Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 26 Mar 2018 17:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sore ini melintas di Cipete? Mampir saja ke Kedai Kopi Tenong untuk bersantap. Ada aneka minuman kopi, camilan hingga makanan lengkap untuk mengisi perut.

Ada banyak kedai kopi di Cipete Raya yang bisa disambangi untuk bersantai. Salah satu yang terbaru adalah Kedai Kopi Tenong. Bangunannya menempati bekas restoran KoenoKoeni Hotpot yang kini sudah tutup. Ruangan dalam kedai kopi rupanya menyatu dengan toko batik.

Kesan vintage sekaligus etnik langsung terasa begitu masuk ke dalam. Ada motor antik yang dipajang di dekat pintu masuk. Sementara di salah satu sisinya terpajang poster-poster wanita China zaman dulu.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Mungkin konsep ini menyesuaikan nama 'tenong' yang juga vintage dan etnik. Tenong merupakan wadah makanan bulat, mirip rantang, yang kini hanya ada di acara-acara adat daerah tertentu. Tenong bisa dibuat dari bambu, kayu, anyaman, tembaga, sampai logam perak dan kuningan.

Soal menunya, Kedai Kopi Tenong sajikan minuman kopi dari biji kopi asli Indonesia. Mereka memakai kopi dari salah satu roaster ternama tanah air. Diantaranya kopi Malabar, Mandheling, Toraja, Flores hingga Minang Solok.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Pemakaian biji kopi ini berbeda setiap harinya. Dipakai untuk Espresso, Americano maupun Vietanamese Black Coffee. Juga minuman kopi dengan susu seperti piccolo, cappuccino dan mochaccino.

Saat kami mampir sedang ada promo pembelian gado-gado gratis Es Kopi Susu Tenong (Rp 19.000). Porsi gado-gado gaya Surabaya ini cukup banyak dengan isian pipilan jagung, kacang panjang, labu, mentimun, potongan tahu dan telur rebus.

Tak ketinggalan taburan bawang goreng dan kerupuk aci sebagai pelengkap. Baluran bumbu kacang gado-gado cukup royal dan merata di permukaan sayuran. Rasanya gurih ringan dan tak terlalu pedas. Enak dipadukan dengan renyahnya sayuran.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Sementara es kopi susunya dibuat dari biji kopi Minang Solok saat kami mampir. Tingkat keasaman dan kemanisan kopi tak terlalu terasa karena sudah bercampur es dan susu. Secara keseluruhan es kopi susu ini menyegarkan tanpa rasa manis susu atau gula yang berlebihan.

Kami juga mencicip Iced Salted Caramel Latte (Rp 35.000). Berupa latte dingin yang diberi sirup salted caramel di sekelilingnya. Sayangnya rasa manis asin khas salted caramel tak berpadu baik dengan kopi karena sirupnya menempel di dinding gelas.

Pilihan minuman lain di sini adalah minuman herbal atau sejenis jamu. Ada yang tersedia dalam racikan hangat maupun dingin. Salah satunya Teh Tolak Angin (Rp 22.000) yang menyegarkan badan. Cocok dihirup saat tubuh kurang fit.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Santai sore kami ditemani pastel empuk. Isian kentang, telur, daging dan sayurannya enak dipadukan dengan cocolan sambal kacang. Bisa juga sambi menggigit cabai rawit hijau yang pedasnya 'nyelekit.'

Bakwan jagung, bakwan sayuran dan tempe mendoan (@ Rp 15.000) juga bisa dipesan. Gorengan gurih ini tersaji hangat dengan pendamping cabai rawit hiijau yang nikmat.

Kedai Kopi Tenong: Bersantai Sambil Cicip Gado-gado dan Es Kopi di SiniFoto: dok. detikFood

Nah, sudah ada ide tempat ngopi sore ini? Kalau belum, mampir saja ke Kedai Kopi Tenong!

Kedai Kopi Tenong
Jl. Cipete Raya No. 8A, Fatmawati
Telepon: 021 22705821

(adr/odi)