Rumah Sedep: Ditonjok Pedasnya Sumsum Mozarella dan Cumi Asin Cabe

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 02 Jul 2018 16:47 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Beragam makanan tradisional yang enak dan pedas ada di Rumah Sedep. Andalannya ada cumi asin cabe, tumis kerang serta sumsum mozarella!

Ada rumah makan baru di wilayah Tebet Raya, Jakarta Selatan. Walau baru dibuka beberapa bulan, Rumah Sedep selalu ramai pengunjung. Tempatnya yang strategis membuat banyak orang tertarik untuk mampir ke restoran ini.

Konsepnya cukup unik. Menyajikan masakan rumahan yang sederhana dan pedas. Karena penasaran, kami pun mampir ke restoran yang menempati ruko tiga lantai itu.

Rumah Sedep: Ditonjok Pedasnya Sumsum Mozarella dan Cumi Asin CabeFoto: Suasana Tempat makan di lantai dua Rumah Sedep Tebet/dokdetikFood
Didesain simpel namun modern dengan paduan warna merah dan hijau. Rumah Sedep sendiri diambil dari kata 'pedes' yang dibalik jadi 'sedep'. Itu mencirikan kalau restoran milik selebgram, Rachel Vennya menyajikan sajian yang pedas.

Saat masuk, ternyata Rumah Sedep berkonsep layaknya rumah makan modern. Semua lauk tersaji di etalase kaca. Sehingga masing-masing pengunjung bebas memilih lauk. Jadi gaya prasmanan kantin.

Caranya cukup mengantre sambil mengambil nampan plastik serta sendok garpu yang tersedia. Kemudian berjalan ke bagian depan etalase dan pilih jenis nasi serta lauk yang diinginkan.

Rumah Sedep: Ditonjok Pedasnya Sumsum Mozarella dan Cumi Asin CabeFoto: Beragam sajian tradisional tersaji di dalam etalase kaca/ dokdetikFood
Ada dua jenis nasi yang tersedia. Nasi putih dan nasi merah. Pilihan lauknya pun lauk rumahan. Mulai dari oseng kangkung, sayur asem, kikil, tempe orek, tumis daun melinjo, cumi asin cabe, tumis kerang, olahan ayam hingga sumsum tulang mozarella.

Tersedia juga dua pilihan sambal yaitu sambal matah dan sambal terasi. Beberapa gorengan seperti bakwan jagung, martabak telur serta tahu goreng juga tersedia sebagai pelengkap.

Saking banyaknya menu yang tersedia, kamipun memutuskan untuk mencoba sajian andalan Rumah Sedep. Awalnya kami mencoba Nasi Merah (Rp 9.500) yang dipadu dengan Tumis Kulit Melinjo (Rp 12.500), Cumi Asin Cabe (Rp 12.500), dan Kikil (Rp 10.000).

Rumah Sedep: Ditonjok Pedasnya Sumsum Mozarella dan Cumi Asin CabeFoto: Nasi merah dengan Cumi Asin Cabe, Kikil, dan Tumis Daun Melinjo Rumah Sedep/dokdetikFood
Warnanya sangat menggoda. Hmm.. Aroma cumi asin cabenya menusuk hidung. Tercium aroma pete dan cabe yang menyengat. Ternyata cumi asin cabe ini memang dipadu dengan pete. Kami menemukan beberapa irisan pete di dalamnya.

Tekstur cumi asinnya sangat empuk dan tidak amis. Rasanya sedikit pedas namun cenderung gurih serta tercecap rasa khas pete. Makin enak dipadu dengan tumis kulit melinjo yang dicampur dengan teri Medan. Sayangnya kikilnya tidak terlalu lembut serta bumbunya kurang meresap.

Rumah Sedep: Ditonjok Pedasnya Sumsum Mozarella dan Cumi Asin CabeFoto: Nasi putih dengan Tumis Kerang, Kangkung, dan Cumi Tinta Rumah Sedep/dokdetikFood
Selain Cumi Asin Cabe, Cumi Tinta (Rp 12.500) juga jadi andalan di sini. Namun menurut kami, rasa serta aroma cumi asin cabe lebih nikmat. Walau daging cumi asin di menu berwarna hitam ini sama sama bertekstur lembut.

Selain olahan cumi, Tumis Kerang (Rp 12.500) di sini patut dicoba. Walau tampak biasa, kerangnya terasa lembut dan tidak amis sama sekali. Tercecap aroma daun jeruk yang segar. Enak dipadu dengan Sambal Matah (Rp 3.500). Tumis kerangnya jadi terasa pedas segar.

Rumah Sedep: Ditonjok Pedasnya Sumsum Mozarella dan Cumi Asin CabeFoto: SuMo, sum sum mozarella Rumah Sedep/dokdetikFood
Kami juga tidak melewatkan SuMO alias Sum Sum Mozarella (Rp 42.000). Tampilannya sangat menggoda. Sumsum tulang yang sudah dibelah diberi saus tomat mirip saus bolognaise. Namun diberi potongan cabe rawit dan lelehan keju mozarella. Huah.. pedasnya nonjok!

Sumsum tulang serta saus dan keju mozarellanya meleleh di mulut. Paduan rasa asam tomat, pedasnya cabe serta gurih keju dan sumsum menyatu. Pas dimakan dengan Nasi Putih (Rp 5.500) hangat.

Kalau kangen dengan masakan rumahan yang enak, tidak ada salahnya mampir ke Rumah Sedep. Apalagi kalau suka yang pedas. Sebelum datang sebaiknya reservasi dulu, ya. Supaya kebagian tempat.

Rumah Sedep
Jl Tebet Raya No 58B
Jakarta Selatan
Telpon: 0811 1044494




(dwa/odi)