Koba Korean BBQ : Mantap! Sumo Noodle dan BBQ Daging Korea Rasa Lokal

Devi Setya - detikFood Senin, 11 Jun 2018 13:10 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Bagi pencinta kuliner Korea namun tidak terlalu suka rasa yang autentik, bisa mampir ke sini. Makanan gaya Korea di sini sudah disesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia.

Koba Korean BBQ memiliki dua cabang yakni di Summarecon Mall Bekasi dan di Living World Alam Sutra. Kami berkesempatan menyambangi cabang restoran yang di Bekasi.

Areanya cukup luas, ada bagian indoor maupun area outdoor. Sejak dibuka akhir tahun 2017, restoran ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat menjelang buka puasa.
Koba Korean BBQ : Mantap! Sumo Noodle dan BBQ Daging Korea Rasa LokalSuasana restoran Koba di Bekasi/Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Restoran ini memang mengusung konsep gaya makan kasual a la Korea. Untuk merasakan sensasi makanan Korea restoran ini, kami memesan beberapa menu andalannya.

Sebelum menu disajikan seperti di restoran Korea lain, lebih dulu kami disuguhi banchan. Beberapa makanan pembuka khas Korea. Mulai salad, kimchi, kentang dan terung yang disajikan dalam porsi kecil.
Koba Korean BBQ : Mantap! Sumo Noodle dan BBQ Daging Korea Rasa LokalBanchan, appetizer ala Korea yang dissantap selagi menunggu hidangan utama/Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Menu pertama yang kami pesan adalah Koba Sumo Noodle Chicken (Rp 109.000) . Mie yang disajikan bersama berbagai pelengkap yang dihidangkan dalam pan. Semuanya disajikan dalam keadaan mentah. Menu ini dihidangkan lengkap dengan kompor portable.

Api kecil pada kompor perlahan membuat kuah mie mendidih dan mematangkan bahan makanan di dalam wajan. Mie kuning ini dilengkapi dengan jamur enoki, sawi, sosis, irisan daging ayam, kimchi, tahu putih hingga telur ayam.

Oiya, untuk kuahnya juga bisa dipilih kuah pedas atau kaldu ayam gurih. Karena lebih menggoda, kami memilih kuah pedas. Proses memasaknya tidaklah lama yakni sekira 10-15 menit. Sensasi seru seperti menyantap shabu-shabu. Semuanya panas mengepul!
Koba Korean BBQ : Mantap! Sumo Noodle dan BBQ Daging Korea Rasa LokalSumo noodle yang berkuah pedas gurih/Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Saat sudah matang, makanan bisa dipindahkan ke dalam mangkuk kecil yang sudah disediakan. Nyam! Rasa pedas gurih kuah mie terasa enak dan cocok dimakan bersama isian pelengkapnya.

Sekilas mie ini mirip dengan ramen gaya Jepang namun kuahnya lebih kental dan memiliki sensasi pedas asam dari kimchi. Porsinya yang besar memungkinkan mie ini bisa disantap 2 hingga 4 orang.
Koba Korean BBQ : Mantap! Sumo Noodle dan BBQ Daging Korea Rasa Lokalwoo sam gyup, daging sapi iris khas Korea yang enak dimakan dengan cara ssambap/Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Pesanan kami lainnya adalah woo sam gyup (Rp 99.000). Irisan daging sapi bagian brisket yang disajikan dengan saus spesial dari Koba.

Dalam seporsi irsan tipis daging ini beratnya 120 gram disajikan dengan saus spesial yang rasanya gurih asin bertabur wijen.

Sudah siap memasaknya? Pelayan akan dengan sigap membawakan bara api arang yang nantinya digunakan untuk memanggang daging. Bara ini dimasukkan dalam celah meja yang sudah didesain khusus.

Di atasnya ada pan grill datar yang siap digunakan. Tak perlu menunggu lama, langsung saja taruh irisan daging sapi ini di atas pan grill. Asap dan suara mendesis dari panggangan, menebarkan aroma gurih lemak daging. Sedap!

Daging barbekyu gaya korea disantap dengan daun yang disebut ssambap, selada segar dan daun perilla. Ditambah irisan cabai dan bawang putih.

Bungkus daging dengan daun ini lalu beri cocolan saus khas dan santap segera. Kriuk segar daun selada dan perilla berpadu dengan gurih hangat daging panggang. Apalagi ditambah sensasi pedas menggigit dari cabai hijaunya.
Koba Korean BBQ : Mantap! Sumo Noodle dan BBQ Daging Korea Rasa LokalFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Resto ini menyediakan beberapa pilihan dessert. Kami memilih Gangnam Koba Bingo (Rp 25.000). Disajikan dalam mangkuk kecil, dessert ini berisi es susu yang diserut lalu diberi topping buah melon, semaangka, jagung manis dan nata de coco.

Pelengkapnya ada es krim lembut manis rasa jeruk. Biar makin nikmat, guyur dulu dengan susu yang disajikan terpisah.Sluuurp! Manis segar es serut ini langsung terasa di seluruh rongga mulut. Semburat asam segar es krimnya juga makin bikin enak.

Selain menu di atas, Koba juga memiliki menu lainnya seperti nasi dengan beef bulgogi, korean beef fried rice, kimchi fried rice hingga kimbab.

Hampir semua menu di restoran ini memiliki porsi besar jadi lebih cocok disambangi beramai-ramai dengan teman maupun keluarga. Yuk, makan makanan Korea enak di sini!

Koba Korean BBQ
Summarecon Mall Bekasi, Lantai Ground
Jl. Ahmad Yani, Bekasi Utara
Telepon : (021) 2129572670

(dvs/odi)