga kami bisa merasakan kerenyahan croissantnya. Rasanya gurih sedikit pedas dan mantap!

Jadi, kalau tertarik mencicipi canelé dan croissant lezat yang ramah di kantung, tempat ini bisa jadi pilihan tepat. Selamat mencoba!

ISCAKETORY
Crumble Crew,
Jl. Tulodong Bawah Blok D No.1
Senayan, Jakarta Selatan
Telp: 0818-687-468
(dwa/odi)