Goeboex Coffee: Segarnya Es Kopi Susu Kampung dan Dori Sambal Matah

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Mar 2018 18:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kafe yang populer di Jogja kini ada di Jakarta. Anda bisa cicipi Dori Sambal Matah dan Es Kopi Susu Kampung yang sedap!

Goeboex Coffee berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Meskipun belum genap setahun, kafe ini sudah menarik banyak perhatian masyarakat Jakarta. Kafe ini selalu ramai didatangi kaum millennial, terlebih saat malam hari.

Menempati bangunan semi permanen berlantai dua, Goeboex Coffee mengusung konsep kasual industrial. Selain jadi tempat makan, kafe ini juga ramai karena bisa jadi tempat nongkrong yang seru.
Goeboex Coffee: Segarnya Es Kopi Susu Kampung dan Dori Sambal Matah Foto: dok. detikFood

Kabarnya makanan di kafe ini juga enak. Langsung saja kami memesan untuk membuktikannya.

Kami memesan beberapa menu andalan seperti Dori Sambal Matah (Rp 35.000), Singkong Idola (Rp 23.000) dan Es Kopi Susu Kampung (Rp 25.000). Ketiganya diklaim sebagai menu andalan kafe ini.

Tak lama menunggu, Es Kopi Susu Kampung pesanan kami langsung tiba di meja. Tampilannya menarik karena antara espresso, susu dan es baru membentuk lapisan yang tidak saling bercampur.

Tapi tentu saja saat mau diminum, semuanya harus diaduk hingga rata agar rasanya enak. Sluuurp! Sedotan pertama minuman ini langsung menyemburkan cairan manis dengan semburat rasa pekat kopi.

Espressonya terasa cukup kuat namun tetap terasa manis creamy. Jadi buat yang tidak terlalu suka kopi pekat, minuman ini bisa jadi pilihan. Oiya, karena disajikan dingin jadi es kopi susu ini cocok diminum siang maupun malam saat bersantai.
Goeboex Coffee: Segarnya Es Kopi Susu Kampung dan Dori Sambal Matah Foto: dok. detikFood

Minum kopi akan terasa kurang mantap tanpa camilan. Ada Singkong Idola yang siap menemani. Sajian singkong gorengnya memang sederhana namun enak. Singkong dikukus hingga mekar lalu digoreng hingga kering. Disajikan bersama sambal goreng yang pedas gurih.

Singkongnya tidak keras sama sekali dan terasa pulen namun renyah. Serat kasar dari singkong ini bahkan kriuk-kriuk renyah. Yummy!
Goeboex Coffee: Segarnya Es Kopi Susu Kampung dan Dori Sambal Matah Foto: dok. detikFood

Jika ingin sekalian menyantap makanan berat, ada Dori Sambal Matah yang siap diandalkan sebagai pengganjal perut. Menu ini masuk dalam pilihan menu rice bowl. Menggunakan mangkuk putih, nasi ditata di mangkuk dan diberi topping sepotong fillet ikan dori.

Ikan dori ini dibalut tepung panir dan digoreng hingga renyah. Teksturnya lembut juicy dan tidak beraroma amis. Enak berpadu renyahnya lapisan tepung panir.

Nah, jangan lupa jagoannya yakni sambal matah. Irisan cabai, bawang merah dan bawang putih yang diguyur minyak ini disiramkan ke atas ikan.
Goeboex Coffee: Segarnya Es Kopi Susu Kampung dan Dori Sambal Matah Foto: dok. detikFood

Aroma sambal tercium segar, dominan aroma bawang merah. Namun sayang, pedasnya sambal matah terasa kurang nendang karena cabainya hanya sedikit. Bagi pencinta makanan pedas, alternatifnya adalah minta diberi irisan cabai tambahan.

Deretan menu lainnya juga tak kalah menggoda, misalnya nasi goreng kampung, kebab, french fries, nasi gila, mie goreng, ayam geprek hingga roti bakar. Sementara bagi pencinta kopi, ada menu Piccolo, americano, caramel machiato dan deretan kopi lokal yang siap jadi manual brew.

Lokasinya yang strategis juga bisa jadi tempat nongkrong bersama teman sepulang kerja. Atau tempat menunggu hingga jalan arah pulang tak terlalu macet. Mampir yuk!

Goeboex Coffee
Jl. Cikini Raya No. 55 Menteng
Jakarta Pusat
Telepon : 08561146851
Jam buka : 11.00-02.00

(sob/odi)