Bakaro Grill : Gurih Renyah Grilled Beef Bowl yang Dibakar Pakai Semburan Api

Devi Setya - detikFood Selasa, 03 Apr 2018 12:30 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Bosan dengan daging bakar biasa? Coba datang ke Bakaro Grill. Di sini daging sapi dan ayam dibakar pakai alat khusus namanya flame thrower.

Sensasi enak sekaligus seru bisa didapatkan saat datang ke Bakaro Grill. Tempat makan ini menawarkan suguhan daging dan ayam bakar yang dimasak dengan alat khusus.

Daging bukan diolah dengan alat panggang biasa atau alat blow troch, melainkan dengan alat khusus bernama flame thrower yang menyemburkan api cukup besar.
Bakaro Grill : Gurih Renyah Grilled Beef Bowl yang Dibakar Pakai Semburan Api Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Tak banyak pilihan menu di tempat ini karena sepertinya sang pemilik ingin fokus pada beberapa menu andalan saja. Pilihannya ada daging sapi dan daging ayam. Sementara level pedasnya bisa disesuaikan dengan selera mulai dari level 1 sampai level 5.

Kami memesan Grilled Beef Bowl level 2 dan Grilled Chicken Bowl original tanpa level pedas.

Selesai menyampaikan pesanan dan membayar di meja kasir, pesanan kami langsung dibuat. Karena mengusung konsep open kitchen, kami bisa melihat jelas bagaimana proses pembuatannya.

Daging ditumis bersama bawang bombay di wajan datar ala teppanyaki. Pegawai yang bertugas memasak, dengan lihai mengaduk tumisan ini. Di sela proses memasak ini, dikucurkan saus khas racikan Bakaro Grill.
Bakaro Grill : Gurih Renyah Grilled Beef Bowl yang Dibakar Pakai Semburan Api Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Proses masak tak selesai sampai di situ, karena tahap penting proses memasak baru saja dimulai. Pegawai lalu mengambil alat dengan selang panjang kemudian menyulut ujungnya dengan api dan wusss api keluar membakar daging di wajan datar.

Semburan api dari flame thrower ini perlahan membuat daging terbakar dan berubah warna. Tak lama, hanya beberapa menit saja, daging siap disajikan. Ups! Aroma gurih daging dan bumbupun menguap tercium gurih enak.

Dalam paper bowl, sudah terisi nasi putih hangat. Kemudian daging disajikan di atasnya. Disertai dengan sambal sesuai level kepedasan serta ditaburi wijen dan irisan mentimun. Grilled beef bowl siap disajikan!
Bakaro Grill : Gurih Renyah Grilled Beef Bowl yang Dibakar Pakai Semburan Api Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Untuk membuat Grilled Chicken Bowl caranya juga sama. Namun karena kami memesan varian original, jadi tidak disajikan dengan saus sambal tambahan.

Tak sabar, mumpung masih hangat kami langsung mencoba keduanya. Grilled Beef Bowl (Rp 25.000) yang tersaji di depan kami mengeluarkan aroma gurih. Benar saja, daging sapi iris ini punya paduan rasa manis, gurih dan pedas dari sambal.

Tekstur dagingnya juga sangat empuk jadi enak dikunyah. Belum lagi sensasi aroma bakaran yang membuat daging makin enak. Daging yang digunakan ternyata daging impor premium. Meskipun kepedasannya hanya level 2 tapi menurut kami sudah cukup pedas. Makin mantap jika disantap bersama nasinya. Nyam!
Bakaro Grill : Gurih Renyah Grilled Beef Bowl yang Dibakar Pakai Semburan Api Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Sedangkan Grilled Chicken Bowl (Rp 15.000) tersaji tanpa sambal. Karenanya kami bisa meraskan ayam bakar yang manis dan gurih seimbang rasanya. Sekilas mirip chicken yakiniku. Daging ayamnya dipotong sedang sehingga bumbu bisa terserap hingga dalam dagingnya. Teksturnya juga empuk dan tidak kering.

Makan seporsi menu ini sudah cukup membuat perut kenyang, tapi kalau merasa kurang bisa pesan size large. Ya, porsinya lebih besar. Nasi dan daging atau ayamnya juga lebih banyak.

Untuk ukuran large ini harganya berbeda. Grilled Beef Bowl besar Rp 34 ribu sementara Grilled Chicken Bowl besar Rp 21 ribu.

Karena terletak di dekat Kampus UIN jadi pembelinya banyak datang dari kalangan mahasiswa. Namun tak jarang terlihat banyak anak muda dan keluarga yang mampir menikmati daging bakar anti mainstream ini.

Bakaro Grill
Jl. Ir. H. Juanda No. 164, Ciputat Timur
Tangerang Selatan
Depan Kampus UIN Syarif Hidayatullah
Telepon : 087808558887




(dvs/odi)