Sama Dengan: Semerbak Nasi Ayam Kecombrang yang Mantap

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Jun 2018 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sama Dengan punya konsep unik dan makanan modern yang beragam. Dengan interior diisi tanaman hidup di dalamnya, berbuka puasa di sini serasa berada di tengah kebun.

Kafe Sama Dengan ini berlokasi di wilayah Kalibata, Jakarta Selatan. Konsepnya terbilang modern dan kekinian. Dari luar pengunjung akan melihat banyak aneka tumbuhan hidup yang menghiasi setiap sudut ruangan, hingga ke langit-langit kafe.

Baca Juga: Cicipi Nasi Harum Bercampur Kecombrang di 5 Tempat Ini
Sama Dengan: Semerbak Nasi Ayam Kecombrang yang Mantap Foto: dok. detikFood
Area makannya tidak terlalu luas, namun cukup nyaman dengan nuansa artistik. Sesuai konsepnya, Sama Dengan memiliki banyak menu andalan kopi, yang melalui proses roasting sendiri. Selain itu ada juga makanan berat hingga camilan ringan.

Kami langsung memesan Ice Caffe Latte Samadengan (Rp. 33.000,-) sebagai menu kopi andalannya. Es kopi ini disajikan cukup cepat, kurang dari lima menit setelah dipesan. Aroma kopi lamat-lamat tercium. KArena latte racikannya maka rasanya dominan susu dan manis. Jejak kopi hanya lamat-lamat. Cocok bagi orang yang suka kopi manis.
Sama Dengan: Semerbak Nasi Ayam Kecombrang yang Mantap Foto: dok. detikFood
Setelah itu kami memesan Nasi Ayam Kecombrang (Rp. 45.000,-), Pan Seared Dori (Rp. 57.000,-), dan Chicken Szechuan (Rp. 30.000,-) sebagai pelengkap. Semua porsi makanan cukup besar. Jadi bisa dinikmati berdua atau bertiga.

Nasi Ayam Kecombrang, irisan daging fillet ayam, dibakar dengan bumbu kecap yang manis gurih. Nasi ayam disajikan dengan telur mata sapi, tumisan paprika merah dan jamur, lengkap dengan bumbu kecombrang segar.

Tekstur ayam empuk, dengan bumbu gurih yang meresap sempurna ke bagian dalam daging ayam. Kecombrang memberi aroma segar lemon jahe dan rasa asam yang enak. Apalagi dipadukan dengan tumisan paprika dan jamur.
Sama Dengan: Semerbak Nasi Ayam Kecombrang yang Mantap Foto: dok. detikFood
Sedangkan Pan Seared Dori merupakan 'one dish meal'. Berupa dua potong fillet ikan dori dibalut dengan tepung tipis. Disajikan dengan mashed potato dan udang, serta green salad vegetable yang segar.

Baca Juga: Ini Trik Bikin Pan-seared Ayam dan Salmon a la Resto dari Chef Gary Rhode

Tekstur ikan dori sangat lembut dan ringan. Rasa gurih ikan, dipadukan dengan mashed potato yang didominasi rasa garam dan merica yang gurih. Sayuran segar jadi pelengkap makanan, ada selada, jagung muda, tomat cherry, dan buncis tumis.

Puas menyantap Pan Seared Dori, kami mencoba makanan terakhir, Chicken Szechuan. Makanan ini cocok sebagai camilan, atau hidangan pelengkap. Potongan dadu daging ayam dibalut dengan tepung dan digoreng hingga garing. Mirip chicken popcorn.
Sama Dengan: Semerbak Nasi Ayam Kecombrang yang Mantap Foto: dok. detikFood
Nah, nama Szechuan dalam menu ini tak terwakili dengan saus cocolan yang berupa saus sambal. Bayangan kami ayam akan pedas menyengat karena lada szechuan. Tetapi kurang nendang sengatan pedasnya.

Selain menu tadi ada juga menu andalan lainnya. Seperti Beef Burger, Cordon Bleu, Nasi Bali, Vegetable Springroll, Bitter Ballen, hingga aneka kue enak seperti Carrot Cake hingga Affogato.

Sama Dengan punya makanan dan pelayanan yang baik. Tempatnya juga unik, cocok untuk tempat berfoto di Instagram. Kalau akhir pekan pengin nongkrong sambil buka puasa, tempat ini bisa jadi pilihan.




Sama Dengan Coffee
Jalan Raya Kalibata No.1.
Kalibata City Square, Tower Flamboyan CL:18-20. Jakarta Selatan.
Telepon: 0817-0700-703

(sob/odi)