Makanan Pesisir Jawa Tengah

Nasi Kentjana: Ada Nasi Bogana dan Nasi Pantura yang Sedap di Kafe Kekinian Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 20 Apr 2018 18:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Racikan nasi campur Nusantara selalu bikin kangen. Di kafe kekinian ini ada nasi bogana dan nasi pantura berlauk lengkap yang sedap!

Sejak 2010, Nasi Kentjana fokus menawarkan aneka nasi campur tradisional Indonesia dengan harga cukup terjangkau. Baru-baru ini Nasi Kentjana membuka gerai di kawasan Wolter Monginsidi.

Lokasinya tepat berada di samping Restoran Mandala. Bangunannya tidak terlalu besar namun terasa unsur 'kekinian'-nya. Dinding putihnya dihiasi mural bertema makanan yang cantik buatan Chiki Fawzi, anak pasangan Marissa Haque dan Ikang Fawzi.

Nasi Kentjana: Ada Nasi Bogana dan Nasi Pantura yang Sedap di Kafe Kekinian IniBegini suasana kafe Nasi Kentjana. Foto: dok. detikFood

Mengintip menunya, nasi campur dari berbagai daerah Indonesia jadi fokus utamanya. Meski ada juga menu lain seperti ayam geprek yang sedang ngetren.

Kami tak melewatkan Nasi Bogana (Rp 34.000) khas Tegal yang jadi menu favorit Nasi Kentjana. Tampilannya cantik karena nasi dicetak bentuk tumpeng mini dengan lauk pelengkap di sekelilingnya.

Nasi Bogana dengan paduan lauk komplet yang mengenyangkan.Nasi Bogana dengan paduan lauk komplet yang mengenyangkan. Foto: dok. detikFood

Terlihat ayam opor suwir, sambal goreng ati, orek tempe kacang panjang dan setengah butir telur goreng. Nasinya empuk dan pulen dengan paduan lauk yang menggugah selera. Kami menyukai suwiran ayam opor yang empuk dan gurih meresap.

Sambal goreng hatinya juga lumayan enak dengan rasa sedikit pedas. Nikmat disuap bersamaan dengan nasi dan opor ayam. Porsinya yang royal membuat sajian ini sangat mengenyangkan untuk makan siang.

Nasi Pantura (Rp 40.000) yang terinspirasi wilayah pantai utara Jawa tak kalah menarik perhatian. Nasi daun jeruk dikelilingi lauk empal suwir, tumis cumi gurih, tumis jambal, kentang balado dan telur kecap.

Nasi Pantura yang enak dengan paduan lauk sedap.Nasi Pantura yang enak dengan paduan lauk sedap. Foto: dok. detikFood

Suwiran empal berwarna cokelat gelap ini begitu empuk. Jejak rasa manis dan gurihnya seimbang. Sangat enak dipadukan nasi jeruk yang harum aromanya.

Karena pencinta cumi, kami tak melewatkan tumis cumi di Nasi Pantura. Berupa irisan cumi kecil yang ditumis bersama cabai sehingga gurih sedikit pedas. Untuk menambah nafsu makan, tumis jambal juga menarik karena rasanya asin enak.

Tempe mendoan.Tempe mendoan. Foto: dok. detikFood

Masih kurang kenyang? Ada tempe mendoan (Rp 15.000) yang gurih empuk sebagai pendamping sajian nasi campur Nusantara. Lembaran tempe agak tebal digoreng 3/4 matang. Pendampingnya cocolan sambal kecap yang nikmat.

Nasi Kentjana: Ada Nasi Bogana dan Nasi Pantura yang Sedap di Kafe Kekinian IniPisang Janda Kesusu. Foto: dok. detikFood

Untuk menutup santapan, kami mencoba Pisang Janda Kesusu (Rp 18.000). Pisang goreng tepung diberi topping parutan keju cheddar royal dan susu kental manis. Rasanya layaknya pisang goreng rumahan dengan sensasi gurih legit dari pemakaian keju.

Nasi Kentjana: Ada Nasi Bogana dan Nasi Pantura yang Sedap di Kafe Kekinian Ini Es cincau. Foto: dok. detikFood

Nasi Kentjana juga punya banyak menu minuman. Seperti es cincau (Rp 22.000) dan es cendol (Rp 22.000) yang segarkan tenggorokan. Paduan santan dan gula merah pada dua minuman ini terasa manis menyegarkan. Slurrpp!

Kalau kamu kangen aneka nasi Nusantara, Nasi Kentjana bisa jadi pilihan tepat. Selain nasi bogana, di sini ada nasi pedas ala Kuta, nasi cumi ala Madura dan nasi campur ala Pakuwon.

Nasi Kentjana
Jl. Wolter Monginsidi No. 78, Senopati
Telepon: 021 82424244



(lus/lus)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu