Okuzono : Nikmatnya Ebi Kakiage Udon dan Pirikara Tofu di Resto ala Izakaya

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Mar 2018 12:10 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Okuzono Japanese Dining baru buka November 2017 lalu namun antusiasme foodies yang datang sudah sangat banyak. Selain makanan enak, restoran ini juga menawarkan suasana makan a la izakaya.

Restoran Jepang baru ini berlokasi di Jalan Suryo, Jakarta Selatan. Bagian interior restoran mengusung konsep modern namun tetap menghadirkan sisi tradisional Jepang dengan banyak menggunakan material kayu.

Yang tak kalah unik, pengunjung bisa merasakan sensasi makan secara private di area tatami yang dipisahkan oleh sekat. Jadi serasa bersantap di resto tradisional Jepang.
Okuzono : Nikmatnya Ebi Kakiage Udon dan Pirikara Tofu di Resto ala IzakayaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Tak mau berlama-lama, kami langsung melirik deretan makanan yang ada di daftar menu. Makanan andalannya antara lain pirikara tofu, chicken katsu vege, ebi kakiage udon dan yaki onigiri mentai.

Sementara deretan signature drinknya antara lain mango lime, apple mint, genmaicha iced dan hijicha iced. Dua minuman terakhir itu adalah teh asli Jepang yang punya rasa khas.
Okuzono : Nikmatnya Ebi Kakiage Udon dan Pirikara Tofu di Resto ala IzakayaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Sebagai appetizer, kami mencoba Pirikara tofu (Rp 35 ribu). Menu ini berisi tofu dingin bertekstur super lembut yang disajikan dengan kucuran saus rayu, jako atau ikan asin kecil serta sayuran dan katsuobushi.

Rasanya gurih segar dengan sedikit asin dari ikan jako. Sensasi menyantapnya juga unik karena tofu disajikan dalam keadaan dingin. Mirip agedashi tofu yang populer sebagai appetizer.
Okuzono : Nikmatnya Ebi Kakiage Udon dan Pirikara Tofu di Resto ala IzakayaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Di menu utama ada Chicken Katsu Vege Set (Rp 95 ribu). Nasi pulen khas Jepang disajikan dengan fillet ayam yang dibalut tepung panir dan digoreng kering, khas torikatsu. Teksturnya luarnya renyah namun bagian dalam ayamnya juicy.

Makin mantap jika disantap bersama kari jepang berwarna kecokelatan yang kental namun aromanya lembut. Menu ini sangat mengenyangkan buat makan siang.

Jika tak mau makan nasi, ada pilihan menu mie udon. Ebi Kakiage Udon (Rp 90 ribu) yang bisa disajikan panas maupun dingin. Udon dingin lebih cocok dinikmati saat cuaca panas terik.

Semangkuk mie udon hangat disajikan bersama ebi tempura yang digoreng bersama sayuran. Sekilas tampilannya mirip bakwan sayuran. Lalu ada juga separuh telur rebus setengah matang atau onsen tamago dan guyuran shoyu dashi yang gurih.

Kaldu berwarna kecoklatan yang bening ini punya rasa gurih pas. Sedikit asin namun tidak menyengat. Dimakan bersama mie udon yang kenyal dan tempura udang yang renyah dan enak. Paling sedap dimakan saat masih hangat-hangat. Sluuurrp!
Okuzono : Nikmatnya Ebi Kakiage Udon dan Pirikara Tofu di Resto ala IzakayaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Puas makan, saatnya melegakan tenggorokan dengan segelas hojicha tea dingin. Hojicha tea berasal dari teh Jepang yang diolah dengan cara dipanggang sebelum dikeringkan. Proses inilah yang membuat teh memiliki aroma dan rasa smoky.

Selain menu di atas, Anda juga bisa memesan menu lainnya mulai dari sushi, yaki onigiri mentai, chirashi donburi, sakana teishoku, seafood salad dan lain sebagainya.

Oya, restoran ini juga mengusung konsep open kitchen sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses mengolah makanan.

Okuzono Japanese Dining
Jl. Suryo No. 1 Rawa Barat, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telepon : (021) 27933565
Jam operasional
Senin-Kamis jam 11.00-15.00 dan jam 17.30-23.00
Jumat jam 11.00-15.00 dan jam 17.30-24.00
Sabtu jam 11.00-24.00 dan 15-17.30 untuk tea time
Minggu jam 11.00-23.00 dan 15.00-17.30 untuk tea time

(dvs/odi)